Melakukan Perencanaan Keuangan Untuk Masa Depan

By on September 10, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 278 kali

Perencanaan Keuangan – Semua orang pasti menginginkan masa depan yang cerah dan mapan, oleh karena itu lakukanlah perencanaan keuangan untuk masa depan Anda. Dengan kondisi finansial yang mapan hidup Anda akan menjadi tenang. Perencanaan keuangan akan membuat Anda bisa mengatur keuangan agar tujuan finansial Anda bisa tercapai, entah itu ingin membeli rumah, jalan-jalan ke luar negeri, atau tujuan finansial yang lainnya. Meskipun perencanaan keuangan itu penting, namun masih ada banyak orang yang belum mempunyai perencanaan keuangan. Apa risiko jika tidak mempunyai perencanaan keuangan?

Risiko Tidak Memiliki Perencanaan Keuangan

Setiap orang pasti ingin memiliki kehidupan yang jauh dari masalah finansial, entah itu gaya hidup mewah atau menghabiskan uang untuk bersenang-senang. Apalagi jika menggunakan kartu kredit, pengeluaran yang berlebihan bisa membuat pemakaian kartu kredit hingga over limit. Dan akhirnya Anda harus membayar bunga setiap bulannya. Pasti akan menambah pengeluaran bukan? Bayangkan jika Anda tidak mempunyai perencanaan keuangan. Anda akan terjebak dalam situasi tersebut, sehingga tidak ada perencanaan masa depan yang matang. Dengan pengeluaran yang berlebihan seperti itu, bukan tidak mungkin di hari tua nanti Anda masih belum memiliki aset apa-apa, seperti mobil ataupun rumah.

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan hidup dari tahun ke tahun, harga kebutuhan pokok akan terus meningkat sedangkan gaji Anda masih sama saja. Inilah saatnya melakukan perencanaan keuangan untuk masa depan Anda, sehingga masa depan Anda nantinya bisa tergambar mulai dari sekarang dan juga terbebas dari masalah finansial.
Tanpa perencanaan keuangan, Anda akan terjebak dalam gaya hidup berlebihan dengan membeli berbagai macam hal yang tidak terlalu dibutuhkan bahkan pengeluaran bisa melebihi penghasilan yang Anda dapatkan saat ini. Kebiasaan buruk tersebut bisa bertambah parah jika Anda menggunakan kartu kredit dengan tidak bertanggung jawab. Tentu saja hal tersebut akan memunculkan atau menambah hutang dalam keuangan Anda. Agar mempunyai masa depan yang lebih pasti, Anda harus melakukan perencanaan keuangan.

Mengapa Merencanakan Keuangan Itu Penting?

Banyak orang menganggap bahwa membuat perencanaan itu tidak mudah dan hanya akan membuat hidup menjadi sulit. Merencanakan keuangan pada dasarnya menyimpan sebagian hasil kerja keras kita untuk investasi dan simpanan masa depan. Tentunya pengalokasian uang yang Anda simpan harus tepat antara kebutuhan, tagihan, dan simpanan itu sendiri. Agar bisa melakukan perencanaan keuangan untuk masa depan dengan mudah, Anda harus mengetahui mengapa perencanaan keuangan penting untuk dilakukan.

· Dapat menggambarkan kondisi keuangan Anda
Dengan memiliki gambaran yang jelas mengenai kondisi keuangan Anda, Anda bisa mengatur gaya hidup yang sesuai dengan kemampuan Anda. Dengan perencanaan keuangan, Anda bisa mengetahui seberapa besar uang yang sudah terpakai maupun yang akan terpakai nantinya, sehingga Anda bisa mengukur kemampuan finansial Anda.
· Alokasi Dana Lebih Jelas
Dengan melakukan perencanaan keuangan, Anda bisa membagi pengeluaran atas biaya yang Anda keluarkan untuk makan, sewa tempat tinggal, maupun membeli kendaraan. Dengan pengalokasian yang jelas, Anda bisa memantau bahwa pengeluaran Anda tidak melebihi kemampuan finansial Anda. Perencanaan keuangan akan membuat Anda bisa mengetahui jika terjadi pengeluaran berlebihan, sehingga Anda bisa lebih berhemat.
· Memotivasi
Dengan melakukan perencanaan keuangan, Anda akan termotivasi untuk mengumpulkan uang bagi masa depan. perencanaan keuangan untuk masa depan akan membuat Anda mengetahui seberapa besar uang dan waktu yang Anda butuhkan untuk mencapai tujuan yang Anda inginkan, sehingga Anda bisa mengendalikan pengeluaran untuk mencapai tujuan tersebut.