Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Investasi Saham

By on July 8, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 390 kali

Investasi Saham – Apakah Anda tertarik untuk memiliki saham sebagai sumber investasi. Banyak orang yang menilai bahwa bisnis saham akan memberikan keuntungan yang lebih besar dibandingkan jenis bisnis lain. Tentu saja semua orang yang memiliki saham memang ingin mendapatkan keuntungan tanpa terlalu bekerja keras. Saham menjadi nilai yang sangat penting bagi sebuah perusahaan yang sudah go publik atau perusahaan internasional. Sementara pemilik saham akan mendapatkan keuntungan berupa keuntungan dari gerakan saham. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari bisnis saham.

Kelebihan Saham

Pemilik saham akan mendapatkan keuntungan berupa nilai yang dibagi oleh pemilik perusahaan. Keuntungan yang akan diterima sesuai dengan modal yang ditanamkan. Semakin besar nilai modal maka jika kondisi menguntungkan maka pemilik saham bisa menerima jumlah keuntungan yang besar. Berikut ini beberapa jenis kelebihan bagi pemilik saham. (Baca: Tips Memilih Investasi Saham Bagi Pemula)

a. Dividen adalah jenis keuntungan yang akan diterima oleh pemilik saham karena saham yang dimiliki memiliki nilai menguntungkan. Bentuk dividen bisa berupa uang tunai atau dalam bentuk deviden stock. Jenis pembagian keuntungan ini akan ditentukan oleh pemilik perusahaan setelah ditentukan dalam rapat kepemilikin saham.
b. Capital Gain adalah jenis keuntungan yang didapatkan karena nilai saham yang dibeli menghasilkan selisih pada harga jual kembali. Ini artinya bahwa pemilik saham mendapatkan keuntungan karena harga saham jual saham lebih tinggi daripada harga pembelian saham awal.
c. Bonus dapat berupa agio saham. Agio saham adalah selisih yang didapatkan dari harga beli saham dan harga jual terahir saham yang dilakukan oleh perusahaan pemilik saham utama.

Kerugian Saham

Sebagai pemilik saham maka tentu juga bisa mengalami kerugian. Kerugian tergantung dari nilai saham yang dimiliki, artinya bisa kerugian yang sangat besar atau sangat kecil. Bahkan banyak pemilik saham yang terkenal di dunia kehilangan kekayaan dalam waktu hitungan detik saja. Kerugian adalah resiko bagi semua pemilik saham. Berikut ini beberapa jenis kerugian nilai saham yang harus Anda pahami. (Baca: Belajar Tentang Jenis-Jenis Saham)

a.Capital Loss adalah sebuah kerugian yang diterima oleh pemilik saham karena harga jual yang didapatkan oleh saham tertentu lebih rendah dari harga beli awal. Kerugian bisa menjadi nilai yang kecil atau besar tergantung dari modal yang ditanamkan.
b. Deviden loss adalah ketika Anda sebagai pemilik saham tidak menerima deviden karena saham yang Anda miliki sama sekali tidak mendapatkan keuntungan. Kerugian ini akan diterima secara langsung sebagai pemilik saham.
c. Kerugian karena perusahaan bangkrut. Mungkin Anda tidak pernah memprediksi ketika perusahan yang Anda pilih ternyata bangkrut. Tentu saja posisi ini akan sulit untuk nilai saham Anda. Sebagai pemilik saham maka posisi Anda akan menjadi paling rendah karena dibandingkan dengan pemegang saham terbesar dengan kreditor. (Baca: Option Saham Karyawan Pilihan Bagi Para Karyawan Yang Ingin Mengambil Keuntungan Dari Perusahaan)

Pemilik saham memang bisa menerima keuntungan ketika perusahaan sedang dalam posisi yang baik. Namun ketika perusahaan sedang rugi maka pemilik saham juga akan mendapatkan kerugian. Ada berbagai resiko lain yang bisa terjadi pada pemilik saham seperti ketika perusahaan di keluarkan dari catatan di perusahaan bursa efek. Hal ini berarti bahwa perusahaan yang Anda pilih tidak bekerja dengan baik dan tidak mampu menjalankan manajemen dengan baik. Ketika hal ini terjadi maka pemilik saham bisa mendapatkan kerugian. Jadi pertimbangkan kerugian dan kelebihan ketika Anda ingin berinvestasi dalam bentuk saham.