Memahami Reksadana : Bagaimana Cara Kerja Investasi Reksadana?

By on March 16, 2017 | Artikel ini Sudah di baca 468 kali

Investasi Reksadana – Sebagian masyarakat awam mungkin belum tahu betul mengenai Reksadana. Dewasanya, Reksadana ini berguna sebagai wadah bagi para masyarakat untuk menanamkan modalnya. Setelah dana ini terkumpul, maka Manajer Investasi akan menyalurkan dan menginvestasikannya ke dalam Portofolio Efek. Ada satu keunggulan istimewa dalam Reksadana, yaitu diversifikasi. Ini dikarenakan beberapa efek yang terdapat pada Reksadana bermacam-macam. Diversifikasi ini bagaikan solusi tepat untuk menurunkan resiko.

Kemudahan adalah kelebihan lainnya dari Reksadana. Manajer Investasi juga tidak hanya bertugas membantu investor memutuskan keputusan dalam investasinya, melainkan juga melakukan manajemen resiko, menyelesaikan pembukan dan transaksi, dan juga yang lainnya. Ada sekitar 10 fungsi yang harus dijalani Manajer Investasi yang sudah diatur oleh Bapepam.

Kini Anda sudah mengerti mengenai Reksadana. Lalu bagaimana cara kerja investasi Reksadana?

Pada umumnya, Reksadana akan dibagi menjadi dua kategori: Reksadana terbuka dan Reksadana tertutup. Apakah perbedaan diantara keduanya? Reksadana terbuka biasanya akan menyediakan unit penyertaan untuk penarikan dan pembelian yang dilakukan secara berkelanjutan. Anda bisa membeli unti penyertaan ini langsung ke Manajer Investasi atau kea gen penjual (bank, agen asuransi, atau perantara perdagangan lainnya).

Sementara Reksadana Tertutup cenderung menjual unit penyertaan saat penawaran umum perdana dan hanya disediakan dalam jumlah yang terbatas. Investor harus menjual unit penyertaan miliknya sebelum menarik investasinya. Reksadana ini biasanya diperdagangkan di atas atau di bawah NAB, serta harganya ditentukan oleh pasar. NAB bisa diperoleh dari jumlah seluruh aset dikurang beban dan dibagi junlah unit penyertaan. Sedangkan permintaan dan penawaran di bursa efek menentukan harga pasarnya.

Bagaimana caranya mengetahui nilai sebuah Reksadana?

Cukup kunjungi website perusahaan yang menerbitkan Reksadana tersebut. Biasanya beberapa NAB dari berbagai Reksadana dicantumkan ke dalam surat kabar finansial yang termuka. Seiring dengan perubahan nilai kepemilikannya, NAB dari Reksadana terbuka akan bergerak secara naik dan turun setiap hari.

Dengan mengandalkan kenaikan NAB, maka pemodal dapat memperoleh keuntungan dari berbagai macam investasi seperti, Reksadana Saham, Reksadana Pendapatan Tetap, dan Reksadana Campuran.

Lebih singkatnya, cara kerjanya dari Reksadana bermula dari Manajer Investasi yang menyalurkan modal dari para investor ke beberapa portofolio efek dalam bentuk pecahan-pecahan yang biasa disebut dengan Unit Penyertaan.

Sangat baik untuk mengetahui terlebih dahulu jenis Reksadana yang akan Anda beli. Caranya adalah dengan membaca prospektusnya atau bertanya langsung ke Manajer Investasi yang menjual Reksadana tersebut. Dengan begitu, Anda bisa lebih maksimal lagi dalam menjalankan investasi ini sesuai dengan kemampuan Anda. Semoga dengan informasi-informasi mengenai bagaimana cara kerja investasi Reksadana diatas dapat membantu Anda untuk memulai langkah awal berinvestasi.

Incoming search terms:

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty