Membeli Reksadana Sesuai Tujuan Keuangan

By on April 7, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 425 kali

Investasi Reksadana – Keuntungan yang ditawarkan bisnis investasi membuat banyak orang terdorong membeli reksadana. Sama halnya dengan bisnis investasi lainnya, reksadana tidak hanya memberikan keuntungan tapi juga memiliki risiko. Biasanya mereka yang belum terbiasa dengan bisnis investasi akan membeli reksadana dengan risiko paling kecil. Namun reksadana dengan risiko paling kecil juga akan memberikan keuntungan yang tidak banyak. Sangat penting membeli reksadana sesuai dengan tujuan keuangan yang ditargetkan. Sehingga keuntungan yang Anda dapatkan sepadan dengan risiko yang ada.

Reksadana pasar uang

Salah satu jenis investasi reksadana ini sangat sesuai untuk merencanakan keuangan jangka pendek. Reksadana ini juga sangat sesuai untuk mereka yang baru mencoba untuk mulai berinvestasi. Risiko reksadana pasar uang jauh lebih kecil dibandingkan jenis reksadana lainnya. Dengan risiko yang tidak terlalu besar, reksadana pasar uang memang tidak menghasilkan keuntungan yang tidak cukup besar. Meski begitu, keuntungan reksadana pasar uang jauh lebih besar dibandingkan deposito. Bahkan dengan reksadana pasar uang ini Anda bisa menarik dana kapanpun Anda inginkan tanpa menunggu jatuh tempo.

Dana pengembalian reksadana pasar uang juga cukup kecil sekitar 0.5% setiap bulannya. Jumlah pengembalian ini hampir sama dengan pengembalian deposito. Sehingga sangat sesuai untuk menjaga keuangan jangka pendek. Semisal Anda membutuhkan uang sebesar 10 juta dalam waktu 6 bulan ke depan, Anda hanya perlu investasi sebesar 2 juta rupiah setiap bulannya. Dengan investasi ini, uang yang Anda titipkan setiap bulan akan mencapai target 10 juta yang Anda butuhkan dalam beberapa bulan saja.

Reksadana pendapatan tetap

Jika Anda merencanakan keuangan jangka panjang, reksadana pendapatan tetap adalah pilihan yang terbaik. Imbal hasilnya dikenal jauh lebih tinggi. Untuk merencanakan keuangan selama satu atau tiga tahun kedepan, reksadana pendapatan tetap adalah solusinya. Keuntungan yang bisa Anda dapatkan setiap tahunnya adalah 7-12%. Namun Anda tetap harus berhati-hati dengan dana pengembalian. Tanyakan dengan jelas semua informasi mengenai reksadana yang Anda pilih sehingga investasi tetap menguntungkan.

Pada reksadana pendapatan tetap ini akan dikenakan biaya redemption hingga biaya pembelian atau top up. Biasanya biaya yang dibebankan mencapai 3-5% dari nominal investasi. Dengan adanya biaya yang tidak gratis ini, sebagai investor Anda harus melakukan penghitungan dengan baik. Sehingga dapat ditentukan waktu terbaik untuk menarik dana investasi milik Anda. Pastikan saat dana investasi ditarik, semua biaya yang tidak gratis tadi tidak sampai membuat Anda rugi.

Reksadana campuran

Jenis reksadana campuran ini sangat sesuai untuk perencanaan keuangan jangka menengah sekaligus jangka panjang lebih dari 3 tahun. Jika dibandingkan dengan reksadana pasar uang dan pendapatan tetap, jenis reksadana campuran ini jauh lebih berisiko. Namun dengan risiko yang lebih besar, reksadana campuran juga menawarkan imbal hasil yang jauh lebih besar. Persentase keuntungan yang bisa Anda dapatkan berkisar antara 9-18% setiap tahunnya. Keuntungan ini tentunya sangat sepadan mengingat risiko juga cukup besar.

Jika Anda memiliki rencana keuangan jangka panjang 5 tahun, reksadana campuran ini sesuai untuk target keuangan Anda. Misalkan Anda membutuhkan dana sebesar 100 juta rupiah dalam 5 tahun, dengan asumi imbal hasil 17%, maka dana investasi yang harus Anda keluarkan kurang lebih Rp. 1.070.000 setiap bulannya. Reksadana campuran ini sangat sesuai untuk jangka waktu perencanaan keuangan lebih dari 3 tahun mengingat fluktuasi yang terjadi juga sangat besar. Tujuan investasi yang jelas akan memastikan Anda dapat membeli reksadana yang paling sesuai dalam menghasilkan keuntungan.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty