Mengapa Reksadana Sebagai Salah Satu Solusi Investasi?

By on December 6, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 2,939 kali
Reksadana

Mengapa Reksadana Sebagai Salah Satu Solusi Investasi?

Sebelum menjawab alasan mengapa reksadana sebagai salah satu solusi investasi terlebih dahulu kita harus tahu apa itu pengertian dari sebuah reksadana. Reksadana adalah sebuah atau suatu wadah di mana di dalamnya terdapat pola pengelolaan terhadap suatu dana atau modal bagi sekelompok investor dalam melakukan kegiatan investasinya di Pasar, di mana dalam menjalankan investasi ini instrumen-instrumen dalam investasinya sudah disediakan oleh reksadana jika kita membeli unit penyertaan reksadana. Dalam pengelolaan dana yang akan digunakan menjadi sebuah investasi ini, akan dikelola oleh seorang Manajer Investasi atau disingkat MI ke dalam sebuah portofolio investasi. Bentuknya yaitu berupa saham, obligasi, hingga pasar uang ataupun efek dan security lainnya.

Mengetahui pengertian tersebut sedikit demi sedikit dapat terjawab alasan mengapa reksadana sebagai salah satu solusi investasi. Seseorang yang mengambil langkah untuk melakukan investasi di reksadana, diibaratkan sebagai orang yang diberi kemampuan untuk dapat berlari lebih cepat. Kemampuan berlari lebih cepat yang diberikan ini, akan membuat kita menjadi orang yang lebih cepat untuk sampai di tujuan. Namun, ketika kita berlari cepat, resiko terjatuh di tengah jalan juga akan menghampiri. Dengan mengetahui resiko tersebut, maka kita akan menjadi lebih waspada dalam menjalaninya.

Alasan selanjutnya mengapa reksadana sebagai salah satu solusi investasi adalah dengan melihat salah satu contoh peristiwa yang pernah terjadi pada tahun 2007 lalu. Ada sebuah krisis yang disebut Krisis subprime mortgage. Krisis ini pernah terjadi karena adanya kemacetan kredit untuk perumahan di Amerika Serikat. Krisis ini akhirnya menyebabkan seluruh pasar saham dunia terpicu hingga ada yang jatuh. Para investor reksa dana dalam menghadapi krisis ini tidaklah panik seperti para pelaku pasar yang menarik besar-besaran saham. Para pemilih investasi reksa dana ini justru sangat membaca kesempatan dengan menjadikankan situasi ini sebagai kesempatan untuk menambah investasinya bahkan melakukan pembelian baru. Ini menjawab alasan mengapa reksa dana sebagai salah satu solusi investasi karena dapat dilihatnya bahwa para investor di reksadana tidak menjadi pribadi yang panikan dengan suatu keadaan di pasar yang kacau namun menjadikannya sebagai sebuah kesempatan dalam sebagai salah satu solusi investasi. Ini memberikan sudut pandang lain terhadap para investor reksadana yang mana mereka memiliki orientasi jangka panjang serta dapat membaca situasi secara lebih rasional termasuk dalam mengambil tindakannya.

Berbagai Macam Keuntungan Ditawarkan

Alasan terakhir mengapa reksadana sebagai salah satu solusi investasi adalah dengan bisa dilihatnya berbagai keuntungan yang telah ditwarkan bahkan dibuktikan oleh beberapa para pengguna reksadana tersebut. Pengelolaannya yang dilakukan oleh seorang Manajer Investasi atau MI yang profesional, didukung dengan administrasi oleh kustodian yang tidak lepas dari pengawasan Bapepam-LK. Keuntungan lainnya terletak pada tidak termasuknya hasil reksa dana ke dalam objek pajak.