Memiliki Rumah Di Mana Anda Dapat Merasa Aman

By on June 25, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 304 kali

Investasi Properti – Apakah dunia semakin lebih berbahaya atau tidak masih bisa diperdebatkan. Namun, keselamatan keluarga Anda harus selalu menjadi perhatian utama dan memang demikian. Apakah Anda baru saja menjadi korban pencurian atau hanya cemas untuk meninggalkan anak-anak Anda di rumah sendirian, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan keamanan di sekitar rumah. Sementara tidak ada bukti atau jaminan, membuat sedikit perubahan dapat menghalau kekacauan dan memberikan ketenangan pikiran.

Potong semak-semak dari trotoar, jendela dan pintu sehingga jalan terlihat dan tidak ada penyusup yang dapat bersembunyi di lansekap Anda. Pasang pula lampu detektor gerak yang akan membanjiri daerah tersebut dengan cahaya pada saat ada kehadiran makhluk hidup atau gerakan lainnya.

Membuat lubang pengintai tamu di pintu gerbang sehingga keluarga Anda dapat melihat siapa orang yang akan masuk sebelum Anda membukakan pintu gerbang. Walau sistem keamanan seperti ini tidak populer di Indonesia,  ada pula semacam alat optik pengintai yang dapat dipasang tepat di pintu masuk utama rumah Anda. Ini biasanya untuk rumah berbentuk apartemen. Pasangan ini dengan pintu kualitas (kayu solid adalah yang paling aman) pada bingkai yang baik dengan kunci yang layak.

Piaralah anjing. Meskipun anjing tidak akan menghalangi semua pencuri, anjing tetap memiliki potensi untuk menakut-nakuti orang atau memberitahukan tetangga saat Anda tidak di rumah. Dan jangan lupa tulisan “Awas Anjing Galak!”, yang mungkin berguna bahkan jika Anda tidak benar-benar memiliki seekor anjing.

Ide lain adalah dengan menggunakan CCTV. Dewasa ini kamera CCTV sudah dijual dengan rentang harga yang lebih beragam dibandingkan dulu. Tinggal pilih merk yang sesuai dengan kantong Anda dan kamera CCTV ini sudah dapat Anda miliki. Bahkan sekarang kamera CCTV sudah ada yang dapat langsung dikoneksikan dengan laptop pribadi Anda dan dijual dengan harga terjangkau. CCTV sudah bukan lagi sistem keamanan untuk bisnis atau perusahaan. Fungsi dan harganya kini telah diperluas untuk keperluan keluarga / perorangan.

Sebuah sistem keamanan berbentuk alarm yang dipantau juga dapat menjadi penghalang besar. Posting tanda-tanda peringatan bahwa rumahAnda sedang dalam keadaan waspada, bahkan jika Anda tidak mampu melihat hal yang nyata. Berbagi jadwal dapat mencegah pencuri yang mengawasi rumah. Menggunakan timer untuk menyalakan dan mematikan lampu dapat memberikan kesan bahwa seseorang ada di rumah. Ini juga berguna ketika akan pergi untuk waktu yang cukup lama. Mengatur radio atau televisi dengan timer juga dapat memberikan kesan bahwa rumah dihuni sehingga memperkecil peluang masuknya pencuri.

Selain itu apabila Anda akan pergi untuk sementara waktu, batalkan pengiriman surat kabar dan meminta seorang teman terpercaya untuk mengambil surat. Mengembangkan hubungan yang ramah dengan tetangga juga dapat membantu dengan keamanan. Ketika Anda tahu siapa yang tinggal di lingkungan Anda, lebih mungkin untuk melihat perilaku yang mencurigakan.

Jangan memberikan pencuri insentif: ketika Anda membeli peralatan baru atau elektronik, jangan meninggalkan kotak Anda di pinggir jalan sehingga semua mata melihat. Hancurkan atau daur ulanglah kotak tersebut.

Jauhkan barang-barang berharga dari pandangan. Jangan membiarkan alat atau sepeda gunung tergeletak di sekitar halaman di mana pencuri mungkin memungut mereka atau tertarik untuk melihat apa lagi yang Anda miliki. Alat ini juga dapat digunakan untuk masuk ke rumah Anda, jadi pastikan untuk menjaga gudang Anda tetap terkunci.

Cari tempat yang bagus untuk menyembunyikan barang-barang berharga Anda di dalam rumah Anda. Sebuah kotak yang aman api dapat melindungi harta Anda dari api, tapi banyak kunci yang mudah rusak. Brankas harus dibangun untuk dinding atau struktur lainnya, tersembunyi baik dan tetap terkunci. Ini juga ide yang baik untuk menyusun daftar dan memotret semua harta Anda sebagai catatan untuk perusahaan asuransi Anda. Dalam kasus orang menerobos masuk, ini akan membantu menyederhanakan klaim asuransi Anda.