Mengenal Lebih Jauh Apa itu Kontrak Berjangka?

By on February 22, 2017 | Artikel ini Sudah di baca 468 kali
Berjangka

Edukasi – Meski sudah cukup berkembang, namun belum begitu banyak penduduk di Indonesia yang mengerti betul tentang kehadiran kontrak berjangka. Memangnya apa itu kontrak berjangka? Dalam istilah dunia keuangan, kontrak berjangka ini merupakan kontrak standard yang biasa diperdagangkan di bursa berjangka. Berbeda daripada kontrak biasanya, kontrak berjangka dibuat atas kesepakatan dalam membeli atau menjual komoditi dalam kuantitas, kualitas, jenis, waktu, dan tempat penyerahan di masa yang akan datang. Inilah mengapa harga dari komoditi tersebut saja yang dinegosiasikan dalam perdagangan berjangka.

Sedangkan Bursa Berjangka adalah sebutan untuk tempat untuk melakukan perdagangan berjangka. Dalam Bursa, harga-harga yang dibentuk selalu berjalan secara transparan. Maksud dari transparan disini adalah kekuatan stok dan permintaan yang tidak ditutup-tutupi dan sesuai dengan apa yang ada. Transaksi yang terjadi di Bursa Berjangka dilakukan oleh anggota-anggota bursa, diantara lain Broker (Pialang Berjangka) dan Pedagang Berjangka (entah dengan sistem Electronic Trading System maupun Open Outcry). Dalam satu bursa, akan ada banyak pasar berjangkan berdasarkan dengan jumlah komoditi yang diperjual-belikan.

Semakin berkembangnya teknologi beberapa tahun terakhir ini juga mempengaruhi sistem perdagangan berjangka, khususnya di beberapa bursa baru. Berkembanglah sistem online dimana hanya menggunakan komputer untuk bertransaksi yang nantinya akan diproses ke komputer induk yang ada di bursa.

Perlu diketahui pula jika isi dari kontrak berjangka antara lain jenis komoditi yang diperdagangkan, jumlah atau kuantitasnya, mutu atau kualitasnya, tempat penyerahan dan jam-jam perdagangan.

Manfaat dari Kontrak Berjangka

Sebagai sarana pengelolaan resiko, perdagangan berjangka bermanfaat untuk membentuk harga (price discovery) dan melindungi nilai (hedging). Faktor-faktor yang sulit ditebak biasanya akan mempengaruhi fluktuasi harga komoditi primer. Dengan adanya kontrak berjangka, setidaknya resiko yang ditimbulkan bisa diminimalisir sampai sekecil mungkin. Karena transaksi hanya dilakukan melalui/oleh Anggota Bursa (nasabah) yang tidak saling mengenal secara langsung, maka perdagangan berjangka juga baik untuk sarana pembentukan harga yang wajar dan transparan.

Peran Nasabah dan Pialang dalam Bursa Berjangka

Nasabah berhak melakukan transaksi sesuai dengan hukum yang ditetapkan dalam bursa berjangka. Ada beberapa kriteria nasabah yang tidak diperbolehkan bertransaksi di kontrak berjangka, antara lain adalah pejabat atau pegawai KBI, Bappebti, atau BBJ, pengadilan menyatakan nasabah tersebut pailit dalam jangka waktu lima tahun terakhir, dan tidak cakap untuk perbuatan hukum.

Sedangkan pialang berjangka wajib menjalankan tugas sebelum nasabah membuka rekening, diantara lain menjelaskan keterangan perusahaan, prosedur PBK dan isi kontak berjangka yang akan ditransaksikan.

Masih banyak sekali info mengenai bursa berjangka yang tidak bisa Anda ketahui jika hanya membaca saja. Bagaimana kalau Anda mencobanya sendiri saja? Semoga bermanfaat.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty