Mengenal Mekanisme Perdagangan Online Trading Emas

By on January 7, 2014 | Artikel ini Sudah di baca 2,686 kali
Trading Emas Online

Mengenal Mekanisme Perdagangan Online Trading Emas

Investasi Emas – Di Tanah Air, jual beli bursa atau kerap disebut trading memang sudah lama dikenal. Aktivitas trading ini erat hubungannya dengan perdagangan saham, index, forex, dan comodities. Jika berbicara mengenai trading emas, trading ini termasuk kedalam trading perdagangan komoditi. Logam mulia yang satu ini memang kerap dijadikan sebagai penyimpan kekayaan. Bahkan emas disebut-sebut sebagai cadangan devisa sebuah negara, pengganti mata uang, dan bahkan penunjang nilai mata uang. Meskipun fluktuasi emas cukup tinggi, logam mulia ini terbukti dapat menahan arus inflasi yang gila-gilaan sekarang ini.

Trading emas secara online juga makin diminati sebagai alternatif investasi berjangka. Setiap lapisan masyarakat dapat melakukan trading emas online karena pada dasarnya mekanisme perdagangan online trading emas sangatlah mudah. Bahkan demi memfasilitasi siapa saja yang ingin mencoba trading emas, terdapat demo account yang bisa digunakan secara free.

Bagi Anda yang ingin mencoba dan mengetahui mekanisme perdagangan online trading emas secara langsung, rasanya tidak ada yang salah untuk mencoba demo account ini. Apalagi demo account ini diberikan secara cuma-cuma. Di setiap demo account, Anda akan diberikan modal virtual sebesar US$ 500 yang bisa digunakan selama satu bulan.

Meskipun hanya berupa demo, tapi sensasi bertrading secara langsung bisa Anda rasakan dengan menggunakan akun ini. Harga pada platform online trading emas tersebut merupakan harga real walaupun Anda hanya memakai demo account. Pergerakan harga selama satu menit sampai 20 tahun terakhir saja bisa Anda akses. Jika Anda masih ingin melakukan demo online trading emas, maka Anda masih bisa memperpanjangnya. Semakin banyak latihan, maka akan semakin baik, bukan begitu?

Lalu bagaimana jika Anda tidak sengaja meng-offline kan akun Anda? Atau tiba-tiba koneksi internet Anda terputus? Tenang saja. Kegiatan Anda dalam menyelami mekanisme perdagangan online trading emas tidak akan terganggu. Setiap transaksi yang telah Anda lakukan akan segera tercatat ke server. Jadi Anda tidak perlu khawatir transaksi Anda hilang begitu saja. Fasilitas ini bisa menjadi sangat menarik untuk Anda yang senang menimbun emas di rumah. Apalagi kegiatan yg satu ini tidak melibatkan emas fisik.

Mekanisme perdagangan online trading emas biasanya melibatkan para spekulator emas dan pedagang besar. Konsep margin sebesar o,5% atau 1% diterapkan pada sistem trading emas online ini. Contohnya saja Anda ingin membeli kontrak emas berharga 100 juta Rupiah. Anda hanya perlu menyerahkan down payment atau margin sebesar 1% dari 100 juta Rupiah tersebut, yaitu satu juta Rupiah saja.

Sayangnya fasilitas margin dalam mekanisme perdagangan online trading emas bagaikan pedang bermata dua. Anda harus ingat jika harga emas sering berfluktuasi, kadang harganya naik dan kadang turun. Sangat baik untuk memahami dana yang dimiliki dan cara kerja margin agar keuntungan yang Anda dapatkan bisa mencapai hasil yang maksimal.