Mengatasi Kesulitan Menjual Rumah Mahal

By on January 13, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 2,917 kali

Rumah MewahInvestasi Properti – Anda sudah tinggal di rumah Anda selama bertahun-tahun dan merasa bangga karena telah mempercantiknya dengan melakukan berbagai perbaikan. Kini rumah tersebut sudah overvalued lalu Andapun bertanya-tanya, “Bagaimana saya menjual rumah mahal ini?”

Dua Skenario
Ketika membahas bagaimana menjual sebuah rumah yang mahal, ada dua skenario di mana masalah muncul. Yang pertama adalah Anda memiliki rumah di lingkungan mahal, tapi salah satu yang Anda minta adalah harga yang sebanding dengan rumah serupa di sekitar Anda. Dalam situasi seperti ini, Anda harus mampu menjual rumah mahal Anda melalui cara-cara tradisional, baik, memasukkannya dalam daftar penjualan rumah di tiap ruang iklan atau melalui makelar. Rumah harus dibersihkan dan terdaftar dengan beberapa daftar layanan. Rumah harus selalu terbuka serta pasanglah pula iklan online dengan foto-foto. Di pasar saat ini, Anda harus dapat memindahkan rumah cukup cepat.

Skenario rumah mahal kedua adalah sedikit lebih rumit. Dalam skenario ini, Anda telah meningkatkan rumah Anda melampaui nilai yang didukung oleh struktur sekitarnya. Hal ini sering dapat terjadi jika Anda tinggal di rumah untuk waktu yang cukup lama dan membuat penambahan ke rumah seperti lantai, kamar baru, dapur yang telah direnovasi dan sebagainya. Rumah-rumah di lingkungan Anda semua dinilai untuk sekitar Rp.3.000.000.000,00, tapi penambahan yang telah Anda buat atas rumah tersebut membuat rumah tersebut menjadi bernilai Rp. 4.500.000.000,00. Anda memiliki masalah karena tidak ada orang yang akan membeli rumah yang paling mahal di blok tersebut.

Harus Bagaimana?
Pilihan pertama Anda adalah untuk berpegang pada rumah Anda dan berharap para tetangga mulai berpikir  meningkatkan rumah mereka juga. Strategi ini penuh dengan masalah dan mungkin harus dihindari.
Salah satu pilihan yang lebih baik adalah untuk menargetkan pasar rumah Anda ke wilayah demografis tertentu. Jika Anda telah menambahkan ruang untuk rumah Anda, Anda harus membuat iklan yang ditujukan pada keluarga dengan beberapa anak-anak yang cocok dengan jumlah kamar tidur yang Anda miliki. Jika Anda telah memperkomplit rumah Anda  dengan perbaikan di dapur dan menambah perlengkapan, Anda harus memasarkan rumah Anda sebagai “mewah tanpa harga.” Intinya adalah untuk mengubah masalah Anda ke posisi jual yang unik untuk rumah Anda. Percayalah bahwa ada pembeli di luar sana mencari solusi untuk masalah mereka.

Masalah Appraisal
Jika rumah Anda terlalu banyak diperbaiki, setiap potensi penjualan akan jatuh karena harga dinilai akan menyulitkan pembeli untuk mendapatkan pinjaman. Cara terbaik untuk menangani ini adalah untuk mengambil hipotek ke dua untuk rumah Anda. Pada intinya, Anda setuju untuk mengambil persentase tertentu dari harga dalam pembayaran selama periode waktu tertentu. Hal ini memungkinkan pembeli untuk masuk ke rumah dan Anda keluar. Jika Anda mengambil jalan ini, pastikan sungguh-sungguh bahwa Anda menggunakan pengacara untuk memastikan semuanya adalah legal.

Mencoba untuk menjual sebuah rumah yang mahal dapat menjadi suatu tantangan besar. Itu tidak berarti hal tersebut tak dapat dilakukan.