Mencoba Peruntungan Investasi Berjangka Perak

By on March 7, 2017 | Artikel ini Sudah di baca 365 kali

Sama dengan emas, perak juga merupakan faktor penggerak harga, meskipun tidak memiliki pengaruh yang besar. Kedua logam ini seringkali diperdagangkan dalam bursa berjangka dan juga digunakan untuk sarana hedging. Harga perak biasanya akan mengikuti pergerakan harga emas. Jadi, cukup mudah juga memprediksi harga perak. Bagaimana jika Anda mencoba peruntungan investasi berjangka perak?

Namun sebelum itu, tidakkah lebih baik jika Anda mengenal terlebih dahulu bagaimana cara investasi berjangka untuk komoditi perak secara mendetail. Semua logam mulia (termasuk emas dan perak) memang bisa diperjual-belikan secara berjangka. Melalui kontrak, terjadi perjanjian yang mengikat untuk pengiriman perak dengan harga dan waktu yang telah disepakati. Bila sudah banyak orang yang mencoba perdagangan emas berjangka, mengapa Anda tidak mencoba peruntungan investasi berjangka perak?

Seperti logam mulia emas, perak juga diperdagangkan dalam Dollar per ons. Karena termasuk kedalam perdagangan kontrak berjangka, banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Diantara lain adalah fleksibilitas, integritas, dan leverage keuangan dari perdagangan perak berjangka ini. Leverage dimaksudkan sebagai fasilitas trading untuk mengelola nilai sebuah produk yang tinggi menjadi sebagian kecil saja. Bahkan kontrak berjangka perak ini hanya membutuhkan sedikit modal daripada perdagangan di pasar fisik, dikarenakan menggunakan kinerja margin.

Beralih ke fleksibilitas bagi investor untuk mengambil keuntungan atau sekedar melindungi posisi fisik mereka dengan cara mengambil posisi sesuai dengan ekspektasi pasar. Bahkan di bursa berjangka komoditi emas dan perak, tidak ada resiko counterparty.

Terdapat kontrak besar dan kontrak kecil yang digunakan dalam perdagangan berjangka perak. Contohnya, perak yang diperdagangkan adalah $20 per ons. Kontrak mini membutuhkan $10.000 (500 ons x $20), sementara nilai kontrak besar adalah $50.000 (2500 ons x $20). Ukuran tick yang ditentukan adalah $0,001 per ons dan setara dengan $1 untuk kontrak mini dan $5 untuk kontrak besar. Karena termasuk kedalam perdagangan logam mulia, syarat untuk pengiriman kontrak di bursa ini selalu berkiblat dengan bursa yang ada di New York. Bursa ini juga menetapkan batas posisi untuk logam mulia emas dan perak yang diperdagangkan. Sesuai dengan volume dan minat terbuka, pengiriman boleh dilakukan pada bulan-bulan tertentu, seperti Maret, Mei, Juli, September, dan juga Desember.

Bagi yang ingin mencoba peruntungan investasi berjangka perak pastinya bertanya-tanya, apakah perdagangan berjangka ini termasuk hedging atau spekulan? Sebenarnya bisa keduanya, sesuai dengan keinginan investor. Bila mengambil spekulan, maka harus berani berasumsi dengan resiko pasar untuk mencapai keuntungan yang maksimal. Sedangkan untuk hedging, hanya berusaha untuk melindungi pergerakan nilai dengan melakukan kontrak berjangka karena naiknya tingkat inflasi setiap tahun. Semoga bermanfaat.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty