Mengenal Perjalanan Sejarah Reksadana

By on April 18, 2017 | Artikel ini Sudah di baca 374 kali
Data Reksadana

Investasi Reksadana – Sekarang ini, keberadaan Reksadana bukan lagi menjadi sesuatu yang asing. Sebagai salah satu instrumen investasi yang terjangkau, banyak orang yang mulai tertarik untuk berinvestasi di Reksadana. Memang untuk menjadi salah satu instrument investasi favorit bukanlah hal yang mudah dan butuh waktu yang lama. Bagaimanakah kiranya perjalanan sejarah Reksadana sampai bisa dikenal seperti sekarang ini?

Sejarah Reksadana di Dunia

Reksadana paling awal yang bernama Eendragt Maakt Magt (Persatuan Menciptakan Kekuatan) bermula di tahun 1744 dan diusulkan oleh Adriaan van Ketwich, seorang pedagang belanda. Kemudian, banyak pihak dari negara lain yang mulai mengikuti langkah ini, seperti pada tahun 1849 di Swiss dan tahun 1880 di Skotlandia. Pada waktu itu, Reksadana yang tersedia hanyalah yang bersifat closed-end. Ini artinya pembeli Reksadana hanya bisa menjual Reksadana kepada investor lain dan tidak bisa menjualnya ke penerbit.

Namun, pada tahun 1862 dan 1867 di Inggris dan perancis, Reksadana kuno ini berevolusi menjadi Joint Stock Companies Act. Reksadana ini membuat investor bisa mendapat keuntungan dari perusahaan investasi. Resiko yang diterima pun hanya sebesar dana yang diinvestasikan.

Mulai tahun 1890, Reksadana hadir di Amerika Serikat. Sedangkan reksadana yang paling pertama diterbitkan, yaitu The Boston Personal Property Trust baru dikeluarkan pada tahun 1893. Reksadana ini masih bersifat kuno.

Awal tombak Reksadana modern muncul di tahun 1907 di Philadelphia dengan nama Alexander Fund. Tidak seperti Reksadana beberapa waktu yang lalu, sekarang investor sudah bisa menjual Reksadana yang dimilikinya ke penerbit dan Reksadana sudah mulai dijual secara berkala setiap 6 bulan sekali. Barulah pada tanggal 21 Maret 1924 di Boston, Massachusetts Investors’ Trust diterbitkan. Tiga eksekutif sekuritas di Boston lah yang mempelopori penerbitan Reksadana ini. Track record Reksadana ini sangatlah bagus setelah satu tahun kemunculannya dan membuatnya bertahan hingga saat ini dengan nama MFS Investment Management. Perkembangan Reksadana ini terus merangkak naik dan saat ini menjadi industry raksasa yang mendunia.

Sejarah Reksadana di Indonesia

Bagaimanakah sejarah Reksadana di Indonesia? Semuanya tentu bermula pada tahun 1976 dimana PT. Danareksa didirikan oleh pemerintah. Reksadana yang pertama kali diterbitkan bernama sertifikat Danareksa. Baru pada tahun 1995, dibuatlah UU No. 8 tahun 1995 mengenai pasar modal yang sebagian isinya mengatur tentang peraturan Reksadana. Momentum ini juga dibarengi dengan penerbitan Reksadana tertutup oleh PT. BDNI Reksadana yang menawarkan kurang lebih 600 juta saham. Jumlah dana yang terkumupul saat itu adalah sebesar Rp 300 miliar, ini dikarenakan satu saham di Reksadana tersebut bernilai Rp 500.

Itulah bahasan mengenai sejarah Reksadana yang rasanya cukup penting untuk Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty