Mengenal Berbagai Instrumen Investasi, Apa Itu Saham?

By on August 3, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 774 kali

Investasi Saham – Saham, sebagian orang bisa saja pernah mendengar kata ini disuatu tempat. Bahkan penduduk yang ada di desa pun rasanya pernah mendengar kata “saham” ini lewat berita-berita di televisi ataupun radio. Tetapi, tahukah Anda apa itu saham?

Banyak orang yang sudah familiar dengan kata-kata saham, namun hanya sedikit saja yang memahami arti dari kata tersebut. Bahkan tidak banyak orang-orang yang tinggal diperkotaan yang mengerti apa itu saham. Yang lebih anehnya lagi, ada sebagian orang yang bekerja di bidang finansial seperti asuransi atau perbankan yang tidak memahami benar apa itu saham dan pengertian didalamnya.

Ketika kata saham ini didefinisikan, saham ini dapat diartikan sebagai tanda kepemilikan individu atau badan dalam suatu perseroan atau perusahaan terbatas. Saham ini berwujud satu lembar kertas sebagai tanda bukti. Besarnya modal yang ditanamkan di sebuah perusahaan menentukan porsi kepemilikan. Nah itu dia pengertian dari apa itu saham. Anda masih kurang mengerti?

Memang bagi beberapa orang yang masih awam, rasanya definisi tersebut masih dirasa kurang untuk dimengerti. Berikut ini adalah ilustrasi yang menerangkan apa itu saham agar dapat mudah dimengerti. Pernahkah Anda patungan dengan teman Anda? Pastinya kata “patungan” ini pernah Anda gunakan dalam konteks apapun itu. Singkatnya, Anda memiliki andil dalam kegiatan patungan ini. Contohnya saja Anda ingin membeli pizza berukuran deluxe dengan harga Rp 100.000. Namun Anda hanya punya uang Rp. 60.000. Dalam keadaan ini, Anda mengajak teman Anda untuk membeli pizza tersebut secara patungan dan teman Anda mengeluarkan uang sebesar Rp. 40.000. Setelah pizza tersebut sudah terbeli, dapat dikatakan jika Anda mempunyai andil sebesar 60.000/100.000 atau 60%, kemudian teman Anda punya andil sebesar 40.000/100.000 atau 40%. Jadi Anda berhak atas 60% bagian dari pizza itu, sedangkan teman Anda hanya mendapatkan 40% bagiannya.

Nah hal ini juga berlaku didalam saham. Anda dapat patungan untuk membangun suatu usaha dan mendapatkan hak sesuai dengan modal yang Anda keluarkan atau sesuai dengan persentasi kepemilikan masing-masing. Hal ini dapat dilakukan dalam membangun usaha kecil-kecilan seperti restoran atau bengkel. Lalu bagaimana untuk dunia dengan skala yang lebih besar? Dalam konteks ini, maka digunakanlah pengertian apa itu saham dalam bentuk formal yang sudah diterangkan sebelumnya. Perusahaan-perusahaan formal seperti PT, UD, ataupun CV memiliki aturan main dalam saham yang berbeda-beda. Ada perusahaan tertutup yang sahamnya hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu saja dan dibatasi jumlah orang yang ikut. Namun, ada pula perusahaan terbuka yang sahamnya dibuka untuk publik. Biasanya perusahaan terbuka ini membutuhkan modal yang besar, karena itu perusahaan ini membutuhkan banyak orang yang ikut andil dalam permodalannya. Ketika seseorang menanamkan modal disebuah perusahaan, maka orang tersebut akan mendapatkan selembar kertas yang berfungsi sebagai tanda bukti. Bagaimana? Sekarang Anda sudah sedikit mengerti apa itu saham, bukan?

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty