Memilih Reksadana Sesuai Tujuan Keuangan Untuk Pemula

By on July 20, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 707 kali

Investasi Reksadana – Kebanyakan dari investor pemula masih agak takut dalam menghadapi resiko. Rata-rata para pemula ini hanya berani memilih instrumen dengan resiko yang kecil, meskipun keuntungan yang didapatkan juga kecil. Jarang sekali terlihat investor pemula yang tertarik untuk mencoba instrumen investasi yang profil resikonya besar seperti investasi saham. Namun, ini memanglah hal yang wajar dilakukan oleh orang-orang yang baru masuk kedalam dunia investasi. Semua bermula dari hal yang kecil terlebih dahulu.

Hal ini juga terbilang wajar karena masih banyak orang yang belum memahami betul mengenai instrumen-instrumen investasi yang ada. Kebanyakan dari mereka masih terbiasa dengan tabungan dan juga deposito. Dalam pola pikir para investor pemula ini, mereka hanya beranggapan akan mendapatkan keuntungan secara otomatis dengan hanya menaruh sejumlah uang setiap bulannya. Namun sebenarnya tanpa mereka sadari nilai pokok simpanan yang tersimpan didalam tabungan atau deposito tersebut akan semakin terus tergerus oleh inflasi semakin berjalannya waktu. Untuk keluar dari masalah ini, investasi Reksadana adalah instrumen investasi yang paling tepat untuk para pemula. Marilah sama-sama kita pahami jenis investasi ini untuk memilih Reksadana sesuai tujuan keuangan Anda.

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan dalam memilih Reksadana sesuai tujuan keuangan. Yang pertama adalah dengan menentukan rencana keuangan Anda. Untuk apakah uang tersebut? Seberapa besar uang yang Anda butuhkan? Atau berapa lama lagi uang tersebut digunakan? Inilah yang harus Anda pikirkan ketika memilih Reksadana sesuai tujuan keuangan.

Tahap berikutnya adalah dengan memahami jenis-jenis investasi Reksadana dan mengidentifikasi resiko yang dimilikinya masing-masing. Ada yang disebut dengan Reksadana pasar uang yang resikonya paling kecil dengan return sekitar 0,5% per bulannya. Memang hampir sama dengan deposito, namun bedanya tidak adanya dana untuk masuk dan juga keluar. Untuk Anda yang membutuhkan dana sekitar 5 sampai 10 juta rupiah dalam jangka waktu sekitar 6 bulan sampai 1 tahun, maka Reksadana inilah yang paling tepat.

Kemudian berpindah ke Reksadana pendapatan tetap yang memiliki return sekitar 7% sampai 12% per tahun dengan resiko yang sedikit lebih tinggi dari pada Reksadana pasar uang. Kadangkala, Anda juga bisa mendapatkan return sampai mencapai 20% atau lebih. Reksadana pendapatan tetap ini bagus untuk tujuan keuangan yang lebih besar dengan jangka waktu sekitar 1 sampai 3 tahun.

Beralih ke jenis Reksadana yang resikonya lebih tinggi lagi. Jika Anda memilih Reksadana sesuai tujuan keuangan yang membutuhkan dana sekitar 100 juta dalam waktu 5 tahun, Anda dapat memilih jenis Reksadana yang satu ini. Untuk keuangan per tahunnya, Anda bisa mendapatkan profit sekitar 9% sampai 18%.

Dan, pilihan yang terakhir dan paling beresiko adalah Reksadana saham. Meskipun memiliki resiko yang besar, namun tentu saja keuntungannya juga besar. Untuk Anda yang memilih Reksada sesuai tujuan keuangan dalam jangka waktu yang panjang sekitar 5 tahun keatas, maka pilihlah Reksadana saham ini. Semoga dengan memahami dan mengerjakan investasi ini dengan sungguh-sungguh, semua tujuan keuangan Anda nantinya dapat tercapai.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty