Memilih Manajer Investasi Reksadana

By on June 27, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 2,153 kali
Investasi-Reksadana

Memilih Manajer Investasi Reksadana

Setelah pada sebelumnya kita telah sedikit banyak membahas tentang reksadana maupun jenis-jenisnya, namun itu saja tidaklah cukup. Anda sebagai investor juga harus pandai memilih suatu perusahaan manajer investasi untuk mengelola investasi reksadana anda.

Sebenarnya ada beberapa faktor yang perlu untuk anda perhatikan apabila ada seseorang yang akan memilih Manajer Investasi . Seperti seorang investor disarankan untuk mempelajari terlebih dahulu mengenai integritas serta latar belakang manajer investasi tersebut, selain itu harus mengetahui pula gaya berinvestasinya, nasabahnya maupun jumlah dana yang akan dikelola manajer investasi. Tak kalah penting juga anda harus tahu kualitas pelayanan serta macam-macam tarif yang akan dibebankan. Perlu anda ketahui reksadana merupakan jenis produk investasi yang memiliki 3 ciri:

  • Well managed
  • Well Diversified
  • Well Regulated

Dari ketiga ciri tersebut merupakan tanggung jawab yang dilakukan oleh Manajer Investasi. Dengan berkemampuan menanam serta mengatur jenis-jenis suatu investasi yang tepat maka kita akan mengukur seberapa baik kualitas dari manajer Investasi tersebut. Selain itu kita perlu juga untuk mengukur suatu integritasnya. Oleh karena itu meskipun sekecil apapun besarnya dana yang anda investasikan pada investasi reksadana, maka anda tidak perlu malu untuk menanyakan perihal kredibilitas dari manajer Investasi yang akan mengelola dana milik anda.

Pada dasarnya ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam memilikis manajer investasi yang sesuai, simak berikut ini :

  • Pengalaman dari Manajer Investasi

Hal ini berdasarkan lamanya suatu perusahaan Manajer Investasi itu berdiri. Perlu diketahui ada beberapa Manajer Investasi di Indonesia yang sudah lalu lalang di keuangan Internasional selama beberapa tahun. Sehingga jelas Manajer Investasi tersebut sarat akan pengalaman dan bisa kita andalkan untuk mengelola keuangan kita. Informasi tersebut bisa anda lihat pada prospektus yang mereka kelola.

  • Sejarah Kinerjanya

Meskipun ini tidak bisa digunakan sebagai jaminan, namun pada umumnya manajer Investasi yang bagus akan memiliki hasil kinerja yang bagus pula dalam mengelola keuangan-keuangan sebelumnya. Jadi ini bisa kita lihat dari historis kinerja yang telah dilakukannya.

  • Gaya berinvestasinya

Seorang investor disarankan untuk mempelajari dan memahami gaya berinvestasi yang dilakukan tiap-tiap Manager Investasi apakah sesuai dengan target. Dalam memilih Manager Investasi biasanya seorang Investor cenderung memilih yang bisa memberikan keuntungan saja, padahal para investor seharusnya juga perlu mengenal gaya berinvestasinya juga.

  • Dukungan dari grup-grup suatu perusahaan

Biasanya masyarakat sangat memperdulikan faktor yang satu ini, hal ini bertujuan untuk meyakinkan diri mengenai Manajer Investasi akan bisa bertahan lama. Maksudnya apabila semakin besar grup yang mendukungnya maka juga akan semakin bagus.

  • Perhatikan besarnya suatu aset yang dikelola

Pada dasarnya apabila semakin besar suatu jenis aset yang dikelola maka keuntungan yang di dapatkannya pun juga akan lebih besar sehingga biaya yang dikeluarkan untuk investasi semakin efisien. Biasanya mereka juga mempunyai nilai tawar yang bagus dikarenakan dapat mengelola uang yang banyak, sehingga mereka dapat memperoleh harga yang lebih bagus ketika melakukan transaksi.

  • Pelajari jumlah nasabahnya

Dengan semakin banyak jumlahnya nasabah yang dilayaninya maka dari sana kita bisa menilai bahwa Manajer Investasi tersebut bisa kita andalkan dan juga bisa kita percayai. Selain untuk mengelola reksadana, tak jarang pula Manajer Investasi yang juga mengelola jenis portofolio milik nasabah. Jadi pada intinya semakin banyak dana investor yang dikelola berarti Manajer Investasi tersebut memiliki kualitas yang baik.

  • Yang terakhir, pelajari struktur biayanya.

Biasanya biaya-biaya yang dibebankan itu mencakup pengelolaan, pembelian serta penarikan. Jadi dengan semakin sedikitnya dana yang dibebankan tentu akan lebih hemat.

Yang tak kalah penting dari semua itu, tetap perhatikan faktor yang paling penting untuk memilih Manajer Investasi yaitu berdasarkan kualitas dalam pelayanannya. Sebab hal ini sangat dibutuhkan demi kenyamanan seorang investor yang hendak berinvestasi reksadana.