Mendulang Keuntungan dengan Kontrak Emas Berjangka

By on March 13, 2017 | Artikel ini Sudah di baca 685 kali

Investasi Emas – Salah satu jenis komoditas logam mulia yang paling diminati adalah emas. Sarana investasi yang satu ini memang cukup dekat dengan masyarakat kita. Bahkan mungkin sudah banyak yang melakukan investasi dengan emas. Selain sebagai sarana investasi, emas juga seringkali dijadikan sebagai penanda tingkatan sosial seseorang. Namun, tahukah Anda jika emas yang bisa dijadikan investasi tidak hanya yang berbentuk fisik?

Istilah kontrak emas berjangka mulai terdengar ke permukaan. Emas berjangka termasuk ke dalam perdagangan komoditas di perdagangan berjangka. Arti dari kontrak emas berjangka ini tentu saja adalah Anda hanya membeli kontrak atau dokumen hak milik tanpa memegang fisik dari emas yang Anda beli. Perdagangan berjangka ini dapat terjadi dengan teknologi yang semakin berkembang pesat.

Pada dasarnya, transaksi di bursa berjangka dilakukan secara online. Kontrak emas berjangka dapat diartikan sebagai kontrak yang menjanjikan penyerahan emas dengan harga yang sudah disepakati dan diserahkan pada tanggal yang akan datang. Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari kontrak emas berjangka, yaitu: Biaya yang relative lebih kecil, kontrak standar, harga yang transparan, jaminan dari Lembaga Kriling berjangka, tingkat keamanan yang tinggi, peluang yang besar, dan tingkat liquidasi yang tinggi. Fasilitas online trading dan real time price juga sangat membantu Anda dalam melakukan kegiatan ini.

Secara umumnya, Anda harus mengerti berbagai faktor yang menentukan dan strategi dalam “bermain” di bursa komoditi emas berjangka terlebih lebih dulu. Perhatikan faktor fundamental emas yang biasanya terkait dengan stock emas. Apakah permintaan akan emas semakin bertambah atau berkurang? Kemudian perhatikan pula aspek teknikalnya. Anda bisa menggunakan grafik perkembangan harga suatu komoditas untuk melakukan analisa teknikal.

Beralih ke strategi, ada beberapa hal yang perlu Anda masukkan ke dalam pertimbangan. Pertama tentu saja jumlah transaksi investasi emas berjangka Anda. Kemudian, perhatikan pergerakan harga yang sedang terjadi di pasar. Ingat untuk tidak mengutamakan keserakahan Anda. Ketika mengambil keputusan, sebaiknya masukkan pula aspek psikologis dan capital management. Hal yang terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah jangan terlalu memaksakan diri Anda ketika bermain dengan investasi kontrak emas berjangka.

Trading emas berjangka biasanya diawasi oleh BAPPEBTI selaku lembaga pemerintahan di Indonesia. Inilah mengapa trading emas berjangka terjamin keamanannya. Sayangnya, sifat emas berjangka juga menghadirkan kelemahan tersendiri. Anda bisa mendapat keuntungang saat harga emas naik dan masa kontraknya habis. Namun, Anda tentu akan mengalami kerugian ketika hal tersebut terjadi di saat masa kontrak masih berjalan.

Demikianlah sedikit pengetahuan mengenai kontrak emas berjangka yang menarik untuk disimak. Lebih menarik lagi jika Anda mencoba investasi modern yang satu ini. Bagaimana? Tertarik kah Anda untuk mencobanya?