Menelaah Prospek Investasi Reksadana Tahun 2016

By on January 13, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 328 kali

Investasi Reksadana – Setiap investor atau pemiliki modal tentu akan bertanya – tanya bagaimana prospek investasi reksadana tahun 2016 ? Sama seperti trend fashion, yang bisa diramalkan di tahun depan. Begitu juga dengan trend investasi yang berupa reksadana. Setiap investor butuh pengetahuan mengenai instrumen investasi yang dipilihnya untuk ditempatkan.

Pengertian Reksadana

Reksadana adalah salah satu instrumen investasi. Bagi Anda yang tidak memiliki waktu banyak ataupun keahlian khusus untuk menghitung resiko investasi di pasar modal, maka reksadana ini bisa menjadi pilihan Anda. Reksadana ini didesain sebagai wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat yang mempunyai modal, memiliki kemauan untuk berinvestasi namun memiliki sedikit waktu dan sedikit pengetahuan mengenai investasi. Ada tiga hal yang terkait dengan definisi reksadana berdasarkan undang – undang pasar Modal no. 8 Tahun 1995 , pasal 1 ayat (27). Hal yang pertama adalah adanya dana dari masyarakat pemodal. Hal yang kedua adalah dana yang berasal dari masyarakat pemodal tadi akan diinvestasikan di dalam portofolio efek. Dan, hal yang ketiga adalah dana yang diinvestasikan di dalam portofolio efek tadi dikelola oleh manajer investasi.

Jenis Reksadana

Reksadana juga memiliki beberapa jenis. Berdasarkan portofolio investainya, reksadana bisa dibedakan menjadi 4 bagian.

  • Reksadana Pasar Uang (Money Market Funds)
    Reksadana jenis ini bersifat hutang dengan jatuh tempo kurang dari satu tahun dengan tujuan menjaga pemeliharaan dan likuiditas modal.
  • Reksadana Pendapatan Tetap (Fixed Income Funds)
    Reksadana jenis ini memiliki resiko yang lebih besar dibanding reksadana pasar uang. Investasi pada reksadana ini sekurang – kurangnya 80% aktivanya bersifat utang dengan tujuan menghasillkan tingkat pengembalian yang stabil.
  • Reksadana Saham (Equity Funds)
    Reksadana yang melakukan investasi berbentuk efek yang bersifat ekuitas sekurang – kurangnya 80%. Dengan memiliki resiko yang lebih besar dari dua reksadana sebelumnya tentu bisa menghasilkan tingkat pengembaliannya yang lebih tinggi juga.
  • Reksadana Campuran  (Discretionary Funds)
    Reksadana campuran ini adalah reksadana yang melalukan investasi dalam bentuk efek yang bersifat utang dan juga efek yang bersifat ekuitas.

Manfaat Reksadana

Setiap dana yang disisihkan untuk ditabung atau diinvestasikan ini tentu memiliki manfaat. Manfaat tentu akan dirasakan oleh seseorang yang menyisihkan atau menginvetasikan dananya ke dalam instrumen investasi.

  • Meskipun pemodal (masyarakat yang memiliki modal) tidak memiliki dana yang cukup besar, masyarakat masih tetap bisa melakukan diversifikasi investasi dalam efek. Hal ini bisa dapat memperkecil resiko. Dengan berinvestasi melalui reksadana, akan terkumpul dana yang banyak sehingga dapat memudahkan diversifikasi investasi yang bisa dilakukan di dalam pasar uang maupun pasar modal.
  • Dengan memilih investasi berupa reksadana dapat memudahkan pemodal untuk melakukan investasi di pasar modal. Kebutuhan untuk menentukan mana saham yang baik untuk melakukan investasi di pasar modal bukan hal yang mudah. Namun, dengan keterbatasan pengetahuan mengenai pasar modal ini, para pemodal tetap bisa berinvestasi karena ada manajer investasi yang mengelola dana para pemodal.
  • Para pemodal bisa mendapatkan efisiensi waktu. Pemodal tidak perlu terus meluangkan waktunya untuk mengawasi dan memantai kinerja investasi saham yang ada di pasar modal. Karena, permasalahan ini akan dikerjakan oleh menajer investasi profesional yang mengelola dana para pemodal.

Dengan mengetahui manfaat dan jenis reksadana yang bisa Anda pilih, akan memudahkan Anda untuk melihat bagaimana prospek investasi reksadana tahun 2016?

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty