Memilih Manajer Investasi Reksadana Terbaik

By on October 20, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 340 kali

Investasi Reksadana – Dalam melakukan bentuk investasi reksadana, seringkali orang mengeluarkan pendapat dengan kata ‘jangan salah memilih manajer Investasi reksadana’. Memang tidak ada yang salah dengan kata tersebut. Namun bagi Anda yang belum tahu mengenai sipat dan apa fungsi dari manejer reksadana tentunya akan merasa bingung bukan? Pada dasarnya maneger reksadana adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengelola uang dari para investor dalam melakukan investasi reksadana yang dilakukan olehnya. Karena sebagai pihak yang membantu menglola investasi tersebut tentunya hal ini akan berhubungan dengan bentuk keuangan yang mungkin Anda dapatkan atau bahkan malah bentuk kerugian, karena cara mengelola yang dilakukan oleh manager tersebut tentunya akan menentukan bagaimana investasi yang tengah Anda lakukan. Oleh karena itu, munculah bentuk anggapan seperti yang sudah diungkapkan pada bagian di atas tadi. Untuk menghindari kerugian dan juga mencari bentuk manager terbaik, cobalah untuk mengikuti beberapa bentuk tips di bawah ini :

Melihat pengalaman

Manajer investasi yang bagus biasanya memiliki bentuk pengalaman dalam mengelola uang dari investor dengan sangat baik. Karena itu, cobalah untuk memilih manajer yang bernaung dari perusahaan pengelola investasi yang sudah terpercaya, seperti halnya memiliki track record yang bagus, serta sekurang-kurangnya sudah beroperasi selama minimal 5 tahun, sehingga sudah tidak diragukan lagi bentuk pengalaman yang dimiliki olehnya. Beberapa perusahaan tersebut juga terdapat di Indonesia, yang bahkan tidak jarang perusahaan ini merupakan cabang dari perusahaan terbaik dalam penyedia manajer keuangan yang bermula dari dunia internasional.

Memiliki kinerja konsisten

Selain bentuk pengalaman yang dimiliki oleh manajer keuangan, Anda juga perlu melihat bentuk kinerja yang dimiliki olehnya. Jika manajer keuangan tersebut memiliki bentuk kinerja yang naik turun atau pun tidak konsisten, maka Anda dapat meragukannya. Untuk kinerja itu sendiri, bisa Anda lihat melalui portofolio dari hasil investasi yang diantaranya pernah mereka kelola. Portofolio itu sendiri bisa Anda minta ketika hendak mendaftar reksadana. Kemudian setelah melakukan proses pemilihan, maka Anda pun tidak boleh melepaskan manajer tersebut untuk melakukan kerja sendiri, karena Anda selaku investor wajib untuk terus mengawasinya, sehingga hasil dari kerjanya pun dapat berjalan dengan konsisten dan sesuai dengan yang Anda inginkan.

Mengenali gaya berinvestasi

Pada beberapa kasus terdapat beberapa tipe menejer yang mana bisa menghasilkan bentuk timbal balik yang tinggi bagi jenis investasi yang Anda miliki, namun tidak jarang pula mereka mengambil resiko kerugian yang tinggi. Gaya investasi yang satu ini tentunya wajib untuk Anda perhatikan karena bisa saja membuat nilai investasi yang Anda lakukan mengalami bentuk kerugian yang cukup besar.  Karena itulah Anda harus melakukan penyesuaian dengan profil risiko serta gaya investasi dari manajer tersebut, sehingga bagi Anda yang lebih menyukai cara mana, maka cobalah untuk memilih jenis manajer yang memang tidak terlalu mengejar imbal balik yang tinggi, namun memiliki bentuk kinerja dengan cara yang konsisten

Transparansi Biaya

Setiap manajer investasi memang memiliki bentuk tarif yang berbeda-beda, biaya ini biasanya berhubungan dengan bentuk pembelian, pengelolaan dan juga penarikan dari reksadana. Namun Anda harus ingat bahwa tarif yang tidak tinggi belum tentu menjamin kepiawaian dari manajer investasi tersebut. Walaupun pada dasarnya memang kebanyakan manajer yang memiliki kredibel tinggi menetapkan bentuk tarif yang tinggi pula. Karena hal tersebut lah agar Anda merasa lebih nyaman, maka carilah bentuk manajer keuangan yang benar-benar kompeten dan juga memiliki transparansi biaya yang tinggi.

Melakukan pengecekan

Untuk hal terakhir yang wajib Anda perhatikan agar terhindar serta tidak memilih bentuk manajer yang salah maka lakukanlah pengecekan pada perusahaan yang digunakan oleh manajer investasi tersebut pengecekan dapat dilakukan di bapepam sebagai bukti perusahaan terdaftar, dan untuk masalah yang pernah dialaminya dapat dicek melalui OJK.

Incoming search terms: