Mengenal Istilah Menggoreng Saham Dalam Pasar Saham

By on October 15, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 357 kali

Investasi Saham – Apa itu menggoreng saham? Pertanyaan tersebut pasti timbul jika yang mendengar adalah orang-orang awam. Namun tidak demikian jika yang mendengarnya adalah para spekulan. Menggoreng saham bukan berarti saham Anda akan digoreng di atas wajan bercampur dengan minyak goreng panas. Menggoreng saham hanyalah istilah yang dipakai para spekulan dalam permainan pasar saham mereka untuk tujuan memperoleh profit besar.

Trik Menggoreng Saham

Tidak sembarang orang dapat memainkan trik menggoreng saham. Para spekulan pun harus melakukan perhitungan dengan matang agar tidak rugi. Spekulan mencoba menebarkan isu di lingkungan pasar saham. Spekulan “memborong” saham perusahaan tertentu dalam jumlah besar sehingga ketersediaan saham tersebut dapat dikatakan hampir habis. Sehingga ketika permintaan saham meningkat, persediaan menipis, tentu saja harga saham akan melonjak naik secara signifikan. Dan pada saat itulah spekulan akan melepas saham yang telah dibelinya dengan harga rendah untuk dijual kembali dengan harga sangat tinggi. Trik menggoreng saham ini dapat berjalan dengan mulus asalkan spekulan pintar dalam menebarkan isu terkait saham di perusahaan tertentu yang dibeli oleh perusahaan sekuritas. Isu yang dimunculkan mengatakan perusahaan sekuritas membeli saham dengan harga yang semakin meninggi sehingga membuat spekulan lain atau investor ikut tertarik membeli saham tersebut di harga yang sudah meninggi.

Spekulan Tidak Bermain Sendiri Dalam Menggoreng Saham

Spekulan mengajak kelompok lain dapat perusahaan sekuritas untuk bekerja sama dalam memainkan saham. Mereka bersama-sama melakukan istilah yang terkadang masih dipertanyakan Apa itu menggoreng saham? Spekulan terus gencar menebarkan isu-isu terkait saham tertentu yang terus meningkat tajam dan persediannya hampir menipis bahkan habis sama sekali. Sehingga menuntut para pemain di bidang pasar saham mau tidak mau harus membeli saham yang masih tersisa dengan harga yang sudah sangat tinggi.

Spekulan Ikut Bermain Menggoreng Saham

Permainan yang dilakukan oleh spekulan adalah membeli saham dengan harga yang masih sangat rendah alias murah. Spekulan harus terlibat di dalamnya dan saham yang dibeli pun tidak boleh sedikit. Terlihat spekulan pastilah harus mengeluarkan banyak biaya untuk membeli saham. Lalu darimana spekulan memperoleh biaya tersebut? Spekulan akan mengagunkan saham yang telah dibeli. Kemudian spekulan akan memperoleh sejumlah uang sebagai bentuk pinjaman dari saham yang diagunkan. Uang tersebut digunakan oleh spekulan untuk kembali membeli saham. Saham yang dibeli akan diagunkan kembali, dan akan terus dilakukan oleh spekulan ketika harga saham masih rendah. Namun tentu saja saham-saham yang sudah dimiliki oleh spekulan tersbeut bukanlah milik pribadi spekulan, melainkan saham bersama kelompok spekulan yang melakukan penggorengan saham.

Bidikan Saham Spekulan

Spekulan tidak dapat sembarang membidik saham yang akan digoreng. Biasanya bersama kelompoknya, spekulan sudah membidik perusahaan yang memiliki fundamental kurang mendukung. Sehingga harga saham di perusahaan tersebut masih sangat rendah. Spekulan tidak begitu memikirkan apakah ke depan perusahaan tersebut akan berkembang atau tidak. Terpenting bagi spekulan adlaah membeli saham di perusahaan tersebut, kemudian segera melepasnya ketika banyak spekulan atau investor yang tertarik membeli di harga yang tinggi.

Kini Anda sudah tahu Apa itu menggoreng saham. Spekulan harus bermain dengan rapi untuk menggoreng saham karena bukan berarti tanpa risiko. Harga saham dapat cepat sekali naik dan menjadi mati sama sekali di wkatu yang tidak terduga. Sehingga poin penting untuk memperoleh profit tinggi adalah dengan pintar memainkan isu terhadap saham tertentu.