Mengenal Apa Itu Watchlist Dalam Investasi Saham

By on October 28, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 320 kali

Investasi Saham – Bagi pialang atau trader saham, mengetahui apa itu watchlist dalam investasi saham? adalah sebuah keharusan. Karena pada dasarnya watchlist ini berperan penting dalam pekerjaan mereka sebagai pialang atau trader saham. Sementara bagi orang awam yang tidak pernah bersentuhan dengan saham, watchlist adalah sebuah istilah asing. Jika Anda ingin mencoba peruntungan memperoleh uang tambahan dari saham, mencari istilah watchlist harus Anda lakukan. Dengan demikian Anda tidak terjerumus saat mencoba menjadi pialang atau trader saham.

Mengenal watchlist

Selama bersentuhan dengan banyak aplikasi pada PC atau laptop, tentu Anda banyak menggunakan beberapa tool yang sengaja disediakan pengembang. Tujuan diberikannya tool ini adalah untuk membantu Anda menjalankan aplikasi yang mereka kembangkan. Hal yang sama juga terjadi pada watchlist. Pada dasarnya watchlist adalah sebuah tools saham. Kegunaannya tentu saja untuk menunjang semua pekerjaan yang berhubungan dengan jual beli saham. Namun kegunaan utama watchlist adalah untuk mengatami perkembangan harga saham.

Perkembangan harga saham tentu harus diamati secara intens oleh para pialang atau trader saham. Terutama saham yang banyak diminati untuk diperjual belikan. Biasanya pengamatan harga saham yang diperjual belikan ini dilakuan dalam rangka untuk dijadikan sebagai peluang investasi. Hasil dari pengamatan inilah yang nantinya akan membantu para investor mengambil langkah-langkah penting jika harga saham mengalami fluktuasi. Karena itu penting bagi Anda mengenal apa itu watchlist dalam investasi saham? sebelum mencoba peruntungan dalam jual beli saham.

Kegunaan watchlist

Sejak pertama kali dikembangkan, watchlist digunakan untuk mengamati pergerakan harga saham. Biasanya harga saham tidak selalu tetap melainkan mengalami fluktuasi atau naik turun. Terkadang fluktuasi harga ini terjadi sangat tajam namun tidak menutup kemungkinan fluktuasi terjadi tidak terlalu tajam. Setiap kali fluktuasi terjadi sangat tajam, setiap pialang atau trader harus bergerak cepat memutuskan cara paling tepat mengatasi fluktuasi ini. Beberapa tindakan penting dilakukan pialang atau trader untuk mengatasi masalah fluktuasi ini berdasarkan informasi yang diberikan oleh watchlist saat digunakan.

Selain mengamati harga saham, watchlist juga seringkali digunakan untuk mengelompokkan saham sehingga membuat satu saham masuk menjadi anggota lebih dari satu watchlist. Dengan demikian ada beberapa grup saham yang menjadi pusat perhatian. Kegunaan watchlist lainnya adalah dalam rangka melakukan pembatasan pada beberapa saham yang mengalami proses automatic analysis yaitu scan, explore, backtest hingga optimize.

Menemukan watchlist

Pada dasarnya watchlist dapat dengan mudah Anda temukan di mana saja. Biasanya banyak situs-situs yang secara sengaja menyediakan berbagai macam tools yang berkaitan dengan saham. Salah satunya yang cukup populer adalah watchlist ini. Setiap situs atau pengembang yang menyediakan watchlist akan membuat tools yang dikembangkannya mudah digunakan. Selain itu praktis dan tidak rumit menjadi pertimbangan tersendiri saat watchlist dipilih sebagai tools yang mampu mengamati pergerakan harga saham. Karena itu jika Anda ingin menggunakan watchlist pada situs-situs tertentu yang telah Anda, pilihlah situs yang memiliki tool watchlist paling mudah dan praktis saat digunakan.

Memilih watchlist

Dibandingkan tools lain yang banyak digunakan untuk mengamati saham, watchlist memang banyak disukai. Salah satunya adalah karena watchlist dapat digunakan untuk memantau pergerakan saham secara offline. Sehingga Anda tidak memerlukan koneksi internet selama 24 jam untuk bisa mengamati pergerakan harga saham. Sebelum memilih menggunakan watchlist pada situs tertentu, Anda harus memastikan bahwa cara bekerja watchlist pada situs tersebut cukup mudah. Selain itu watchlist tersebut harus mampu menampilkan informasi tentang saham secara lengkap. Tidak hanya mengenai harga tapi juga semua informasi mengenai saham. Dengan demikian keberadaan watchlist sangat menunjang pekerjaan Anda. Karena itu sangat penting mengetahui tentang apa itu watchlist dalam investasi saham? sebelum memutuskan untuk menggunakannya.