Mengatur Rencana Keuangan Untuk Masa Depan Anak

By on September 23, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 407 kali

Perencanaan Keuangan – Agar buah hati memiliki masa depan yang jelas, perlu dilakukan rencana keuangan untuk masa depan anak. Pada proses kehamilan, umumnya para orang tua mempersiapkan segala kebutuhan anak. Namun tidak sampai disitu saja, kita juga harus mempersiapkan kebutuhan anak di masa depan. Perencanaan keuangan jangka panjang bertujuan untuk mempersiapkan anak menghadapi masa depannya dengan penuh percaya diri.

Disinilah peran orang tua, terutama ibu dalam merencanakan keuangan keluarga. Ibu rumah tangga dituntut untuk mengatur keuangan sebaik mungkin agar berapapun penghasilan yang didapatkan suami bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari dan juga bisa untuk ditabung. Tidak hanya kebutuhan saat ini saja yang harus terpenuhi, namun tabungan dan investasi juga perlu diperhatikan agar masa depan lebih terjamin.

Dalam mengatur keuangan, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan seperti berikut:

· Mengatur Visi Pendidikan Anak
Untuk merencanakan masa depan buah hati, bicarakanlah dengan suami. Pengalaman yang didapatkan suami maupun istri bisa menjadi masukan dalam merencanakan masa depan anak. Terutama dalam hal pendidikan, pendidikan sangatlah penting untuk menopang masa depan anak agar kehidupan anak terjamin nantinya. Dengan membicarakan hal tersebut dengan suami, keduanya bisa menyatukan visi mengenai perkembangan anak dengan memberikan arahan untuk pendidikan anak.

· Mengatur Perencanaan Pendapatan
Tips dalam hal rencana keuangan untuk masa depan anak yang kedua adalah dengan mengatur pendapatan untuk memenuhi kebutuhan sekarang dan yang akan datang. Membuat perencanaan pendapatan per bulan sangat penting dilakukan karena hal tersebut akan membantu ibu dalam mengontrol keuangan. Dengan begitu ibu bisa mengetahui seberapa besar biaya yang dibutuhkan untuk kehidupan sehari-hari dari total pendapatan keluarga. Atur pengeluaran sebaik mungkin agar kebutuhan terpenuhi, bisa memenuhi kewajiban finansial, dan bisa melakukan investasi atau tabungan jangka panjang.

· Mengalokasikan Biaya Pendidikan
Setiap orang tua pasti menginginkan pendidikan yang terbaik bagi anaknya. Oleh karena itu orang tua harus membuat perencanaan yang matang mengenai pendidikan anak. Mengingat pendidikan sangat penting untuk menunjang masa depan buah hati, alokasikan penghasilan yang Anda dapatkan untuk merancang pendidikan anak. Hal ini sangat penting dilakukan karena biaya pendidikan setiap tahunnya akan semakin meningkat. Untuk mengantisipasi biaya pendidikan yang semakin menjulang tinggi tersebut, maka diperlukan perencanaan keuangan bagi pendidikan anak sedini mungkin agar tidak ada kesulitan keuangan nantinya.

· Asuransi Kesehatan dan Jiwa
Kita tidak pernah tau apa yang akan terjadi di masa depan bukan? kita tidak dapat menghindari apapun yang akan terjadi nantinya. Contohnya saja sakit atau kecelakaan, kita tidak bisa menghindari hal tersebut. Yang bisa kita lakukan adalah menyiapkan segala kemungkinan yang akan terjadi di kehidupan kita nantinya. Oleh karena itu penting sekali untuk menyiapkan asuransi jiwa dan kesehatan bagi seluruh keluarga agar bisa terlindungi.

· Menyiapkan Investasi Jangka Panjang
Rencana jangka panjang harus dimiliki setiap keluarga, terutama bagi pasangan muda yang baru saja membina keluarga. Investasi merupakan rencana jangka panjang agar terbebas dari masalah finansial di masa depan. Dengan investasi, penghasilan yang kita dapatkan akan semakin bertambah. Anda bisa melakukan investasi dalam bentuk apapun seperti emas, saham, dan lain sebagainya.

Masa depan buah hati merupakan tanggung jawab orang tua, oleh karena itu sebagai orang tua harus bisa mengatur keuangan sebaik mungkin agar masa depan buah hati terjamin. Selain itu dibutuhkan komitmen dalam melakukan rencana keuangan untuk masa depan anak agar tujuan finansial bisa tercapai.