Mencegah Tagihan Gaib Pada Kartu Kredit Anda, Bisakah Dilakukan?

By on November 6, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 605 kali

Perencanaan Keuangan – Ketika Anda berbelanja di sebuah pusat perbelanjaan ternama di ibukota dan sedang tidak membawa uang cash terlalu banyak, kepemilikan kartu kredit memang akan sangat menolong. Tetapi jika Anda tidak dapat menggunakannya secara bijaksana, bukan tidak mungkin yang terjadi justru adalah persoalan yang lebih rumit dimana tagihan yang harus Anda bayar semakin membengkak. Terkait hal itu, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah tagihan gaib pada kartu kredit anda agar pengeluaran per bulan yang harus Anda bayar tetap terkontrol.

Tidak memakai kartu kredit hingga batas limit

Ketika Anda memiliki kartu kredit, salah satu hal yang perlu diperhatikan agar tagihan yang diterima tidak membengkak adalah tidak memakai kartu kredit hingga batas limit. Sebagai contoh Anda memiliki sebuah kartu kredit dengan limit mencapai 15 juta, karena ada banyak barang yang ingin Anda beli di bulan tertentu tanpa sadar pemakaian kartu kredit sudah mencapai angka Rp 14.000.000,00. Hal tersebut tentu akan memberatkan ketika gaji per bulan yang Anda terima hanya sekitar Rp 10.000.000,00, karena secara tidak langsung Anda tidak akan mampu melunasi total pembelanjaan tersebut sekaligus. Hal tersebut akan memberi efek negatif lain pada Anda dimana tagihan yang datang di bulan berikutnya tentu akan lebih besar karena disertai dengan bunga pembelanjaan.

Tidak mempercayakan kartu kredit pada orang lain

Hal lain yang harus Anda perhatikan sebagai pemilik kartu kredit jika tidak ingin ada tagihan yang tidak dikenal adalah tidak mempercayakan kartu kredit pada orang lain sekalipun orang tersebut masih anggota keluarga Anda. Hal tersebut akan membuat transaksi keuangan yang dilakukan dengan kartu kredit lebih terkontrol dan Anda tidak akan mendapat tagihan diluar sepengetahuan Anda. Masih terkait masalah mempercayakan kartu kredit pada orang lain, ketika kartu kredit hilang secara tidak sengaja saat Anda bertransaksi, akan lebih baik jika Anda segera menghubungi CS bank dari kartu kredit bersangkutan dan melakukan pemblokiran kartu.

Melakukan transaksi di tempat terpercaya

Pada saat Anda ingin berbelanja menggunakan kartu kredit, melakukan transaksi belanja di tempat yang lebih terpercaya akan lebih terasa aman dan nyaman. Pada saat Anda berbelanja di gerai pusat perbelanjaan atau online pastikan prosedur keamanan kartu kredit Anda terjaga. Terkait masalah yang satu ini salah satu contohnya adalah ketika Anda makan di restoran berbintang yang melayani penggunaan kartu kredit pastikan pelayan di kasir tidak melakukan penggesekan kartu dua kali dan dirinya tidak melihat saat Anda memasukkan pin kartu kredit, karena dimungkinkan saat Anda lengah, kartu kredit tersebut akan disalahgunakan.

Membuat kartu kredit tambahan dengan kontrol keuangan yang benar

Adakalanya seorang pemegang kartu kredit diperbolehkan memiliki kartu kredit tambahan yang dapat dipergunakan oleh orang yang ditunjuk untuk memegang kartu kredit tersebut, contohnya saja seorang ayah memberikan kartu kredit pada kedua anaknya untuk digunakan dengan limit khusus. Terkait hal ini jika sang ayah tidak memberikan pengontrolan pada sang anak akan riwayat transaksi yang dilakukan bukan tidak mungkin tagihan yang dibayar saat jatuh tempo akan sangat besar. Oleh karena itu, jika Anda memberikan fasilitas kartu kredit tambahan pada anggota keluarga lainnya, pastikan orang tersebut sudah berusia diatas 18 tahun dan mengerti bagaimana pengelolaan keuangan, sehingga nantinya kartu kredit tambahan yang dimiliki dapat digunakan sebagaimana mestinya. Dengan memperhatikan hal-hal diatas, Anda akan mampu mencegah tagihan gaib pada kartu kredit anda yang datang setiap bulannya.