Melirik Investasi Emas, Apakah Tepat Jika Berinvestasi Emas Sekarang?

By on October 1, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 2,927 kali
Emas Batangan

Melirik Investasi Emas, Apakah Tepat Jika Berinvestasi Emas Sekarang?

Investasi Emas – Sekarang ini rasanya masih kurang jika kita hanya mengandalkan tabungan ataupun deposito untuk mencapai tujuan finansial yang besar. Jika Anda memiliki tujuan jangka panjang, seperti untuk naik haji, pendidikan anak, dan yang lainnya, mengapa tidak mencoba untuk berinvestasi? Investasi sendiri memiliki beragam jenis yang tentu saja berbeda cara kerjanya, sebut saja investasi Reksadana, investasi saham, investasi properti, dan investasi emas. Kali ini kita akan membahas investasi emas. Apakah tepat jika berinvestasi emas sekarang ini?

Melihat harga emas di dunia, nampaknya semakin menunjukan penurunan yang signifikan. Emas sepertinya bukan lagi lahan investasi yang aman menurut beberapa analisis dari beberapa ahli. Sejak awal tahun 2013, harga emas memang terus menurun dan mengalami tekanan yang berat secara fundamental. Namun diklaim jika penurunan harga emas ini tidak terlalu berbahaya dan sama sekali belum menembus rekor terendah harga emas yang sudah ada. Suluh A Wicaksono juga menjelaskan jika penurunan harga emas di awal tahun ini disebabkan beberapa faktor. Salah satunya adalah melemahnya ekonomi global dan kegagalan inflas. Harga emas per ounce nya tahun ini adalah US$ 1.539, sedangkan tahun lalu penurunan paling rendah yaitu US$ 1.526.

Ketika melirik ke investasi emas yang sedang terjadi saat ini dan apakah tepat jika berinvestasi emas sekarang? Rasanya investasi ini tidak cukup menarik dan aman, paling tidak untuk lima tahun mendatang. Emas yang dahulu adalah sarana investasi tradisional yang paling digemari kini perlahan-lahan kehilangan kepercayaannya dari para investor dunia.

Jadi, apakah fenomena penurunan harga emas ini adalah peluang ataukah ancaman? Seperti yang sudah disebutkan bahwa emas bukanlah pilihan yang tepat untuk berinvestasi saat ini menuru para pengamat ekonomi di dunia. Namun beberapa analisis mengatakan bahwa para investor busa saja memanfaatkan penurunan harga ini untuk membeli emas dalam jumlah banyak, menyimpannya dan kemudian menjualnya saat harganya sudah semakin tinggi.

Sampai di bulan Mei 2013 pun, harga emas semakin menurun dan akhirnya mencapai level terendah dan menembus rekor harga terendah tahun lalu. Sepertinya fenomena ini dijadikan kesempatan sebagai aksi beli bagi para investor yang ingin melakukan pembelian emas secara fisik. Momentum ini sangat tepat digunakan untuk memborong emas dalam jumlah banyak untuk para investor yang ingin berinvestasi untuk jangka waktu yang lama sampai harga emas kembali naik.

Jika Anda masih ragu tentang fenomena yang terjadi pada investasi emas dan masih bertanya-tanya apakah tepat jika berinvestasi emas sekarang, sebaiknya Anda mencoba berinvestasi yang lain seperti investasi Reksadana yang memiliki resiko tidak terlalu tinggi atau investasi saham yang memiliki return besar namun resiko yang besar juga.