Mempersiapkan Modal Awal Investasi Reksadana

By on May 20, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 1,449 kali

Investasi Reksadana – Ketika Anda mulai tertarik untuk mencoba berinvestasi, mengapa tidak terlebih dahulu mencoba berinvestasi di Reksadana. Anggap saja Reksadana adalah wadah untuk menguji serta melatih Anda masuk ke dalam dunia investasi ini. Mengapa Reksadana ditujukan bagi para pemula? Ini dikarenakan berinvestasi di Reksadana membutuhkan proses yang relatif mudan dan memerlukan modal awal yang relatif kecil sebagai perkenalan pertama Anda terhadap dunia pasar modal dan investasi.

Modal awal investasi Reksadana dapat beragam sesuai dengan jenis dan produk Reksadana yang menarik perhatian Anda. Mulai investasi dengan menentukan jenis Reksadana yang terbagi menjadi beberapa jenis, seperti Reksadana Pendapatan Tetap, Reksadana Pasar Uang, Reksadana Saham, Reksadana Campuran, Reksadana Terproteksi, Reksadana Syariah, Reksadana Dollar, dan Reksadana Indeks & ETF.

Dalam memilih jenis dan produk serta menyiapkan modal awal investasi Reksadana, cobalah untuk menjawab beberapa pertanyaan seperti ini. Berapakah target yang ingin Anda capai? Berapa lama jangka waktu yang Anda butuhkan untuk mencapainya? Apa tujuan Anda berinvestasi? Apakah untuk dana naik haji? Menabung untuk dana pensiun? Apakah untuk masa depan anak-anak Anda? Atau untuk tujuan yang lainnya. Berinvestasi ibaratnya seperti menunda kesenangan hari ini demi masa depan yang lebih cerah. Nah, sidah siapkan Anda untuk benar-benar masuk ke dunia ini? Coba pikirkan matang-matang, karena niatlah modal awal investasi Reksadana yang sebenarnya.

Setelah membulatkan tekad, kini saatnya mempersiapkan data-data serta modal awal investasi Reksadana dalam bentuk uang untuk membuka rekening reksadana. Siapkan beberapa fotokopi identitas dan jangan lupa untuk mengisi formulir yang sudah disediakan. Dengan Nilai Aktiva Bersih atau NAB dan Unit Penyertaan atau UP, Anda dapat menghitung satuan dan modal awal investasi Reksadana yang Anda butuhkan. Misalnya saja Anda berencana untuk membeli 1.000 UP untuk Reksadana A yang hari ini harga NAB-nya Rp. 1.500. Make modal awal investasi Reksadana yang Anda butuhkan adalah Rp. 1,5 juta.

Untuk setiap setengah tahun atau tiap tahunnya, laporan investasi Reksadana Anda akan dikirimkan langsung oleh Manajer Investasi. Melalui kenaikan NAB tiap tengah tahun atau tiap tahunnya, Anda akan mendapatkan keuntungan dalam investasi Anda. Contohnya saja pada akhir tahun NAB Reksadana A naik menjadi Rp. 1.700, maka Anda mendapatkan keuntungan Rp. 200 ribu ketika mencairkannya. Namun, hal ini juga berlaku kebalikannya. Saat NAB turun, maka yang Anda peroleh adalah kerugian.

Memang modal awal investasi Reksadana relatif terjangkau jika dibandingkan investasi bisnis, properti, maupun saham. Namun karena kinerja yang kurang optimal, investasi di Reksada tidak bisa dijadikan pilihan utama bagi Anda yang benar-benar serius dan sudah berpengalaman terjun ke dunia investasi ini.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty