Mencari Investasi Emas Yang Aman Dan Menguntungkan

By on October 7, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 2,856 kali
Pasar Emas

Mencari Investasi Emas Yang Aman Dan Menguntungkan

Kegiatan berinvestasi makin digemari beberapa tahun belakangan ini. Salah satu investasi yang masih diminati adalah investasi emas, baik itu berbentuk logam mulia ataupun perhiasan. Mengapa masih banyak yang memilih investasi ini? Ini dikarenakan investasi emas cenderung aman dan juga menguntungkan. Tetapi belakangan ini nampaknya harga emas semakin menurun, meskipun sebelumnya cenderung naik.

Ketika dimintai komentar akan peristiwa penurunan harga emas ini, beberapa investor berkata bahwa inilah waktu yang paling tepat untuk berburu dan memborong emas. Kemudian emas itu akan disimpan lalu dijual ketika harganya sudah kembali stabil atau sedang naik. Orang-orang ini mengategorikan emas sebagai investasi yang aman dan juga menguntungkan karena investasi emas sendiri praktis dan minim resiko karena bentuk fisik emasnya dikelola langsung oleh sang investor. Selain itu, emas juga mudah dijual sewaktu-waktu sang investor membutuhkan dana. Dewasanya, investasi emas sendiri dibagi-bagi dalam beberapa jenis. Agar Anda tahu manakah investasi emas yang aman dan menguntungkan, perhatikan perbedaan diantara beragam jenis investasi emas berikut ini.

Paling pertama adalah investasi emas perhiasan. Dilihat dari berbagai segi, investasi emas yang aman dan menguntungkan ini memang jauh lebih baik daripada menabung di bank. Sayangnya, keuntungan yang didapatkan oleh sang investor mungkin sangat minim. Ini dikarenakan emas yang berbentuk perhiasan sudah didesain, dan dalam penjualannya toko emas/ pembeli tak akan menghitung jasa pembuatannya ini.

Beralih ke investasi emas berbentuk batangan dan koin. Karena tidak didesain layaknya emas, logam mulia berbentuk batangan ini tentu saja termasuk ke dalam investasi emas yang aman dan menguntungkan. Untuk investasi emas koin sendiri, angat cocok untuk Anda yang menabung untuk biaya menunaikan ibadah haji.

Investasi sertifikat dan saham emas adalah investasi emas yang jauh berbeda dari jenis-jenis sebelumnya. Karena investasi ini tidak berbentuk fisik, melainkan sertifikat yang berguna sebagai tanda bukti kepemilikian emas yang disimpan di bank. Kemudian, investasi saham emas hampir mirip dengan investasi saham biasa. Bedanya, investor harus membeli saham yang dimiliki oleh salah satu perusahaan pertambangan emas.

Jenis investasi emas yang aman dan menguntungkan yang paling terakhir adalah kontrak emas berjangka. Investasi jenis ini didukung oleh kemajuan teknologi sebagai salah satu investasi yang memakai fasilitas online trading dan didukung oleh divisi analis dan riset. Jenis investasi emas yang satu ini sangatlah fleksibel karena Anda dapat mengetahui kapan harus membeli emas dan kapan harus menjualnya. Nah itu dia beberapa jenis dari investasi emas yang aman dan menguntungkan. Semoga dengan mengetahui perbedaannya, Anda dapat memilih investasi manakah yang paling tepat untuk Anda.