Mendapatkan Investor Untuk Start Up Bisnis

By on December 2, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 292 kali

Start Up Bisnis – Mendapatkan investor untuk start up bisnis mungkin bukan hal yang mudah untuk para pemula. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba mengajukan permohonan dana pada investor yang mampu dan mengerti tentang start up bisnis.

Pilihan Investor Start Up Bisnis

Sebagian start up bisnis di Indonesia sudah mendapatkan dana dari investor untuk membangun bisnisnya. Anda juga bisa melakukan hal yang sama dengan mengajukan  proposal bisnis pada investor yang ada. Beberapa investor yang telah menginvestasikan dananya dalam start up bisnis ini bisa jadi pilhan Anda.

  • Investor East Venture
    Investor ini merupakan salah satub investor ternama dan telah memberikan dana ke banyak start up bisnis yang terkenal di Indonesia yaitu Tokopedia, Tech in Asia, Berrybenka dan lainnya. Investor ini tidak akan memberikan dana kepada perusahaan start up yang serupa yang sudah pernah diberikan dana.
  • Investor Merah Putih
    Investor ini menginvestasikan dananya pada sebuah situs yang cukup terkenal dengan berita  yang diperbaruinya yaitu dailysocial.net, Lintas.me dan lain – lain.
  • Investor Sequia
    Investor ini menginvestasikan dananya pada salah satu marketplace yang Ada di Indonesia yaitu Tokopedia.
  • Investor Gree Venture
    Berrybenka dan Bukalapak merupakan bagian dari perusahaan start up yang mendapatkan suntikan dana dari Gree Venture.
  • Investor Mountain Venture
    Investor ini mengeinvestasikan dananya pada perusahaan Dealoka, Cek Aja, dan Loyalbox.
  • Investor 500 Starts Up
    Bukalapak juga mendapat suntikan dana lain dari investor ini. Selain itu ada juga Qraved yangvjuga mendapatkan suntikan dana dari 500 Starts Up.
  • Grupara
    Investor ini menginvestasikan dananya pada perusahaan Maskool.
  • Investor Cyberagent Ventures
    Tokopedia merupakan salah satu starts up yang mendapatkan dukungan dana yang banyak dari berbagai macam investor, termasuk dari Cyberagent Ventures ini. Selain itu, ada juga VIP dan Bilna yang beruntung mendapat dana dari investor ini.
  • Investor Global Founders Capital
    Investor ini menginvestasikan dananya pada start up bisnis ternama yang menjual tiket pesawat, kereta api bahkan hotel. Start up bisnis tersebut adalah traveloka.

Kenali Investor lebih Dalam

Menjadi seorang pebisnis bukan berarti bisa menerima setiap tawaran dana memilih investor yang ada. Beberapa investor hanya tahu bahwa mereka memberikan dana pada Anda dan Anda akan memberikan dana itu kembali lagi pada mereka tanpa memahami bisnis seperti apa yang Anda jalankan. Cobalah untuk mengenal dan mengetahui lebih dalam mengenai profil investor sebelum memutuskannya menjadi investor Anda.

  • Buat Agreement
    Disini penting untuk para entrepreneur supaya memberikan perjanjian hitam putih di atas kertas. Perjanjian ini tentu untuk melindungi Anda dan bisnis Anda dari investor yang seenakanya dan tidak peduli apa yang terjadi pada bisnis Anda saat mengalami kesulitan.
  • Memiliki Komitmen
    Komitmen antara para kreator start up bisnis dengan para investor ini sangat penting. Untuk menjalani sebuah hubungan jangka panjang tentu perlu diperlukan rasa percaya dan komitmen dari kedua belah pihak untuk memainkan perannya dengan baik.

Ingatlah bahwa memiliki investor memang cukup penting untuk perkembangan bisnis Anda. Tapi satu hal yang perlu diketahui oleh Anda sebagai entrepeneneur adalah uang tidak selalu menjadi value pada bisnis. Maka, penting cukup penting bagi Anda untuk memutuskan dengan bijak bagaimana cara untuk mendapatkan investor untuk start up bisnis yang kooperatif.