Mengenal Saham Preferen Kumulatif

By on February 26, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 248 kali

Investasi Saham – Saham preferen kumulatif merupakan jenis saham preferen dari segi hak tagih atau klaim jenis saham. Pada prinsipnya, saham yang didasarkan pada hak tagih terbagi atas saham biasa dan saham preferen. Saham biasa merupakan saham yang memiliki hak klaim berdasarkan laba atau rugi yang diperoleh perusahaan. Sebaliknya saham preferen adalah saham dengan sistem bagi hasil yang tetap dan apabila perusahaan mengalami kerugian, maka pemegang saham preferen akan mendapatkan prioritas utama dalam pembagian hasil atas penjualan asset. Saham preferen juga menggabungkan obligasi dan saham biasa.

Pemegang saham preferen sendiri sangat mempengaruhi manajemen perusahaan. Pengertian saham preferen kumulatif khususnya, diartikan sebagai jenis saham preferen yang merujuk pada kepemilikan saham dengan hak khusus yang berbeda dengan pemegang saham biasa. Saham preferen kumulatif memberikan hak kepada pemiliknya atas pembagian dividen yang sifatnya kumulatif dalam suatu presentase atau jumlah tertentu.
Pemegang saham preferen kumulatif memiliki keunggulan dalam kaitannya dengan pembagian deviden atau pembagian asset saat likuiditas. Kendati begitu, pemegang saham biasa memiliki hak suara dalam rapat umum pemegang saham berbeda dengan pemegang saham preferen yang tidak tidak memiliki hak suara. Adapun persamaannya adalah bahwa pemegang saham biasa maupun pemegang saham preferen hanya berhak menerima dividen apabila perusahaan mendapatkan keuntungan.

Keunggulan saham preferen kumulatif

  1. Pembagian Dividen
    Pengambilan dividen saham preferen kumulatif diutamakan untuk diambil lebih dulu, sedangkan sisa baru disediakan untuk saham non-kumulatif. Biasanya dengan presentase dan nilai yang lebih tinggi.
  2. Pembagian Kekayaan
    Dalam hal pembagian kekayaan apabila perusahaan dilikuidir, maka pemegang saham preferen dikedepankan dari saham non-kumulatif. Pembagian kekayaan atau asset jelas menguntungkan pemegang saham preferen ketimbang pemegang saham biasa.

Pembayaran dividen kumulatif

Umumnya pembayaran dividen kumulatif dijelaskan dalam perjanjian penerbitan saham preferen. Dengan adanya perjanjian tersebut diterangkan bahwa emiten harus membayar semua dividen yang belum terbayarkan pada tahun-tahun sebelumnya. Misalnya, emiten karena sebuah kondisi tertentu tidak ada pembayaran dividen selama tiga tahun berturut-turut. Maka dalam tahun keempat seandainya emiten mengambil kebijaksanaan membayar dividen, maka emiten harus melunasi dividen saham preferen selama empat tahun. Kewajiban pembayaran dividen kumulatif ini timbul apabila emiten memutuskan akan membayar dividen kepada investor saham biasa.

Pada umumnya pemegang saham preferen memiliki hak preferensi atas dividen hingga jumlah tertentu. Pemegang saham tersebut biasa disebut sebagai pemegang saham tanpa partisipasi. Sementara saham preferen dengan kemungkinan penerimaan dividen melampaui jumlah tertentu disebut partisipasi. Saham preferen dapat saja menjalin partisipasi dengan saham biasa dalam ukuran dan derajat partisipasi, serta terdapat perjanjian dengan pemegang saham, untuk mempelajari seberapa jauh partisipasi tersebut.

Terdapat ketentuan tambahan dimana untuk mempertahanan hak dividen saham preferen secara berkesinambungan yaitu manakala dewan komisaris tidak mengeluarkan atau mengumumkan dividen saham biasa. Sedangkan saham preferen non kumulatif adalah saham preferen yang bila pada suatu tahun tidak dibagikan dividen, maka hak pembagian dividen tersebut hilang.

Disimpulkan bahwa dividen yang absen dibayarkan tahun sebelumnya berimbas pada akumulasi di tahun berikutnya (sebelum pembayaran dividen tahun yang sedang berjalan). Oleh karena itu, seandainya dana yang tersedia untuk pembayaran dividen terbatas, maka pembayaran atas dividen kumulatif ini harus didahulukan. Bisa muncul kejadian kalau investor saham biasa tidak mendapatkan pembayaran dividen pada tahun keempat apabila dana yang tersedia ternyata hanya cukup untuk membayar dividen pemegang saham preferen kumulatif.

Incoming search terms:

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty