Mengenal Tentang Beberapa Indeks Saham Asia, Saham AS dan Saham Eropa

By on March 21, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 186 kali

Investasi Saham – Seperti diketahui bersama saham indeks adalah salah satu perdagangan yang paling banyak diminati dan paling dijadikan sebagai salah satu tolak ukuran dari perdagangan yang ada di pasar modal atau di bidang industry financial lainnya. Di dunia ini ada beberapa indeks saham yang banyak dijadikan sebagai acuan para trader dunia untuk mengambil keputusan dalam melakukan transaksi di pasar modal. Berikut ini adalah beberapa indeks dunia yang biasa menjadi acuan para trader:

1. Indeks Saham Amerika

Amerika adalah salah satu negara yang paling banyak disorot dan biasanya menjadi patokan para trader dunia untuk mengambil keputusan. Selain itu juga saham index Amerika ini juga terkadang menjadi patokan atau acuan beberapa saham stock negara lainnya.  Amerika sendiri mempunyai 3 buah indeks utama yaitu :

  • DJIA /Dow Jones Industrial Average
    Indeks saham ini mulanya didirikan oleh seorang editor The Wall Street Journal dan juga sekaligus sebagai pendiri Dow Jones & Company. Awalnya Indeks saham ini hanya terdiri atas 12 perusahaan namun seiring dengan perkembangan zaman saat ini terdapat sekitar 30 perusahaan yang tergabung dan terdaftar di bursa ini.
  • S & P 500
    Indeks saham berikutnya yang paling diperhatikan di Amerika adalah indeks saham S&P 500. Indeks saham ini terdiri atas 500 perusahaan dengan modal yang cukup besar. Biasanya saham-saham yang terdaftar di bursa ini juga ikut terdaftar di bursa saham utama, seperti bursa saham New York dan bursa saham Nasdaq. Biasnya sebuah perusahaan yang sahamnya dimasukkan ke bursa ini, maka nilai harga sahamnya akan naik.
  • NASDAQ
    NASDAQ sendiri adalah sebuah singkatan dari national Assotiation Securities of Dealers Automated Quotation, mulai beroperasi pada tanggal 8 Februari 1971 yang merupakan kumpulan bursa saham elektronik pertama yang ada di dunia.

2. Indeks Saham Eropa

Eropa juga mempunyai beberapa bursa yang sangat diperhungkan dunia, bahkan ada kalanya menjadi acuan dan informasi penting tentang perkembangan negara dan juga perekonomian dari negara tersebut, ada sekitar 3 bursa yang paling banyak disorot atau diperhatikan para trader yaitu :

-STOXX 50
Salah satu indeks saham yang dibuat oleh Stoxx ltd, yang dimiliki oleh Deutsche Börse dan juga SIX group, tujuan dibuatnya bursa ini adalah untuk mempresentasikan sebuah blue chips atau pemimpin supersector di wilayah Eropa.
-FTSE 100
Adalah indeks saham yang dimiliki oleh Inggris atau tepatnya berada di London. FTSE sendiri adalah singkatan dari Financial Times and LondonStock Exchange. Yang bergabung dalam bursa ini tidak hanya perusahaan yang ada di daerah London, akan tetapi perusahaan yang berada di luar London pun tertarik untuk bergabung dalam indeks saham ini.
-DAX
Adalah singkatan dari Deutscher Aktien Index, yang terdiri atas 30 perusahaan yang ada di wilayah Jerman.

3. Indek Saham Asia

Di Asia juga terdapat beberapa indeks saham yang dijadikan sebagai acuan atau market untuk trading, seperti :

  • NIKKEI
    Adalah salah satu bursa saman yang paling banyak diamati dunia. Indeks yang dimiliki oleh Jepang ini sangat terkenal di dunia internasional.
  • TOPIX
    Tokyo Stock Price Indeks adalah salah satu indeks Jepang yang patut untuk diperhitungkan.
  • HANG SENG Indeks
    Atau banyak orang menyingkatnya dengan HIS, dimana di dalam bursa ini terdapat beberapa perusahaan Hongkong terbesar, salah satu perusahaan yang bertanggung jawab atas kinerja indeks ini adalah Hang seng Composite Indeks dan Hang Seng HK MidCap Indeks.

Demikianlah ulasan mengenai mengenal tentang indeks saham Asia, saham AS dan saham Eropa, semoga memberikan informasi untuk Anda semua.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty