Mengapa Fluktuasi Emas Tinggi? Apa penyebabnya?

By on November 14, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 540 kali

Investasi Emas – Siapa yang bilang jika harga emas terus mengalami kenaikan? Padahal harga emas juga dapat naik dan turun, sama saja dengan komoditas lain yang dijual di pasar. Hal ini dapat terjadi dikarenakan sisi penawaran dan permintaan yang terjadi di pasar. Harga suatu barang akan naik jika penawaran tetap dan permintaan naik. Sedangkan harga turun jika pasokan meningkat tetapi permintaan cenderung tetap. Beberapa waktu belakangan ini, harga emas mengalami fluktuasi. Semenjak 40 tahun terakhir, terjadi fluktuasi yang tinggi pada harga emas. Mengapa fluktuasi emas tinggi? Adakah faktor-faktor yang mempengaruhinya? Ya, tentu saja ada.

Di akhir 1970-an, harga emas mulai mengalami kenaikan setelah Amerika Serikat meninggalkan standar emas. Faktor yang mempengaruhi kenaikan ini adalah angka pengangguran yang melonjak, pertumbuhan ekonomi yang lambat dan inflasi yang tinggi. Namun setelah satu dekade, harga emas tiba-tiba saja anjlok. Lalu kemudian kembali stabil selama dua dekade di kisaran ratusan dolar karena saham masih menjadi primadona bagi para investor.

Para investor mulai melirik emas sebagai komoditi yang bisa diinvestasikan setelah pergantian abad. Inilah awal mulanya mengapa fluktuasi emas tinggi selama 12 tahun berikutnya. Hal ini juga didorong beberapa faktor seperti tingginya permintaan dari negara-negara berkembang dan kurangnya pasokan emas. Harga emas pun terus naik, stabil, lalu kemudian turun lagi sampai sekarang.

Dapat dikatakan jika emas adalah instrumen investasi yang memiliki persentase fluktuasi cukup tinggi. Banyak sekali faktor yang mempengaruhi naik dan turunnya harga emas. Seperti pada tahun 2013 lalu, harga emas dunia mengalami penurunan yang cukup signifikan. Penurunan ini dibarengi dengan menurunnya permintaan emas dunia oleh India dan China. Ekonomi AS dan nilai mata uang AS yang kembali stabil juga merupakan penyebab dari penurunan harga emas sekarang ini. Peminat emas mulai beralih ke US Dollar atau saham-saham AS.

Penurunan harga emas tersebut berdampak ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Mungkin ini adalah waktu yang tepat untuk membeli perhiasan emas bagi Anda yang mengkoleksi perhiasan emas. Saat perekonomian dunia tengah membaik, harga emas mulai turun, begitu pula sebaliknya. Untuk Anda yang ingin berinvestasi emas, sebaiknya tahan dulu keinginan Anda atau beralih berinvestasi ke saham dan valas.

Kesimpulannya, harga emas memang benar-benar bersifat fluktuatif, alias rentan akan guncangan. Mengapa fluktuasi emas tinggi? Seperti yang sudah dijelaskan diatas, hal tersebut bergantung kepada baik atau buruknya perekonomian dunia. Lalu, kapankah waktu yang tepat untuk berinvestasi emas? Jawabannya adalah ketika inflasi global tengah naik atau perekonomian dunia mengalami penurunan. Tapi untuk beberapa waktu sekarang ini, investasi emas sepertinya bukan pilihan yang benar-benar tepat.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty