Mencoba Investasi Apartemen, Apakah Cukup Menjanjikan?

By on May 16, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 1,696 kali
Apartemen

Investasi Properti – Masyarakat di Indonesia masih sangat membutuhkan tempat tinggal yang layak. Selain itu, properti juga merupakan salah satu investasi yang cukup menguntungkan dan banyak diminati sebagai investas jangka panjang. Biasanya, orang-orang lebih tertarik berinvestasi properti dalam bentuk tempat tinggal, seperti rumah. Namun, bagaimana dengan apartemen? Meskipun apartemen juga bagian dari investasi properti, tapi sayangnya belum banyak masyarakat Indonesia yang tertarik untuk berinvestasi dalam bentuk apartemen. Jadi, masih banyak yang bertanya-tanya tentang investasi apartemen, apakah cukup menjanjikan?

Ketika berinvestasi properti dalam bentuk apartemen, banyak sekali keunggulan dan tentu saja kekurangan didalamnya. Membahas tentang keunggulan, investasi apartemen adalah liquiditasnya yang diatas rumah. Ini dikarenakan rumah yang berlokasi strategis relatif mahal, sedangkan apartemen sudah pasti bertempat di lokasi yang strategis. Selain itu, passive income yang dihasilkan dari apartemen cukup besar ketika disewakan. Fasilitas dan juga infrastruktur seperti kebersihan, keamanan, dan juga sarana olahraga lebih baik dibandingkan dengan investasi rumah.

Sayangnya, tidak dapat dipungkuri jika investasi apartemen ini mempunyai banyak kekurangan. Biaya perawatan rutinnya lumayan mahal, seperti listrik dan juga air. Return yang didapatkan dari investasi ini juga kecil. Pemilik juga tidak dapat melakukan renovasi sesuka hatinya, berbeda dengan rumah pribadi. Banyaknya masalah juga merupakan kekurangan dalam investasi ini, contohnya saja masalah pipa pembuangan air atau kebocoran di kamar mandi.

Setelah melihat keunggulan dan juga kekurangannya, masihkah Anda bertanya tentang investasi apartemen, apakah cukup menjanjikan? Agar dapat mengambil keuntungan yang maksimal dari investasi apartemen, ada beberapa tips yang perlu Anda ingat ketika memulai investasi ini. Yang pertama adalah lokasi apartemen yang akan Anda jadikan investasi. Apartemen yang berlokasi dekat dengan pusat bisnis memang banyak diminati, karena kebanyakan peminat apartemen adalah kalangan pekerja, pebisnis, ataupun profesional. Jika susah mendapatkan apartemen yang berlokasi strategis seperti yang sudah disebutkan, minimal lokasi apartemen harus memiliki akses yang mudah menuju ke pusat bisnis. Jika Anda menargetkan untuk kalangan ekspatriat, Anda harus terlebih dahulu memahami gaya hidup dan juga kebiasaan mereka. Biasanya kalangan ini mau tinggal dalam sebuah lingkup dimana disana terdapat komunitas mereka.

Hal lainnya yang perlu dipertimbangkan adalah aspek hukum, pastikan surat izin berdirinya apartemen tersebut lengkap, seperti IMB, izin pendahuluan, setifikat tanag, dan block plan. Kemudian pertimbangkan juga reputasi pengembang dan juga pebngalaman pengembang tersebut. Anda juga harus menyiapkan dana untuk membeli apartemen tersebut. Jangan lupa untuk menyisihkan dana untuk pajak dan juga biaya notaris. Pikirkan juga fasilitas yang tersedia di apartemen tersebut, seperti fasilitas olahraga, taman, areal parkir, kafe dan juga restoran. Dengan mengingat tips-tips tersebut, tentunya Anda tidak bertanya lagi tentang investasi apartemen, apakah cukup menjanjikan?

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty