Mengenal Investasi Reksadana

By on April 27, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 393 kali

Investasi Reksadana – Dalam bisnis investasi, pengertian investasi reksadana cukup banyak dikenal orang. Bahkan sejak banyak orang sangat berminat terjun langsung untuk investasi, reksadana menjadi investasi yang cukup banyak diinginkan. Pada dasarnya reksadana adalah kumpulan saham, juga obligasi dan efek lainnya yang dapat dibeli investor. Tidak hanya dibeli investor, tapi juga dapat dikelola oleh perusahaan investasi yang telah berpengalaman dan profesional dibidangnya. Membeli beberapa atau sebagian unit penyertaan akan membuat investor mendapatkan manfaat dari kepemilikan saham, obligasi dan efek lainnya.

Jenis Reksadana

Meski imbal hasil menjadi tujuan utama, namun lebih dari itu terdapat tujuan lain yang mendorongnya untuk berinvestasi. Setiap orang yang berinvestasi atau investor tidak hanya harus mengetahui risiko investasinya. Tapi juga harus mengetahui tujuan yang ingin dicapainya saat melakukan investasi. Berdasarkan tujuan investasi yang dilakukan seorang investor, reksadana dibedakan dalam beberapa jenis sebagai berikut:

  1. Reksadana saham
    Reksadana saham adalah investasi reksadana yang mengivestasikan dana investor hanya pada saham-saham emiten. Jenis investasi reksadana saham ini memiliki risiko yang lebih besar dibandingkan jenis reksadana lainnya. Selain risiko yang sangat besar, jenis reksadana saham juga memiliki tingkat pengembalian yang lebih besar. Biasanya para investor muda yang masih mengumpulkan aset lebih sering mengambil jenis reksadana ini karena tidak terlalu cemas dengan risiko kerugian yang lebih besar.
  2. Reksadana obligasi
    Dibandingkan dengan investasi reksadana saham, reksadana obligasi memiliki risiko jauh lebih kecil. Dengan reksadana obligasi ini memungkinkan investor untuk mendapatkan hasil atau pendapatan yang dapat diprediksi. Sehingga hasil yang didapatkan lebih stabil. Jenis investasi ini layak dipertimbangkan untuk dipilih sebagai investasi Anda. Selain risiko lebih kecil, tingkat pengembalian juga tidak terlalu besar atau moderat.
  3. Reksadana pasar uang
    Jenis investasi reksadana pasar uang memiliki risiko yang sangat kecil. Dibandingkan reksadana lainnya, reksadana pasar uang adalah investasi yang tidak terlalu berisiko. Sebagai investasi yang tidak terlalu berisiko, reksadana pasar uang juga tidak menuntut tingkat pengembali yang besar. Jika Anda tertarik dengan reksadana pasar uang ini, tingkat pengembalian yang harus Anda tanggung sangat kecil.
  4. Reksadana campuran
    Sesuai dengan namanya, jenis investasi reksadana ini terdiri dari banyak jenis efek. Biasanya terjadinya pembagian aktiva akan dilakukan pada investasi saham. Tujuan dibagikannya aktiva pada investasi saham adalah dalam rangka peningkatan. Sementara aktiva yang dibagikan kepada obligasi ditujukan untuk pendapatan, pasar uang tunai dan juga stabilitas.

Tipe Reksadana

Tidak hanya dibedakan jenisnya, investasi reksadana juga dibedakan berdasarkan tipenya. Berikut ini beberapa tipe investasi reksadana:

  • Tipe perseroan adalah tipe reksadana bentuk perseroan terbatas atau PT. Di Indonesia sendiri, membuat tipe reksadana perseroan ini terbagi menjadi dua jenis yakni reksadana terbuka dan reksadana tertutup. Reksadana terbuka sangat likuid sehingga memungkinkan investor untuk menjual unit miliknya kepada manajer investasi kapanpun diinginkan. Sementara investasi tertutup tidak memungkinkan investor untuk menjual unitnya kapanpun yang diinginkan. Karena unit yang dimilikinya hanya dimungkinkan untuk dijual dibursa.
  • Tipe kontrak investasi kolektif adalah tipe reksadana yang memungkinkan manajer investasi serta bank kustodian untuk melakukan kontrak. Bank kustodian dalam hal ini akan mewakili pihak investor. Kontrak akan memungkinkan manajer memiliki wewenang mengelola investasi. Kontrak juga memungkinkan bank kustodian dapat berlaku sebagai kustodi dana kolekif

Dengan mengetahui jenis dan tipe investasi reksadana, akan lebih mudah bagi pemula untuk memulai investasi pertamanya. Jika selama ini investasi terlihat cukup rumit dilakukan pemula, tidak demikian jika Anda tahu semua informasi mengenai investasi reksadana. Dengan tujuan yang telah ditentukan sejak awal, investasi akan lebih mudah dilakukan. Selain itu dengan pengertian investasi reksadana ini akan membuat investasi yang Anda lakukan menghasilkan keuntungan yang optimal dan mengurangi risiko yang ada.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty