Memulai Investasi Saham Syariah Bagi Pemula

By on July 21, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 360 kali

Investasi Saham – Untuk anda yang ingin memulai investasi maka tidak ada salahnya anda mencoba investasi saham syariah. Investasi saham syariah ini menjadi investasi yang banyak digemari oleh banyak orang akhir-akhir ini. Investasi syariah ini hampir sama dengan investasi biasa namun perbedaannya adalah investasi ini diatur dan dikelola dengan cara yang disesuaikan dengan syariat islam. Untuk memulai investasi saham syariah bagi pemula maka anda bisa memperhatikan cara berikut ini: (Baca juga: Tips Memilih Investasi Saham Bagi Pemula)

1. Jika anda ingin mulai melakukan investasi saham syariah maka anda harus mendaftarkan diri terlebih dahulu dengan membuka rekening pada perusahaan sekuritas investasi saham syariah. Untuk anda yang masih pemula dan tidak tahu cara memilih perusahaan sekuritas yang baik maka anda bisa memilih perusahaan sekuritas yang merupakan anak perusahaan dari BUMN. Maksud dari anak perusahaan BUMN adalah perusahaan yang terdaftar sebagai anggota bursa efek Indonesia. Untuk perusahaan sekuritas yang terdaftar maka anda tidak perlu membayarkan biaya bulanan dan investasi saham syariah ini dapat terjamin. (Baca juga: Menilik Kelebihan dan Kekurangan Investasi Saham)

2. Setelah anda membuka rekening maka langkah selanjutnya adalah melakukan deposit. Anda harus melakukan deposit sesuai dengan intruksi dari perusahaan sekuritas yang anda pilih. Biasanya perusahaan tersebut akan mensyaratkan biaya minimal untuk melakukan deposit. Anda bisa melihat pelayanan yang diberikan oleh perusahaan sekuritas ini.

3. Setelah itu, anda akan diminta untuk mengisi formulir dan melengkapi berkas-berkas untuk melakukan investasi saham syariah. Anda bisa menunggu beberapa hari sebelum anda bisa melakukan investasi ini.

4. Setelah akun anda aktif maka anda bisa mulai melakukan transaksi. Anda harus berhati-hati dengan memilih broker yang berpengalaman dan terpercaya.

Hal yang perlu diketahui sebelum investasi saham syariah

Sebelum anda melakukan investasi saham syariah maka anda perlu memperhatikan hal berikut ini:

1. Anda harus memiliki pengetahuan yang cukup untuk melakukan investasi ini. Anda bisa belajar terlebih dahulu agar lebih siap untuk melakukan investasi.

2. Anda sebaiknya tidak hanya berfikir mengenai profit tetapi juga memandang resiko yang bisa ditimbulkan oleh investasi ini.

Cara memilih investasi saham syariah yang baik

Ada banyak sekali investasi saham syariah yang ditawarkan oleh perusahaan sekuritas. Anda harus memilih investasi saham yang terbaik sehingga mendapatkan profit yang maksimal dan dana anda dapat terjamin. Berikut cara memilih investasi saham syariah yang terbaik:

1. Anda sebaiknya mulai memilih investasi saham syariah yang terdaftar secara resmi di perusahaan bursa efek Indonesia. Anda juga bisa memperhatikan sepak terjang dari investasi saham yang anda inginkan. Anda bisa memilih sebanyak mungkin investasi saham yang anda inginkan dan akan anda pilih satu yang terbaik nantinya. Pada tahap ini, anda bisa memilih setidaknya 8 sampai dengan 10 investasi saham syariah yang anda inginkan.

2. Setelah itu, anda bisa menyortirnya kembali hingga anda mendapatkan 5 investasi saham syariah yang terbaik. Anda harus menyortirnya dengan cara memilih investasi saham syariah yang berasal dari sektor bisnis yang anda pahami. Anda bisa mulai mengurutkan berdasarkan sektor bisnis yang anda pahami sampai yang anda tidak mengerti sama sekali. (Baca juga: Mengenal Saham Dan Tips Menjadi Investor Saham yang Pintar)

3. Anda bisa menyortir kembali investasi saham syariah ini hingga anda mendapatkan 3 terbaik. Untuk tahap ini, anda bisa menyortirnya dengan mengurutkan jumlah dana yang anda punya dengan dana minimum investasi tersebut. Hal yang paling penting bukan murah atau tidaknya harga saham tersebut namun bagaimana pergerakan dari saham tersebut setiap bulan atau tahunnya. Anda bisa menyesuaikannya dan memilih 3 investasi saham syariah yang paling stabil.

4. Langkah terakhir adalah anda bisa memilih 1 sampai dengan 2 investasi saham syariah yang anda inginkan. Cara yang terakhir ini anda bisa mengamati manajer investasi dari saham syariah yang ingin anda beli. Anda bisa melihat dan membandingkan kualitas dan pengalaman dari manajer investasi tersebut sehingga dana yang dikelola menjadi aman. Anda juga bisa memperhatikan cara pembagian investasi saham syariah ini menurut syariat islam.