Memilih Investasi Emas Yang Tepat

By on October 17, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 3,284 kali
Emas

Memilih Investasi Emas Yang Tepat

Ketika ekonomi sulit mulai melanda, nampaknya berinvestasi adalah pilihan yang layak dilakukan. Bagi Anda yang masih baru dalam dunia investasi, mengapa tidak memulai dari bentuk investasi yang paling mudah? Ya, investasi emas. Bentuk investasi yang satu ini dapat dilakukan oleh siapa saja, umur berapa saja, dan juga kalangan apa saja. Memang awal di awal tahun 2013 harga emas semakin menurun, namun beberapa tahun sebelumnya harga emas terus melonjak. Contohnya saja tahun 2010, dimana harga emas naik sampai 30%. Namun bisa saja harga emas kembali stabil ataupun meningkat beberapa waktu berikutnya. Di fenomena penurunan harga emas ini, bisa saja Anda memborong emas dan kemudian disimpan untuk kembali dijual saat membutuhkan ataupun saat harga emas sedang naik. Untuk dapat melangkah di dunia investasi ini, sebaiknya Anda memperhatikan tujuh cara investasi emas yang tepat berikut ini.

1. Emas Batangan

Emas batangan merupakan investasi emas yang paling diminati. Jika sebuah emas batangan mempunyai kemurnian sekitar 22-24 karat, maka dianggap sah. Perum Pegadaian dan PT Aneka Tambang Tbk divisi Logam Mulia adalah dua tempat yang tepat untuk membeli emas batangan. Emas batangan ini juga tersedia dalam berbagai macam ukuran, seperti 25 gram, 50 gram, 100 gram, dan yang paling besar 1 kg. Mengapa emas batangan termasuk kedalam investasi emas yang tepat? Ini dikarenakan emas batangan dapat dijual dimana pun dengan nilai yang sama dan mengikuti stadar internasional.

2. Koin Emas Dan Perhiasan

Dalam investasi, koin emas sangatlah bernilai, terutama yang langka. Nilai kelangkaan inilah yang membuat sebuah koin emas menjadi mahal. Logam mulia yang satu ini merupakan investasi emas yang tepat, jika Anda memiliki keinginan untuk naik haji. Sedangkan logam mulia yang berbentuk perhiasan adalah investasi emas yang paling sering ditemukan dan dijadikan alternatif.

3. Sertifikat Kepemilikan Emas

Jika Anda merasa kurang aman ketika menyimpan emas di dalam rumah, Anda bisa saja menyimpannya di bank. Biasanya, Anda akan diberikan sertifikat yang nantinya berguna sebagai tanda bukti dari kepemilikan emas yang telah tersimpan di bank tersebut.

4. Membeli Saham Pertambangan Emas

Hampir sama dengan jual beli saham dalam investasi saham, Anda juga dapat membeli saham milik sebuah pertambangan emas. Jadi, Anda tidak memerlukan emas yang berbentuk fisik. Ketika harga emas naik, investor bisa saja mendapatkan keuntungan. Namun, hal ini juga berkerja sebaliknya, atau dapat dibilang investor bisa mendapatkan rugi ketika harga emas mulai menurun. PT Aneka Tambang Tbk adalah salah satu perusahaan pertambangan emas di Indonesia.

Itulah dia beberapa jenis investasi emas yang bisa saja tepat untuk Anda. Semoga bermanfaat.