Memaksimalkan Perolehan Diskon Reksa Dana

By on January 23, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 3,693 kali
Investasi Reksadana, Aman atau Tidak

Investasi Reksadana, Aman atau TidakInvestasi Reksadana – Investor yang membeli saham reksa dana kelas A berhak untuk memperoleh diskon pada biaya front-end penjualan mereka. Tingkat investasi di mana diskon ini menjadi tersedia disebut “breakpoint.” Kebanyakan reksa dana menawarkan breakpoint investasi yang lebih besar. Tingkat rupiah di mana breakpoint dapat dicapai diatur oleh reksa dana individu dan dijabarkan dalam prospektus reksa dana.

Breakpoint

Tersedia beberapa cara yang berbeda supaya investor dapat mencapai breakpoint:

– Transaksi Tunggal Reksa Dana: Investor berhak untuk diskon pada biaya penjualan front-end berdasarkan transaksi reksa dana tunggal jika ukuran transaksi rupiah melebihi tingkat breakpoint reksa dana tersebut.

– Akun Menghubungkan Anggota Keluarga: Reksa dana A memungkinkan investor untuk mencapai breakpoint dengan menggabungkan kepemilikan anggota keluarga tertentu, bahkan untuk kepemilikan dipertahankan pada berbagai dealer broker. Akun keluarga yang mungkin terkait bervariasi dalam reksa dana.

– Hak Akumulasi: Hak Akumulasi biasanya memungkinkan Anda untuk menerima diskon pada pembelian reksa dana saat ini dengan menggabungkan pembelian Anda saat ini dengan kepemilikan reksa dana sebelumnya yang telah mencapai breakpoint. Investor mungkin dapat mengumpulkan nilai kepemilikan reksadana di rekening terkait, seperti rekening pensiun, rekening tabungan pendidikan, rekening yang dimiliki oleh anggota keluarga, rekening di perusahaan broker lain, atau diadakan langsung dengan perusahaan reksa dana untuk mencapai breakpoint. Nilai rekening tersebut biasanya nilai pasar kepemilikan yang ada saat ini, namun, beberapa keluarga reksa dana menggunakan lebih tinggi dari nilai pasar saham atau jumlah yang dibayar untuk saham untuk menentukan kelayakan breakpoint.

– Letters of Intent (LOI): LOI adalah pernyataan yang ditandatangani oleh investor yang melakukan investasi setidaknya dengan jumlah breakpoint dalam jangka waktu tertentu (sebagaimana yang dipersyaratkan oleh reksa dana). Namun, jika Anda gagal untuk berinvestasi dengan jumlah yang ditentukan dalam LOI, reksa dana dapat menebus saham untuk mengumpulkan biaya penjualan berlaku yang lebih tinggi untuk jumlah rupiah yang diinvestasikan.

Keringanan & Diskon

Investor tertentu mungkin memenuhi syarat untuk membeli saham tanpa biaya penjualan (yaitu pada Nilai Aktiva Bersih), seperti karyawan dealer investasi, perwakilan terdaftar, investasi sebesar Rp.10.000.000.000,00 atau lebih dalam reksa dana keluarga yang sama, dan situasi lain. Konsultasikan prospektus reksa dana dan laporan informasi tambahan untuk informasi lebih lanjut.

Apa yang dapat Anda lakukan untuk memastikan bahwa Anda menerima semua breakpoint dan diskon yang tersedia:

– Tinjau jadwal breakpoint dan beban pengabaian ketentuan reksa dana Anda.

– Jaga informasi perwakilan Anda mengenai rencana Anda untuk pembelian masa depan dan kepemilikan anggota keluarga Anda untuk menentukan apakah kepemilikan mereka dapat dikumpulkan dengan kepemilikan Anda untuk mencapai breakpoint. Memberikan informasi ini kepada perwakilan Anda akan memungkinkan perwakilan Anda untuk membantu Anda dalam mengambil keuntungan dari semua breakpoint yang tersedia.

– Dalam banyak kasus, reksa dana keluarga menawarkan keringanan biaya penjualan bagi investor tertentu dari reksa dana keluarga yang sama. Jauhkan perwakilan Anda informasi tentang sumber reksa dana dan reksa dana keluarga Anda yang diinvestasikan sebelumnya sehingga Anda menerima semua diskon yang tersedia.