Market Review dan Analisa Teknikal Chart, 7 Desember 2015

By on December 7, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 288 kali

Market Review Hari Ini – Emas kembali menguat ke level $ 1088 setelah dirilisnya data Nonfarm payrolls pada jumat lalu. Meskipun data tersebut menunjukan ketangguhan ekonomi AS disektor tenaga kerja namun hal tersebut bukanlah sesuatu yang bisa mengejutkan pelaku pasar. Emas mulai menguat sejak hari Kamis setelah ECB menggelontorkan stimulus moneter yang lebih rendah dari harapan, membuat eruo rally naik, hal ini membuat Dollar AS melemah dan dimanfaatkan investor emas untuk buying guna menjauhi level rendah sejak hampir 6 tahun lalu. Fokus utama untuk emas tertuju pada rapat moneter Federal Reserve 15 sampai 16 Desember waktu AS. Jika suku bunga dinaikkan, maka akan menjadi yang pertama dalam hampir satu dekade terakhir.  Pada sesi perdagangan Asia pagi ini, emas bergerak diarea $ 1085. Secara teknikal, Jika sentiment negative, kemungkinan emas akan test support $ 1066. Jika sentimen positif, kemungkinan emas akan test resistance $ 1100 dan resistanve selanjutnya $ 1108.

Sebelum pengumuman resmi dirilis, sempat beredar kabar yang menyebutkan OPEC akan menaikkan plafon produksi menjadi 31,5 juta barel per hari, dari saat ini 30 juta barel per hari. Meski kebijakan OPEC sebelumnya menargetkan produksi harian sebanyak 30 juta barel, namun pada kenyataannya produksi seluruh anggota kartel tersebut berada dikisaran 31,5 juta barel. Berdasarkan survei Reuters, produksi minyak kartel minyak tersebut pada bulan November bahkan mencapai 31,77 juta barel, naik dari 31,64 juta barel per hari. OPEC baru akan mengadakan pertemuan kembali pada 2 Juni 2016 untuk mengevaluasi kebijakannya. Namun Kachikwu mengatakan mungkin akan mengadakan pertemuan sebelum bulan Juni tergantung perkembangan harga dan tingkat produksi. Sementara itu Baker Hughes melaporkan jumlah rig yang beroperasi di AS turun sebanyak 10 menjadi 545, dan telah turun dalam tiga pekan beruntun. Sebagai perbandingan, jumlah rig yang beroperasi pada periode yang sama tahun lalu sebanyak 1.030. Secara teknikal, jika sentiment negative, kemungkinan harga minyak bergerak diarea support $ 39.00 dan $ 38.20. Jika sentiment positif, kemungkinan minyak test resistance $ 40.60 dan resistance selanjutnya $ 41.60

Dollar Kanada terpukul setelah jumlah tenaga kerja di Kanada pada bulan November malah berkurang sebaliknya penambahan di AS dilaporkan lebih tinggi dari ekspektasi, memperkuat spekulasi perekonomian Kanada tengah tertinggal dibandingkan ekonomi rekan dagang terbesarnya tersebut. Loonie juga tertekan dengan penurunan harga minyak mentah setelah Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) dilaporkan akan menaikkan plafon produksinya. Laporan tenaga kerja Kanada dan melebarnya defisit perdagangan yang lebih tinggi dari ekspektasi kontras dengan pertumbuhan tenaga kerja AS yang solid yang mematenkan ekspektasi Federal Reserve akan menaikkan suku bunga saat pertemuan moneternya terakhirnya di tahun ini.

Dollar AS diperdagangkan hampir flat terhadap euro pada hari Jumat kendati data tenaga kerja bulanan AS yang lebih tinggi dari ekspektasi, seiring pasar terus mencerna stimulus kecil yang mengejutkan dari European Central Bank pada hari Kamis. Non-farm payrolls AS bertambah sebnayk 211,000 bulan lalu, menurut data Departemen Tenaga Kerja pada hari Jumat. Data bulan September dan Oktober direvisi naik sebanyak 35,000 dari yang dilaporkan sebelumnya. Sementara itu menurut analis, data tidak cukup kuat untuk mengkonfirmasi kenaikan suku bunga AS oleh Federal Reserve bulan ini, dan gagal memicu rally dollar terhadap euro mengingat keputusan ECB.

Indeks Saham Hangseng dibuka dengan gap down dilevel 22108. . Bursa saham AS mengalami penguatan ke level tertinggi pada hari jumat pasca dirilisnya data Nonfarm Payrolls dan komentar Presiden ECB, Mario Draghi menyatakan bahwa bank sentral siap untuk menambah stimulus. ECB tidak diragukan lalu siap untuk menambah stimulus seperti yang dibutuhkan. Secara teknikal, jika sentiment negative, kemungkinan Indeks Saham Hangseng akan test support 22100. Jika sentiment positif, kemungkinan Indeks Saham Hangseng akan melanjutkan kenaikan dan test resistance 22600.

news

 

Analisa Teknikal Chart

Pada Chart EURJPY time frame 15 menit  terlihat Formasi Triangle,  Kemungkinan kenaikan ke 134.200

Klik gambar untuk memperbesar

EURJPY.mM15

 

Pada Chart XAUUSDtime frame 60 menit, terlihat Formasi Channel Down,  Kemungkinan  kenaikan ke 1096.00

Klik gambar untuk memperbesar

XAUUSD.mH1