Mengenal Deviden Saham

By on June 26, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 2,655 kali
Investasi Saham

Mengenal Deviden Saham

Setelah pada artikel sebelumnya sedikit banyak kita sudah menyinggung mengenai deviden di dalamnya, namun kali ini kita akan mengenal lebih jauh mengenai jenis-jenis deviden dalam berinvestasi saham serta peruntukkannya yang bisa didapatkan oleh seorang investor. Sebelum mengkajinya lebih lanjut sebaiknya anda perhatikan penjelasan berikut ini.

Berbicara mengenai jenis-jenis deviden yang ada, ada baiknya anda ketahui dahulu apa itu capital gain dan deviden perbedaannya. Dimana yang kita ketahui bahwa capital gain yaitu sebuah keuntungan atau profit yang bisa didapatkan dari kenaikan sebuah perubahan dari harga saham. Hal ini sebenarnya sama seperti orang berdagang yang mana keuntungan yang diperoleh dari perhitungan selisih harga jual dengan harga belinya. Demikian juga untuk pelaku investasi yang berposisi sebagai trader yang mana mereka juga melakukan kegiatan jula beli saham supaya mendapatkan keuntungan atau capital gain dari hasil selisih harga jual dengan harga beli suatu saham. Untuk variasi dari sebuah harga saham yang beredar pada dasarnya ditentukan oleh beberapa faktor selain dari faktor deviden itu sendiri, bisa jadi karena faktor lingkungan internat atau bisa juga lingkungan eksternal dari suatu perusahaan seperti pertumbuhan penjualan, profitabilitas perusahaan, pengembalian saham maupun yang lainnya. Sedangkan dalam buku yang ditulis oleh Yahya Harahap mengatakan bahwasanya deviden itu merupakan suatu pendistribusian keuntungan untuk seorang pemegang saham yang dilakukan secara pro rata. Jadi memang pada prinsipnya sesuatu deviden itu akan dibayarkan dalam berupa uang, namun dimungkinkan juga dibayarkan dalam berupa surat saham sementara atau script maupun berupa suatu produk atau properti dari sebuah perusahaan yang bersangkutan. Akan tetapi pembayaran dalam bentuk seperti properti ataupun produk jarang sekali terjadi.
Dalam praktiknya ada beberapa istilah yang dikenal menyangkut jenis deviden, seperti berikut ini :

  • Deviden final atau dalam bahasa inggris dikenal dengan final deviden yang mana deviden jenis ini pembagian suatu profit atau keuntungan perseroan untuk pemegang saham yang dilakukan atas keputusan dan juga ketetapan dari RUPS, untuk jangka waktu 1 tahun dalam buku tertentu.
  • Deviden tunai atau cash deviden ini merupakan sebuah deviden yang diberikan berupa uang tunai yang mana deviden jenis ini sangat umum dilakukan. Pembayaran didalamnya juga hanya dilakukan dalam waktu sekali setahun dengan wajib memenuhi ketentuan dan syarat. Jadi suatu perusahaan harus memenuhi syarat-syarat antara lain seperti :

          – Jumlah kas yang sudah memadai

          – Laba yang ditahan juga harus mencukupi

          – Adanya tindakan formal yang dilakukan seorang dewan komisaris

  • Deviden aktiva atau property deviden selain dalam bentuk tunai ini merupakan daviden jenis barang, jadi bisa berupa surat-surat berharga, barang-barang persediaan maupun jenis aktiva yang lain.
  • Deviden saham atau stock deviden adalah suatu pembayaran yang dilakukan berupa saham, yang mana diberikan tambahan suatu saham tanpa perlu melakukan pembayaran.

Perlu anda ketahui bahwa besar kecilnya suatu deviden yang dibagikan ditentukan oleh RUPS. Dengan demikian bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk memperoleh deviden? maka anda bisa melakukan dengan cara membeli suatu saham perusahaan yang memang telah terdaftar dalam bursa efek. Adapun beberapa perusahaan yang memberikan suatu deviden itu dilakukan rutin setiap tahun, tapi ada pula perusahaan yang memang tidak memberikan deviden sama sekali. Jadi alasan yang mendasari tidak diberikannya deviden dalam sebuah perusahaan adalah dikarenakan perusahaan yang bersangkutan tidak memiliki banyak laba yang dapat digunakan atau bahkan mengalami kerugian.