Menciptakan Game Sebagai Karir Yang Mengasyikkan

By on June 9, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 552 kali

Inspirasi Bisnis – Apakah Anda menyukai game? Apakah Anda mengalahkan permaian  dalam game setelah bermain sekali? Apakah Anda merasa seperti permainan terlalu mudah? Nah, sepertinya Anda memiliki gairah untuk hal-hal ini maka Anda harus pergi ke mana hati Anda membawa Anda.

Jika Anda pada titik di mana Anda berpikir tentang karir Anda, kami  sarankan Anda melakukan apa yang Anda sukai. Anda harus mempertimbangkan tindakan yang berbeda: arahkan minat yang benar-benar Anda nikmati, sesuatu yang dapat Anda lakukan berjam-jam tanpa merasa seperti Anda bekerja sama sekali. Dan jika Anda seperti banyak orang, ini akan menjadi ‘sesuatu’ di dunia game.

Itu benar! Anda benar-benar bisa mendapatkan pekerjaan membuat dan / atau bermain game. Berikut adalah daftar dari beberapa karir yang tersedia bagi mereka dengan gelar game.

1. Game Programmer

Majalah Gameinformer menyebutkan bahwa, programmer video game adalah “hati dan jiwa” dari industri game. Mereka adalah orang-orang yang bertanggung jawab untuk menciptakan kode yang diperlukan untuk membuat  game dapat berfungsi. Dan bertentangan dengan kepercayaan populer, pekerjaan mereka tidak selalu mudah. Pemrograman game baik itu game online, game untuk video game (PS, Xbox, Atari, Nintendo), game PC, atau game untuk smartphone  sering melibatkan penciptaan fungsi dan algoritma kompleks yang sering kali lebih menantang daripada program lainnya.

Terkadang terdapat bug, terjadi lagging, atau salah coding sehingga game harus diprogram ulang. Nah contohnya nih pembaca, game Mortal Combat yang ada di PS, jurus yang nampak di layar kaca justru terjadi dari kesalahan coding, tapi kelihatan unik. Akhirnya jurus tersebut menjadi jurus andalan (combo). Walah….udah tuwir kok ya ngurusin game. Eh jangan menghina, penulis mah kapan tuwirnya juga ga paham. Perasaan masih ABG terus gini. Lihat! Ini lagi memegang stick Atari keramat (sekarang ga ngetren) sejak jaman nenek moyang.

Memang, pemrograman game mungkin bukan saja sesuai untuk semua orang yang mencari karir di game, tetapi jika Anda memutuskan untuk mengambil bidang komputer pula, tentu pekerjaan akan menjadi lebih menyenangkan: coding. Ini jika Anda mau, atau bekerja pada sebuah pekerjaan yang membosankan?

2. Game Tester

Posisi sebagai seorang game tester itu adalah posisi di mana Anda benar-benar akan dibayar untuk bermain game. Menurut seorang game tester Doug Powell dari Electronic Arts, ia mengatakan sebagai tester permainan Anda akan “pergi dari komponen permainan yang berbeda dan mencari hal-hal yang tidak masuk akal.” Anda juga akan “mematahkan permainan,” berarti Anda akan “melakukan hal-hal yang user biasa juga akan lakukan dan sengaja melihat sesuatu yang salah.”

Doug Powell selanjutnya menambahkan bahwa pengujian game adalah tempat yang baik untuk memulai bagi orang-orang muda yang ingin masuk ke industry game. Untuk mendapatkan posisi tersebut  yang terbaik adalah memiliki “semangat untuk bermain game” dan beberapa latar belakang pendidikan. Doug menyarankan gelar, atau beberapa bentuk pendidikan tingkat tinggi.

3. Game Animator

Animator bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan gerakan karakter permainan video. Pelaksanaan membutuhkan lebih dari menggambar sesuatu di secarik kertas, yang menurut Alex Jones, sebuah game animator, terjadi setelah banyak “brainstorming, pengendapan, perencanaan dan pengujian” dengan programmer. Tapi ketika pekerjaan sibuk dilakukan, animator game akhirnya akan mendapatkan kesempatan untuk melakukan apa yang dia lakukan yang terbaik membuat permainan seperti bernyawa. Alex Drouin mengatakan hal yang ia sukai tentang pekerjaannya adalah “mampu untuk datang ke kantor terlambat di pagi hari, duduk di belakang komputer, memasang CD yang besar, dan kemudian membuat animasi gila yang akan berakhir dalam pertandingan yang akan dilihat seluruh dunia oleh para gamer.”.

4. Sound Designer  

Desainer suara (sound designer) yang bertanggung jawab untuk menciptakan musik dan efek suara game. Musik game diciptakan baik dari sumber digital atau rangsangan dari kehidupan nyata. Ketika konsol  game menjadi lebih maju, banyak desainer suara mendukung yang terakhir ketika memutuskan apa jenis musik yang mereka inginkan dalam permainan yang mereka kerjakan. Menciptakan efek suara yang sesuai, di sisi lain, kadang-kadang membutuhkan eksperimen yang lebih kreatif.

Untuk menjadi sukses merancang game yang terdengar yang terbaik adalah:
– memiliki kepentingan di baik musik dan suara,
– memiliki pengetahuan tentang peralatan rekaman dan
-menjadi akrab dengan jenis musik dan suara yang digunakan. Dewasa hari ini yang paling populer adalah game.

5. Game Designer

Disainer game (Game Designer) yang bertanggung jawab untuk menciptakan ‘pengalaman’ dari permainan tertentu. Charles Perry, seorang disainer game, merangkum dengan mengatakan “tugas utama dari disainer adalah untuk memastikan permainan ini adalah menyenangkan.”

Wells lebih lanjut menambahkan bahwa disainer game bertanggung jawab untuk desain tingkat makro dan mikro. Disain tingkat makro melibatkan “mencari tahu mekanisme inti permainan, aka nada berapa level,  power-up, dll” Disain mikro melibatkan penciptaan “tingkat aktual dan gameplay waktu demi waktu dalam level tersebut: musuh, objek, dan cara tertentu Anda menemukan musuh-musuh dan objek.”

Desainer game  yang baik harus jelas memiliki kepentingan dalam game bersama dengan beberapa gambar dan keterampilan pemrograman.

Nah, Anda jangan menganggap pekerjaan-pekerjaan di atas hanya akan dilakukan oleh orang-orang bule. Kalau begitu kita kapan majunya? Di Indonesia dan lokasi tepatnya di kota Gudeg Yogyakarta telah dibuka perusahaan yang membuat berbagai game kelas dunia, contoh paling popular adalah Minion. Jadi Anda sekarang percaya film Minion itu gamenya dibuat di kota Gudeg. Walau lowongan sering dibuka untuk semua posisi, namun posisi yang sering dibutuhkan adalah game tester. Itu baru satu perusahaan. Bagaimana dengan mereka yang membuat game Jokowi dengan berbagai versinya? Yang jelas, mungkin dengan sedikit kenekatan sepeti duo Google, Anda dapat saja membuka bisnis membuat game dengan sedikit modal finansial. Otak-otak encer di Indonesia dewasa ini sudah siap membuka dan membangun lahan yang relatif baru di negeri ini. Hayo….siapa berani mencoba?