Memulai Bisnis Kafe Untuk Kalangan Mahasiswa

By on December 11, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 539 kali

Inspirasi Bisnis – Memulai bisnis kafe tentunya bukan hal yang mudah terutama ketika Anda adalah seorang mahasiswa yang belum memiliki banyak pengalaman di dunia bisnis. Meski demikian, hal tersebut tidak boleh dijadikan penghalang untuk mengembangkan kreativitas diri. Oleh karena itu, jika Anda ingin membuka bisnis di bidang kafe, cobalah untuk memperhatikan beberapa hal berikut.

Asal modal

Ketika Anda adalah seorang mahasiswa ada kemungkinan permasalahan utama yang akan dihadapi adalah masalah modal. Dalam hal ini ada berbagai macam cara yang dapat dilakukan untuk mengumpulkan modal cukup agar Anda dapat membuka kafe.

  • Dukungan orangtua
    Cobalah utarakan pada keluarga tentang keinginan untuk membuka kafe dan kemungkinan untuk meminta bantuan dalam mengajukan pinjaman bank. Namun untuk hal ini, Anda harus memiliki perhitungan yang cukup matang terkait masalah properti yang akan Anda gunakan saat berdagang maupun biaya lainnya seperti gaji pegawai jika menggunakan pegawai, biaya listrik, dan telpon. Jika orangtua Anda mendukung keinginan Anda, usahakan modal pinjaman yang mereka berikan tidak akan memberatkan kedua belah pihak dengan mematangkan konsep kafe yang ingin Anda miliki.
  • Join member
    Jika Anda tidak ingin terlalu tergantung pada orangtua, cobalah untuk mengumpulkan modal dengan bekerjasama bersama teman-teman Anda yang kebetulan memiliki ide yang sama. Utarakan keinginan Anda dan berikan simulasi jumlah modal yang harus diberikan oleh setiap teman untuk memulai usaha. Ketika membangun kafe, Anda dapat juga memberdayakan kemampuan manajerial yang dimiliki oleh teman-teman Anda sehingga akan lebih hemat biaya dibanding Anda harus merekrut banyak pegawai.
  • Pihak sponsorship
    Salah satu cara yang dapat Anda lakukan saat ingin membangun bisnis kafe adalah mencari sponsor untuk usaha Anda. Pencarian link sponsor dapat Anda ketahui melalui media internet atau media pemerintahan yang mendukung usaha pemula.

Jenis hidangan kafe

Ketika Anda ingin membuka usaha di bidang kafe, satu hal yang harus Anda pastikan adalah hidangan utama yang menjadi ciri khas kafe tersebut. Anda harus menyesuaikan jenis hidangan yang ingin dijual dengan tema yang diusung. Pastinya agar pelanggan betah berlama-lama di kafe Anda untuk menikmati hidangan. Contohnya Anda memiliki kafe dengan tema laut, dalam hal ini Anda tidak perlu menggunakan air laut untuk membuat hidangan, namun cobalah berikan variasi nama hidangan yang bertema laut atau membuat hidangan kue atau minuman yang didominasi warna biru. Meski demikian, jangan lupa untuk memastikan bahwa hidangan yang dibuat tidak menggunakan bahan berbahaya didalamnya dan memiliki citarasa yang lezat.

Sistem promosi

Ketika Anda membicarakan masalah bisinis khususnya bisnis kafe, setelah mempertimbangkan masalah modal dan jenis hidangan utama kafe, Anda juga harus memikirkan sistem promosi yang efektif. Sistem promosi tanpa membutuhkan banyak uang dapat dilakukan dengan memajang foto hidangan disertai tag promosi di media sosial seperti instagram dan facebook. Cara lain yang dapat Anda lakukan untuk promosi adalah memberikan diskon khusus pada teman-teman pada saat mereka mencoba hidangan Anda. Terkait sistem promosi dengan cara tersebut, jangan lupa untuk meminta teman yang sudah menikmati hidangan memberikan testimoninya dan menyebarkan pada anggota keluarga serta teman yang lain, sehingga secara tidak langsung kafe yang Anda bangun akan mendapatkan pelanggan yang makin bertambah tiap harinya. Semoga bahasan mengenai cara memulai bisnis kafe diatas, memberi inspirasi untuk Anda.