Mengenali Bentuk Bisnis Internet Marketing Dan Manfaatnya

By on January 8, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 555 kali

Start Up Bisnis – Apa itu bisnis internet marketing? Internet marketing saat ini adalah elemen yang sangat penting bagi sebuah perusahaan yang seiring dengan meluasnya penggunaan internet di masyarakat Indonesia di semua kalangan. Secara garis besar, internet marketing adalah pemasaran yang dilakukan secara online dengan memanfaatkan berbagai media misalnya situs resmi, forum, menggunakan sosial media, memasang iklan, dan masih banyak lainnya. Internet sebagai media penyalur informasi yang cepat, real-time, dan menjangkau banyak kalangan dimanfaatkan bagi para pebisnis untuk mengedukasi pasar mengenai produk serta profil perusahaan.

Dengan demikian diharapkan semakin banyak target pasar yang menjadi konsumen dan bisa berkomunikasi baik searah ataupun dua arah dengan konsumen. Hal ini bertujuan untuk menjalin hubungan yang baik dan juga menjaga rasa kepercayaan konsumen terhadap sebuah perusahaan. Apa saja bentuk bisnis internet marketing dan manfaat internet marketing bagi para pebisnis? Berikut adalah pembahasannya.

Baca Juga: Belajar Internet Marketing

Bentuk internet marketing dan metodenya

Apa itu bisnis internet marketing? Secara umum, bentuk internet marketing dibagi menjadi dua bentuk, yang pertama adalah untuk sumber penghasilan dan yang kedua adalah untuk promosi. Untuk bentuk internet marketing sebagai sumber penghasilan ada beberapa jenis yang bisa Anda lakukan, di antaranya adalah:

  1. Pay Per Click. Cara internet marketing ini adalah dengan menampilkan banner iklan di dalam situs atau blog seseorang. Setiap pengunjung yang mengklik iklan tersebut, maka pemilik situs atau blog akan mendapatkan bayaran yang sudah ditentukan oleh perusahaan advertisernya. Beberapa perusahaan advertiser antara lain adalah google adsense, bidvertiser, kliksaya, dan kumpul blogger.
  2. Pay Per Sale. Kalau yang satu ini, pemilik situs atau blog akan mendapatkan bayaran dari setiap transaksi yang terjadi apabila pengunjung membeli produk melalui banner yang Anda pasang. Besar bayaran tentu ditentukan oleh advertiser dan juga berapa banyak yang dijual.
  3. Menjual produk orang lain dengan cara menjadi reseller atau dropshipper. Di sini Anda menjual barang orang lain secara online dan mendapatkan keuntungan yang sudah disepakati dengan suppliernya.

Selain bisnis internet marketing yang bisa mendatangkan penghasilan secara langsung, Anda juga bisa melakukan internet marketing dengan bentuk promosi secara online. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk bentuk internet marketing satu ini adalah:

  1. Search Engine Optimization (SEO) adalah cara agar situs atau blog tertentu bisa masuk dalam halaman pertama mesin pencari seperti Google atau Yahoo.
  2. Email marketing yaitu dengan melakukan promosi ke akun-akun email dengan cara direct email, retention email, dan sebagainya.
  3. Social media marketing yang memanfaatkan sosial media yang ada sebagai media promosi. Indonesia sendiri merupaka negara dengan pengguna sosmed terbanyak, jadi merupakan sasaran pasar yang sangat berpotensi.

Peran penting internet marketing dalam bisnis

Apa itu bisnis internet marketing? Penjelasan kali ini akan membahas mengenai berbagai keuntungan yang didapat dari bisnis online ini. Berikut adalah alasan mengapa bisnis internet marketing menguntungkan:

  1. Internet bisa dibuka kapan saja dan di mana saja jadi Anda tidak perlu capek-capek bicara sana sini, cukup biarkan pengunjung masuk ke situs Anda setiap waktu.
  2. Biaya pemasaran bisa dihemat jauh lebih murah dibandingkan pemasaran offline
  3. Bisa membidik target pasar dengan mudah misalnya dengan masuk ke komunitas forum dengan demografi tertentu.
  4. Bisa melayani konsumen dengan lebih fokus sehingga tidak ada konsumen yang merasa diabaikan.
    Itulah uraian pembahasan untuk menjawab pertanyaan apa itu bisnis internet marketing?

Incoming search terms: