Memilih Strategi Investasi yang Cocok Dengan Anda

By on August 23, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 894 kali

Edukasi – Menyiapkan dana besar di masa tua sejak dini sudah sangat dianjurkan bagi siapa pun yang berada dalam usia produktif bekerja. Dengan kondisi masa depan yang tidak bisa diprediksi, tentu membuat semua orang yang peduli akan masa depan yang lebih baik perlu tetap berjaga-jaga, terutama dalam hal keuangan.

Biasanya para pekerja, apalagi pekerjaan pertama identik dengan menghabiskan seluruh gaji untuk bersenang-senang hingga akhirnya kebiasan ini terus menerus berlanjut hingga pekerjaan yang kedua, ketiga dan seterusnya. Tentu kebiasaan ini harus dihentikan jika menginginkan sebuah masa depan dengan keuangan yang stabil. Supaya uang gaji yang didapatkan dari kerja keras selama ini tidak terbuang sia-sia dan tidak menghasilkan apa-apa, ada baiknya untuk mulai mengalokasikan gaji untuk mulai berinvestasi. Cara memilih strategi investasi yang cocok untuk Anda, para pekerja kantoran bisa dengan beberapa cara yang tidak memerlukan resiko yang tinggi. Tapi sebelum membahas memilih strategi investasi yang cocok dengan Anda, sebaiknya perhatikan dulu tips investasi bagi Anda yang bekerja, terlebih lagi fresh graduate.

Pertama

Alokasikan gaji untuk kebutuhan investasi sejak awal, minimal 10 persen dari penghasilan. Akan lebih baik lagi jika di atas 10 persen.

Kedua

Sebaiknya mulai investasi sejak dini, saat usia masih muda. Apalagi resiko keuangannya masih belum terlalu tinggi karena belum ada kebutuhan anak dan lainnya. Pilih produk investasi yang memberikan imbal hasil tinggi. Cari produk investasi yang agresif dan memberikan imbal hasil tinggi. Memang, biasanya produk ini memiliki resiko tinggi juga tetapi karena Anda masih tergolong muda untuk dapat mencarinya lagi dan dapat menambahkan dengan kerja sampingan.

Ketiga

Produk investasi yang dapat menjadi pilihan untuk Anda yang baru bekerja, antara lain adalah emas batangan, reksa dana saham, reksa dana campuran serta terjun langsung ke investasi saham.

Keempat

Fokus dengan tujuan investasi. Fokus dengan tujuan jangka panjang. Ketika terjadi gejolak di jangka pendek, jangan mudah tergoda untuk melepaskannya, misalnya harga emas sedang turun, tetapi karena Anda tidak menjual maka akan mengalami kerugian. Tetap fokus dengan tujuan Anda.

Kelima

Evaluasi hasil investasi Anda. Bila memang dinyatakan tidak sesuai dengan hasil yang Anda harapkan, maka teruslah mencari dan menambah produk lainnya. Alokasi anggaran dari gaji memang dipastikan untuk investasi, pastikan hal itu dan tidak menggunakan untuk mengalokasikan dana kebutuhan lainnya.

Dengan rentan usia yang muda, di bawah 30 tahun, memilih strategi investasi yang cocok untuk Anda adalah investasi di saham. Dengan return saham rata-rata 25% per tahun, saham bisa dijadikan instrument investasi jangka panjang. Bandingkan dengan obligasi yang rata-rata memberikan imbal hasil hanya 7,25% per tahun atau bunga deposito yang hanya rata-rata 7% per tahun. Sementara inflasi terus naik bahkan bisa lebih dari 7%.

Incoming search terms:

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty