Mengenal Apa Itu Reksadana Sebagai Bentuk Investasi Secara Sederhana

By on July 9, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 293 kali

Investasi Reksadana – Berinvestasi merupakan salah satu cara untuk mendapatkan keuntungan finansial dengan usaha yang relatif minimal namun dengan resiko yang cukup tinggi juga. Iklim investasi di Indonesia sendiri sudah cukup baik yang didukung dengan kebijakan-kebijakan pemerintah dalam hal mekanisme investasi dan keamanannya. Meski sudah semakin banyak masyarakat berinvestasi namun masih banyak yang awam dengan istilah-istilah yang beredar di sekitar kegiatan investasi. Salah satu istilah yang sering kita dengar adalah investasi reksadana. Sebenarnya apa artinya reksadana? Mungkin masyarakat lebih kenal dengan nama investasi saham, saham adalah bagian dari investasi reksadana. Untuk mendapatkan gambaran dan pengertian lebih jauh mengenai reksadana, berikut akan dibahas pengertiannya. (Baca: Tips Dan Trik Investasi Reksadana Untuk Pemula)

Arti dari investasi reksadana

Menurut undang-undang mengenai investasi, investasi reksadana adalah suatu wadah untuk mengumpulkan dana yang berasal dari masyarakat atau investor untuk selanjutnya diinvestasikan atau dikelola menjadi portofolio efek oleh suatu perusahaan Manajer Investasi. Dana-dana yang dihimpun dari para investor akan dibelikan efek saham atau efek obligasi perusahaan-perusahaan terbuka yang menerbitkan saham dan obligasinya kepada masyarakat. (Baca: Mengenal Istilah-Istilah Pada Investasi Reksadana)

Dari pengertian di atas terdapat beberapa istilah yang berkaitan dengan apa itu reksadana, agar lebih jelas lagi berikut adalah pengertian dari beberapa istilah tersebut:

1. Manajer investasi

Manajer investasi adalah suatu perusahaan yang diberi izin oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menghimpun dana dari masyarakat dan dikelola untuk diinvestasikan. Perusahaan yang merupakan manajer investasi biasanya merupakan anak perusahaan dari bank, asuransi, dana pensiun, pegadaian, multifinance, dan pasar modal. (Baca: Cara Memilih Manajer Investasi Reksadana Yang Paling Baik)

2. Efek saham dan efek obligasi

Sebuah perusahaan dapat berjalan dari dana investasi yang berasal dari  surat berharga seperti saham dan obligasi yang diterbitkan untuk dibeli oleh investor. Saham merupakan surat berharga yang bisa dibeli oleh masyarakat luar yang menyatakan bagian kepemilikan orang tersebut terhadap perusahaan. Jadi jika Anda punya beberapa persen saham sebuah perusahaan maka Anda bisa dikatakan sebagai salah satu pemiliki perusahaan tersebut. Sedangkan obligasi adalah surat hutang yang berarti jika Anda membeli surat hutang dari sebuah perusahaan berarti Anda turut meminjamkan uang kepada perusahaan tersebut.

3. Portofolio efek

Dana yang dihimpun oleh Manajer Investasi kemudian diinvestasikan ke dalam bentuk efek saham dan efek obligasi. Karena memiliki beberapa efek maka disebut dengan portofolio efek. Itulah beberapa istilah untuk lebih memahami apa itu reksadana. (Baca: Apa Yang Dimaksud Portofolio Efek Dalam Reksadana?)

Bagaimana mendapatkan keuntungan dari reksadana

Dari penjelasan di atas apakah berinvestasi reksadana terdengar sulit? Sebenarnya tidak karena Anda cukup menyerahkan sejumlah dana kepada Manajer Investasi yang Anda pilih dan MI lah yang akan mengurusnya untuk Anda. Manajer Investasi akan menggunakan dana yang Anda berikan untuk dibelikan surat-surat berharga atau portofolio efek lalu merealisasikan keuntungan atau kerugian, dan menerima dividen atau bunga yang dibukukan ke dalam Nilai Aktiva Bersih (NAB) reksadana tersebut.

Uang hasil investasi reksadana tidak bisa langsung diberikan MI kepada investor melainkan harus disimpan di bank kustodian yang telah ditunjuk oleh Badan Pengawas Pasar Modal Indonesia dan tidak berafiliasi dengan Manajer Investasi. Bank kustodian merupakan bank tempat penitipan uang kolektif dan administratif dan sebagai lembaga yang bertanggung jawab terhadap keamanan aset investor. Jadi kesimpulannya adalah berinvestasi reksadana Anda tinggal memberikan uang kepada Manajer Investasi, kemudian apabila perusahaan tempat Anda berinvestasi berkembang maka Anda akan mendapatkan keuntungan yang berasal dari jumlah keuntungan yang dibagikan oleh perusahaan.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty