Mengapa Anda Sebaiknya Menginvestasikan Emas?

By on July 13, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 294 kali

Investasi emas kalau dibandingkan dengan model investasi lainnya memang punya lebih banyak keunggulan. Alasan yang selalu dikemukakan mereka yang memilih jenis investasi ini ialah harga emas yang selalu naik. Dalam kurun waktu kurang lebih sepuluh tahun, terjadi peningkatan harga hingga mencapai 300 persen. Angka kenaikan yang sangat fantastis dan jika dirata-rata ada sekitar 30 persen kenaikan harga emas setiap tahun. Tren kenaikan harga emas itulah yang seringkali menimbulkan lonjakan permintaan emas yang kian melambung tinggi dari waktu ke waktu.

Alasan harga jualnya yang selalu tinggi sebenarnya sudah sangat menjelaskan mengapa lebih baik berinvestasi dalam bentuk emas. Tetapi ada lebih banyak keuntungan yang wajib Anda ketahui supaya lebih mantap selama berinvestasi. Bahkan keuntungan-keuntungan tersebut jauh lebih penting dan signifikan, antara lain adalah:

Harta Stabil.

Emas merupakan tipe harta atau aset yang benar-benar nyata (tangible) sehingga tak akan bisa dipengaruhi oleh faktor-faktor di luarnya. Tipe harta yang stabil ini membuatnya lebih mandiri dan tak akan goyah akibat situasi ekonomi tertentu. Kalau dibandingkan antara investasi antara bentuk uang dan emas, pilihan kedua selalu terbukti aman. Contohnya adalah krisis di tahun 2008 ketika Lehman Brothers di Amerika Serikat mengalami masa sulit dan krisis parah. Mereka yang terlanjur berinvestasi dalam bentuk uang ke perusahaan itu akhirnya mengalami kerugian parah karena nilai mata uangnya turun drastis.

Emas juga tak akan terpengaruh oleh berbagai bentuk kebijakan ekonomi Pemerintah yang biasanya disebabkan oleh situasi ekonomi tertentu. Masalah inflasi, suku bunga, dan sebagainya tak akan pernah bisa mempengaruhi harga emas karena selalu stabil dan tak tergoyahkan oleh kondisi apa pun.

Aset Terlindungi.

Aset yang satu ini akan selalu terlindungi dari risiko inflasi. Misalnya saja terjadi kenaikan inflasi, maka harga emas justru akan semakin melambung. Sama halnya dengan kurs mata uang asing seperti Dollar. Jika terjadi peningkatan kurs Dollar, maka emas juga akan mengalami peningkatan harga.

Tabungan Efektif.

Jika ingin menabung dengan cara yang lebih efektif dan menguntungkan, gunakan saja emas. Selama bertahun-tahun menyimpan emas, kemungkinan inflasi pasti terjadi. Dengan rentang waktu yang cukup panjang itulah, Anda sebaiknya mempertimbangkan emas sebagai investasi dalam bentuk tabungan. Anda bisa menyusun dan merencanakan skema keuangan Anda untuk berbagai kebutuhan, misalnya membeli rumah, menikah, naik haji, dan sebagainya.

Mudah Diperoleh.

Emas sangat mudah untuk diperoleh. Hampir setiap wilayah di Indonesia menyediakan emas yang bisa kita beli dengan mudahnya. Bahkan emas juga sangat cepat untuk dijual karena harganya relatif sama di berbagai tempat. Bukan hanya di Indonesia, namun juga mencakup seluruh dunia. Oleh sebab itu, membeli dan menyimpan emas sebagai tabungan sangat disarankan sejak awal demi memupuk masa depan.

Daya Beli Konsisten.

Ini juga salah satu keunikan sekaligus keunggulan dari emas. Selama ratusan tahun, harga emas selalu stabil sehingga kalau dibandingkan dengan tingkat pembelian di era modern pun cenderung konsisten. Ilustrasi yang paling mudah ialah harga dari seekor kambing di abad 15 sekitar 1 koin dinar emas. Sekitar tiga tahun lalu, harga seekor kambing sekitar 2.25 juta Rupiah. Jika jumlah tersebut dikonversikan ke dalam emas akan senilai 1 koin dinar emas. Kesimpulannya, harga emas selalu membuktikan bahwa daya beli pada komoditas akan selalu konsisten. Nah, itulah beberapa alasan mengapa Anda sebaiknya memilih investasi emas.