Melirik Peluang Bisnis Kopi

By on August 7, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 510 kali

Inspirasi BisnisBisnis Kopi

Melirik peluang bisnis kopi. Kopi adalah salah satu jenis minuman yang memiliki banyak penggemar. Mulai dari remaja, dewasa, sampai orang tua. Rasa kopi yang khas terasa nikmat diminum setiap saat. Ngopi di pagi atau sore hari malah sudah menjadi kebiasaan sebagin besar masyarakat. Sehingga tidak heran bila ngopi seolah tidak bisa terlepas dari masyarakat. Kopi  tidak mengenal lapisan masyarakat. Kopi termasuk minuman yang mampu merangkul semua lapisan mulai dari golongan ekonomi kecil sampai ekonomi atas. Karena itulah membuka bisnis kopi memiliki peluang menjanjikan.

Tidak hanya itu saja. Ternyata dari segi medis kopi pun memiliki banyak kandungan bermanfaat bagi kesehatan. Dari hasil penelitian diketahui kopi berkhasiat mncegah penyakit diabetes, jantung, kanker, dan mengurangi pusing kepala tentunya selama dikonsumsi dalam porsi wajar tidak berlebihan. Memang benar dalam kopi terkandung banyak kafein yang menjadi momok di masyarakat. Akan tetapi, jumlah kafein yang pas nyatanya juga bermanfaat bagi tubuh.

Bila dilihat, Indonesia termasuk salah satu negara penghasil kopi dalam jumlah besar di dunia. Bahkan kopi dari Indonesia sudah populer di seluruh penjuru dunia. Adapun salah satu jenis kopi yang sukses bertengger di peringkat atas dunia dengan kualitas baik yaitu kopi luwak. Kopi luwak sendiri merupakan kopi yang sudah melalui proses tambahan di dalam tubuh hewan luwak. Hewan luwak dengan kemampuannya akan mensortif biji kopi yang baik. Namun, biji kopi yang dimakan tidak akan hancur melainkan keluar dalam keadaan utuh. Biji inilah yang diolah menjadi biji luwak dengan nilai jual paling tinggi dan membuka peluang bisnis kopi.

Tertarik memulai bisnis kopi? Tunggu dulu. Peluang bisnis minuman ini memang terbuka lebar, tetapi bisnis ini membutuhkan keahlian khusus dalam pengelolaannya. Berikut penjelasannya:

·  Menentukan Sasaran Pasar
Siapa target pasar Anda? Seperti yang sudah disebut sebelumnya, kopi dapat merangkul semua lapisan masyarakat. Oleh karena itu, Anda perlu membidik siapa sasaran utama. Hal ini penting seperlu menentukan beberapa hal berikutnya seperti tempat usaha, harga, dan lain sebagainya.

·  Penentuan Tempat Usaha
Penentuan tempat usaha menjadi hal penting yang tak boleh dilupa. Tentunya disesuaikan dengan sasaran yang dibidik. Anda bisa memilih lokasi di pinggir jalan, area kampus, mall, tempat wisata, kawasan kantor, atau pusat kota. Pastinya selain mempertimbangkan target pasar, lokasi yang dipilih sebaiknya strategis dan mudah terakses oleh pelanggan.

· Menu Utama Kopi
Bila ingin tampil istimewa tentu Anda perlu menawarkan menu utama yang menjadi ciri khas yang disuguhkan dengan variasi. Misalnya saja Anda menyuguhkan kopi luwak dengan varian rasa vanila, cokelat, caramel, buah, atau aneka rasa lain. Kopi luak saat ini memang menjadi salah satu jenis kopi favorit dengan peluang bisnis kopi menjanjikan laba besar.

· Rekrutmen Karyawan
Pemilihan karyawan tentu mempunyai andil besar dalam kelancaran bisnis kopi yang Anda jalankan. Bila Anda berencana membuka kedai kopi berkelas, Anda memang harus merekrut karyawan yang paham tentang kopi. Minimal dapat membuat kopi dengan benar. Hal ini jelas penting karena kopi yang Anda jual bukan kopi instan yang tinggal disedu air panas. Secara garis besar dalam pemilihan karyawan mesti menentukan kriteria utama seperti bertanggung jawab, mampu bekerja profesional, dapat dipercaya, ulet bekerja, dan ramah.

· Strategi Pemasaran
Setiap jenis usaha tentu membutuhkan strategi pemasaran agar produk yang ditawarkan dikenal masyarakat. Pemasaran atau promosi bisa dilakukan dalam banyak cara baik online atau offline. Promosi melalui media sosial juga amat mudah. Selama Anda konsisten menyuguhkan kualitas kopi yang nikmat pasti berita baik akan tersebar dengan sendirinya. Cukup menarik bukan peluang bisnis kopi ini?

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty