Memilih Saham Sebagai Pilihan Berinvestasi

By on February 20, 2017 | Artikel ini Sudah di baca 314 kali

Investasi Saham – Sejak kecil Anda mungkin sudah diajarkan untuk menyisihkan sebagian uang untuk disimpan dan digunakan saat diperlukan. Ya, menabung memang kebiasaan yang sangat baik. Sayangnya, seringkali tabungan Anda tidak dapat mengimbangi laju inflasi. Sehingga Anda perlu menemukan cara pintar untuk mengatur keuangan untuk memenuhi semua kebutuhan sekarang dan masa depan.

Menabung di bank dapat mengamankan uang Anda untuk dipakai beberapa bulan ke depan. Namun bagaimana dengan persiapan dana jangka panjang seperti dana rekreasi, dana pensiun, dana perjalanan religi, dana untuk membeli aset, dan juga pendidikan anak Anda? Solusi untuk ini tentu saja adalah investasi yang jelas-jelas returnnya dapat mengalahkan inflasi. Banyak sekali pilihan atau objek yang bisa digunakan untuk berinvestasi, seperti investasi emas, properti, Reksadana, obligasi, dan saham. Diantara pilihan-pilihan tersebut, investasi sahamlah yang memiliki return paling besar.

Memilih saham sebagai pilihan berinvestasi memerlukan pertimbangan yang cukup matang. Perlu diketahui jika saham sendiri adalah surat berharga yang dapat diperjual-belikan oleh perorangan atau lembaga di pasar tempat surat ini diperdagangkan. Saham adalah instrumen investasi di pasar keuangan yang paling popular. Biasanya banyak perusahaan yang mendapatkan pendanaan dengan cara menerbitkan saham. Di sisi lain, saham mampu memberikan tingkat keuntungan dalam jumlah yang cukup menarik bagi para investor. Sebagai surat berharga, saham ini didefinisikan sebagau tanda penyertaan modal. Anda memiliki klaim atas keuntungan sebuah perusahaan ketika memiliki saham perusahaan tersebut.

Dewasanya setiap pilihan investasi memiliki peluang keuntungan dan potensi kerugiannya tersendiri. Contohnya saja ketika berhadapan dengan tabungan dan deposito, Anda tidak perlu takut uang Anda hilang karena tersimpan dengan keamanan yang sangat ketat, namun keuntungan dari tabungan dan deposito ini sangatlah kecil. Begitu pula yang terjadi pada investasi saham. Ketika memilih saham sebagai pilihan berinvestasi, Anda harus siap menerima baik itu keuntungan dan resikonya.

Saham memiliki return yang besar dalam waktu singkat. Ada pula keuntungan deviden yang bisa Anda dapatkan dari perusahaan yang Anda beli sahamnya. Deviden ini dibagikan pada waktu-waktu tertentu, terutama ketika perusahaan tersebut tengah mendulang untung. Untuk jumlah deviden yang dibagikan, biasanya hal ini akan lebih dahulu dibicarakan dalam RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham).

Seperti yang sebelumnya sudah pernah dikatakan, Anda harus menanggung segala resikonya ketika memilih saham sebagai pilihan berinvestasi. Selain high return, saham juga high risk loh. Harga sebuah saham bisa saja tiba-tiba turun atau dihapuskan. Belum lagi jika perusahaan yang Anda pegang sahamnya dinyatakan bangkrut. Pemegang saham tidak mendapatkan apa-apa, jika perusahaan tersebut tidak memiliki sisa kekayaannya. Ini dia resiko paling besar saat memilih saham sebagai pilihan berinvestasi.

Masih tertarik untuk berinvestasi saham? Banyak-banyaklah belajar dan bertanya.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty