Menariknya Bisnis Properti yang Mengundang Banyak Keuntungan

By on December 4, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 247 kali

Investasi Properti – Bisnis properti merupakan bisnis dengan membeli, menjual, menyewakan properti seperti tanah maupun bangunan. Properti ini bisa digunakan sebagai bisnis maupun investasi.
Bagaimana cara melakukan bisnis properti?

Sistem beli-jual
Sistem ini merupakan sistem dimana kita memebeli properti lalu menjualnya lagi dengan harga yang lebih mahal. Dalam hal ini anda tidak boleh sembarangan langsung menjual kembali dengan harga yang sangat mahal, tetapi anda juga harus melihat harga pasar. Karena bila anda menjualnya dengan harga yang sangat tinggi melebihi harga pasar, maka konsumen pun juga akan berpikir dua kali lipat untuk membelinya. Dalam sistem ini anda membutuhkan kesabaran dan pintar untuk menganalisa harga pasar. Karena harga properti naik dengan jangka waktu tertentu, sehingga apabila anda sudah membellinya, untuk menjualnya kembali memerlukan jangka waktu yang pas untuk menjual dengan harga tinggi.

Sistem sewa
Sistem ini jauh lebih banyak diminati karena kita tidak akan kehilangan aset properti kita, tetapi mendapatkan dana untuk sewanya seperti sewa kos, villa, penginapan. Keuntungan yang didapat dalam sistem sewa ini tidak langsung besar, tetapi bisa memenuhi pendapatan anda setiap bulan atau tahun. Anda membutuhkan strategi pasar untuk menggunakan sistem ini, seperti contohnya peminatnya mahasiswa yang membutuhkan kos murah, maka anda bisa membangun kos sederhana untuk remaja tetapi dengan harga yang terjangkau. Begitu pula dengan sasaran pasar lainnya. Dengan menyediakan properti yang sesuai minat pasar, maka properti anda akan terus dicari meski konsumen anda telah pergi.

Apa saja manfaat berinvestasi properti?

  1. Harga properti selalu naik sehingga anda sering mendapat keuntungan daripada kerugian.
    Kenapa? Karena nilai-niai properti cenderung naik dibanding turun. Harga tanah misalnya, selalu naik dari tahun ke tahun karena peminatnya banyak untuk membangun tempat tinggal tetapi jumlah tanah terbatas. Sehingga harga tanah pun naik karena langka.
  2. Dapat dijadikan sebagai tabungan.
    Inilah mengapa properti merupakan investasi yang menguntungkan karena bisa dijadikan sebagai tabungan. Anda bisa membangun kos ataupun kontrakan rumah sesuai minat pasar, sehingga properti anda akan menghasilkan pendapatan tetap anda tiap bulan atau tiap tahun
  3. Memiliki risiko kecil
    Setiap bisnis maupun investasi selalu memiliki risiko, tetapi bisnis properti memiliki risiko kecil. Apabila anda memiliki properti berupa tanah, maka tidak ada risiko apapun seperti kerusakan, paling hanya membasmi gulma agar lebih bersih. Bagi anda yang memiliki bisnis properti kos atau kontrakan rumah, maka sebaiknya anda bersihkan setiap saat apabila belum ada konsumen yang memakai.
  4. Tidak terpengaruh inflasi
    Investasi properti tidak terpengaruh infllasi seperi naiknya mata uang, langkanya bbm, keadaan politik dan lainnya. Berbeda bagi anda yang investasi uang berupa saham, maka anda harus siap-siap menghadapi fluktuasi sahan.
  5. Bisa menggunakan modal pinjaman
    Nah, bisnis properti juga sama dengan membangun bisnis lainnya. Anda bisa menggunkana modal pinjaman dari bank misalnya. Anda bisa membeli properti berupa DP yang hanya 20-30 % yang bisa anda dapatkan dari bank, kemudian anda sewakan properti anda untuk mendapatkan pendapatan untuk mencicil pinjaman bank. Artinya bermain dengan pinjaman, maka anda juga harus pintar dalam memutar siklus uang. Anda mendapatkan pinjaman dari bank, anda bisa melunasinya dengan bisnis properti dan juga masih memiliki kelebihan yang didapatkan walau mungkin sedikit. Nantinya kalau anda sudah bisa membayar lunas pinjaman, maka keuntungan seratus persen bisa anda miliki.

Bagaimana? Jangan ragu dan silakan memulai bisnis properti sesuai keinginan anda.