Membeli Rumah Untuk Investasi Properti

By on June 24, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 248 kali

Investasi Properti – Rumah bukan hanya untuk tempat tingal saja namun juga termasuk kategori investasi properti yang menjanjikan. Hal ini karena setiap tahunnya kebutuhan akan rumah akan selalu meningkat. Terlebih lagi jenis investasi properti bisa dilakukan dengan menggunkan modal pinjaman dan berbeda dari jenis investasi lainnya karena nilai properti selalu mengalami peningkatan dan tidak terpengaruhi oleh inflasi. Untuk rumah sendiri, jika anda hanya memiliki budget yang sedikit untuk membeli rumah baik itu untuk hunian ataupun untuk investasi, anda dapat menggunakan KPR atau kredit pinjaman rumah sehingga uang yang dibayarkan adalah berupa pinajaman, dengan begitu meski dengan tabungan yang sedikit, anda tetap dapat berinvestasi properti dalam bidang rumah.

Selain harga jual yang bisa terus meningkat, rumah juga bisa disewakan sehingga pemasukan akan terus mengalir dari rumah tersebut dan menutupi modal yang dikeluarkan untuk membeli rumah. Meskipun demikian, memilih rumah sebagai kategori investasi properti dapat menguntungkan jika dipilih secara cermat dan mempertimbangkan beberapa hal seperti berikut ini.

Lakukan Riset Pasar

Sebelum membeli rumah untuk investasi, sebaiknya anda melakukan riset pasar terlebih dahulu. Ini meliputi beberapa hal misalnya harga rumah. Setiap rumah memiliki harga yang berbeda berdasarkan tipe rumah, kondisi rumah, dan juga lokasi rumah. Karena itu, anda harus mencari tahu harga setiap tipe rumah secara umum.
Selain itu, riset pasar juga dilakukan untuk mendapatkan harga terbaik. Kapan harga properti sedang tidak melambung, kapam haga properti sedang melambung dan penyebabnya. Ini akan sangat membantu sehingga pada saat harga properti sedang tidak tinggi maka anda dapat membelinya.

Pilih Lokasi Yang Strategis Dan Prospektif

Pemilihan lokasi yang tepat adalah hal yang sangat mendasar saat melakukan investasi properti, baik itu berupa rumah, apartemen, tanah, atau yang lainnya. Untuk mementukan lokasi yang tepat, anda perlu mencari tahu hal-hal sebagai berikut:

  • Yang pertama, apakah akses menuju rumah tersebut mudah atau tidak. Tentu ini akan menjadi hal yang sangat penting. Rumah dengan akses yang cukup susah akan biasanya kurang disenangi karena mobilitas yang kurang efisien.
  • Kemudian yang kedua, perhatikan saluran air dan drainase lokasi rumah tersebut. ini sangat penting karena menyangkut keamanan dan kenyamanan penghuninya nanti. Setidaknya jika sistem saluran air dan drainasenya bagus maka akan terhindar dari banjir.
  • Yang ketiga, lihat apakah lokasi tersebut merupakan lokasi yang dekat dengan pembangunan dan pengembangan bisnis atau bukan. Jika iya maka akan menjadi nilai tambah saat hendak menjualnya kembali.

Lingkungan Yang Mendukung

Alasan seseorang memilih rumah dibandingkan dengan apartemen ialah karena rumah dapat bersosialisasi dengan tetangga. Karena itu, lihat apakah lingkungan rumah yang akan anda beli nyaman dan aman atau tidak? Karena bukan hanya masalah dengan tetangga saja yang perlu dipertimbangkan namun juga tingkat keamanan lingkungan.
Kemudian selain itu, perlu juga mempertimbangkan rumah dengan lingkungan yang memiliki fasilitas yang cukup baik seperti tempat bermain anak, taman, dan juga tempat beribadah serta fasilitas penunjang lainnya.

Pertimbangkan Renovasi

Untuk meningkatkan harga suatu rumah maka kondisinya juga harus ditingkatkan. Jika kondisi rumah tersebut kurang bagus maka pertimbangkan untuk melakkan renovasi namun tetap harus disesuaikan dengan budget yang akan dikeluarkan. Maka dari itu, sangat penting dilakukan untuk melihat lokasi secara langsung dan melihat keadaan rumah.

Pada dasarnya, mencari informasi sebanyak-banyaknya merupakan hal bijak yang harus dilakukan saat memilih rumah sebagai pilihan kategori investasi properti.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty