Market Review dan Analisa Teknikal Chart, 8 Juli 2015

By on July 8, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 326 kali

Market Review Hari Ini – Emas kembali menyerah hingga menyentuh $ 1147 tadi malam. Krisis Yunani telah gagal mengangkat kinerja emas yang merosot ke level terendah dalam empat bulan terakhir. Biasanya emas menjadi safe heven ditengah ketidakpastian ekonomi dan keuangan namun kali ini investor lebih memilih berinvestasi ke Dollar US yang berpotensi bahwa The Fed akan menaikan suku bunga Amerika dibulan September. Banyaknya buyer Dollar US telah membuat emas menderita hingga dibawah level $ 1150. Hari ini akan diadakan rapat The Fed yang akan menjadi perhatian para pelaku pasar. Sementara itu Yunani yang akan menyerahkan proposal kembali kali ini terkait social dan ekonomi. Para menteri keuangan zona eropa mengadakan pertemuan di Brussel akhir pekan ini guna membahas proposal baru Yunani, antisipasi Yunani keluar zona Eropa dan beberapa program baru Yunani. Beberapa pejabat zona Eropa mengatakan ada harapan kesepakatan dengan Yunani akhir pekan ini namun prosposal Yunani harus kredibel agar disetujui kreditur untuk mendapat kucuran dana bailout. Yunani di beri waktu sampai akhir pekan ini untuk mengajukan proposal guna menghindari dari kebangkrutan. Untuk masalah hutang Yunani, mantan Gubernur ECB, Trichet mengatakan bahwa dia menentang pembatalan hutang Yunani. Secara teknikal, trend jangka pendek masih bearish. Jika sentiment negative, kemungkinan emas akan kembali terkoreksi diarea support $ 1147. Dan akan mencoba test support berikutnya $ 1142. Jika sentiment kembali positif, kemungkinan emas akan merangkak naik untuk test resistance $ 1167.

Perhatian investor minyak tertuju pada Yunani semalam yang membuat harga Crude Oil kembali membentuk low baru hingga $50.56 seiring para pelaku pasar lebih memilih berinvestasi ke Dollar US, yang mana The Fed akan menaikan suku bunga Amerika pada bulan September. Namun ditengah sesi amerika berjalan, harga Crude kembali naik seiring komentar beberapa pejabat zona Eropa mengatakan Yunani akan membuat proposal baru dan ada harapan kesepakatan pada pertemuan para pemimpin Zona Eropa akhir pekan ini. Sementara itu spekulasi deal nuklir Iran akan menambah harga minyak berpotensi turun kembali, seiring penghapusan embargo minyak dari Iran dan siap mengekspor minyak mentah ke asia dan eropa. Hal ini bisa menimbulkan pasokan minyak secara global semakin bertambah. Laporan pasokan minyak mentah di Amerika versi API ( American Petroleum Institute ) mengalami penurunan sebanyak 958.000 barel, stok bensin turun 2.041.000 barel, stok minyak mentah di Cushing naik 262.000 barel. Sedangkan untuk laporan EIA ( Energy Information Administration ) akan dirilis nanti malam jam 21.30 wib. Secara teknikal, jika sentiment negative, kemungkinan harga Crude Oil akan mencoba test psikologis price $ 50.00 dan jika berhasil dilewati, berpotensi menuju $ 49.00. Jika sentiment kembali positif,kemungkinan harga Crude Oil akan kembali bergerak  area resistance level $ 54.00 dan $ 54.50

Euro terhadap Dollar US sempat drop hingga 1.0915 akibat keputusan ECB untuk tidak merubah skala dana penyediaan likuiditas darurat untuk perbankan Yunani, meski menaikkan jumlah jaminan collateral yang dapat dipangkas. Alhasil timbul kecemasan bahwa perbankan Yunani akan kehabisan cash dalam waktu dekat, sehingga problem Yunani berisiko menular ke negara kawasan Eropa lainnya. Krisis Yunani mengalami Drama yang berliku – liku dan kali ini Yunani diharapkan membuat proposal baru lagi yang lebih kredibel agar disetujui oleh para kreditur sehingga bisa mendapatkan kucuran dana bailout. Beberapa pejabat zona Eropa mengatakan ada harapan kesepakatan untuk Yunani di akhir pekan ini. Para pemimpin zona Eropa mengadakan pertemuan di Brussels akhir pekan ini dan Yunani di beri waktu sampai akhir pekan untuk mengindari dari kebangkrutan. Harga Euro terhadap dollar US langsung kembali menguat hingga diatas 1.1000 dan sesi asia pagi ini bergerak didekat 1.1000. Sedangkan untuk hutang Yunani tidak dapat dihapuskan begitu saja hal ini akan dibahas pada pertemuan di Brussels.

Sementara itu aussie kembali membukukan penurunan ke level terendah 6 tahun terakhir, setelah kemarin RBA kembali mempertahankan suku bunga Australia 2.00%. sesi asia pagi ini aussie kembali drop hingga 0.7400 ( Monex Trader Platform jam 08.35 wib ) setelah regulator asuransi China mengatakan batas untuk investasi asuransi pada saham Blue Chip. Shanghai composite turun pada pembukaan 6,79%. China National Bussiness Daily melaporkan jumlah perusahaan yang ditangguhkan adalah 1.429 dari 2776 saham yang tercatat di Shanghai. Pemerintah China melaporkan bahwa dana 80 miliar yuan sedang disiapkan untuk meningkatkan pasar. pagi ini PBOC mengatakan akan membantu China Securitas Finance Corp untuk mendapatkan likuiditas yang cukup. PBOC akan memantau pergerakan pasar saham dan menjaga resiko keuangan sistemik dan regional. Aussie ikut bereaksi terhadap ada yang terjadi di China, karena Australia adalah mitra bisnis China dari segi ekspor impor dan perekonomian.

Indeks Saham Hangseng di buka gap up tipis namun kemudian turun tajam hingga 23754 seiring pemerintah China telah menyediakan dana sebesar 80 miliar yuan untuk meningkatkan pasar saham. Shanghai composite turun pada pembukaan 6,79%. China National Bussiness Daily melaporkan jumlah perusahaan yang ditangguhkan adalah 1.429 dari 2776 saham yang tercatat di Shanghai. Sementara itu pagi ini PBOC mengatakan akan membantu China Securitas Finance Corp untuk mendapatkan likuiditas yang cukup. PBOC akan memantau pergerakan pasar saham dan menjaga resiko keuangan sistemik dan regional. Secara teknikal, jika sentiment terus negative, kemungkinan Indeks Saham Hangseng akan test support 23600 dan 23300. Jika sentiment positif, Indeks Saham Hangseng kemungkinan akan test resistance 24600 dan 24800

news

Analisa Teknikal Chart

Pada Chart XAUUSD time frame 15 menit, terlihat Formasi Triangle, Kemungkinan penurunan ke 1149

Klik gambar untuk memperbesar

XAUUSDM15