Market Review dan Analisa Teknikal Chart, 7 Agustus 2015

By on August 7, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 386 kali

Market Review Hari Ini – Fokus investor emas hari ini adalah menantikan data Non farm payroll Amerika yang akan dirilis nanti malam jam 19.30 wib. Emas bergerak diarea $ 1089 sesi asia pagi ini ( Monex Trader Platform jam 08.14 wib ). Semalam Dollar US yang mengalami koreksi karena laporan keuangan yang mengecewakan dan emas rebound diarea $ 1093. Investor menantikan data tenaga kerja US yang menjadikan kunci bagi The Fed untuk menentukan waktu kenaikan suku bunga US. Kenaikan suku bunga akan mengangkat nilai tukar Dollar dan menekan perdagangan emas yang berdenominasi-Dollar karena akan dianggap lebih mahal bagi investor pemegang mata uang lain. Secara teknikal, Jika sentiment negative, kemungkinan emas akan test support $ 1077, akan memicu ke area support berikutnya $1063 dan jika area $ 1063 berhasil dilewati, penurunan akan tertuju pada area $ 1044. Jika sentiment positif, kemungkinan emas akan kembali mencoba level $ 1100.

Meskipun Dollar US mengalami pelemahan oleh laporan keuangan yang mengecewakan, hal ini tidak mampu mengangkat harga minyak lebih tinggi justru malah minyak tenggelam mendekati psikologis price $ 44.00. sementara itu stok minyak di US yang mengalami penurunan versi EIA dan API juga belum mampu mengangkat harga minyak. Kemungkinan faktor pertumbuhan ekonomi China yang sedang lesu mempengaruhi permintaan akan minyak. Goldman Sachs memperkirakan persediaan minyak akan bertambah dari 1,8 juta barel menjadi 2 juta barel dalam enam bulan pertama tahun ini. Secara teknikal, jika sentiment negative, kemungkinan harga Crude Oil akan test support $ 44.00 dan jika berhasil ditembus akan memicu harga bergerak ke support berikutnya $ 42.00. Jika sentiment positif, kemungkinan harga Crude akan test resistance $ 45.50 dan akan memicu harga bergerak ke $ 46.00

Sesi asia pagi ini, Aussie langsung melejit naik setelah data domestic Australia, kredit perumahan dirilis 4,4% dibawah estimasinya 5,2%. Sedangkan pernyataan RBA terkait kebijakan moneter pagi ini dirilis diantaranya kebijakan akomodatif akanterus dikaji, proyeksi menurunkan jumlah pengangguran selama 18 bulan kedepan, memperlambat pertumbuhan penduduk diasumsikan 1,5 % dari sebelumnya 1,75%, investasi bisnis yang masih lemah dan membutuhkan perhatian khusus, harga rumah di Sydney dan Melbourne meningkat pesat akan tetapi masih lemah di beberapa tempat di Australia. Pada rapat kebijakan moneter Selasa lalu, RBAmempertahankan suku bunga 2,00% dan mengatakan nilai tukar aussie sedang menyesuaikan terhadap penurunan harga komoditas utama.

Sementara itu, kemarin sterling terjun bebas setelah minutes MPC menunjukkan voting 8 banding 1 untuk tidak merubah level suku bunga acuan, diikuti dengan suara bulat untuk pertahankan level stimulus BoE. Bank sentral untuk pertama kalinya merilis keputusan rapat moneter nya bersamaan dengan minutes rapat MPC sebelumnya dan laporan inflasi triwulanan. Sebelumnya, keputusan suku bunga, minutes dan laporan inflasi sekali dalam 1 triwulan ini dirilis dalam hari yang berbeda. Saat ini sterling bergerak di area 1.55050 (Monex Trader Platform jam 08.44 wib ). Sedangkan BOJ akan menyimpulkan hasil rapat dan pernyataan kebijakan moneternya sekitar jam 09.30 wib sampai jam 10.30 wib. Untuk konferensi pers dari Gubernur BOJ, sekitar jam 13.30 wib hari ini. Kemungkinan BOJ akan mempertahankan kebijakan moneternya. Target inflasi mendekati 2 % pada tahun fiscal 2016.

Beberapa pandangan mengenai prediksi Non farm payrolls nanti malam : Goldman Sachs memprediksi angka non farm 225 K, Morgan Stanley 200 K Ddan tingkat pengangguran 5,4 %, sebuah Bank Jerman memberikan estimasinya untuk non farm 235 K, Nomura memberikan estimasinya angka non farm payrolls 225 K, Merrill Lynch memberikan estimasi angka non farm 215 K dan tingkat pengganguran stabil di 5,3%

Fokus data ekonomi hari ini adalah Non farm payroll, average hourly earnings dan tingkat pengangguran yang akan dirilis nanti malam jam 19.30 wib.

Indeks Saham Hangseng dibuka langsung melejit naik diarea 24450, sedangkan pembukaan Shanghai Comp dibuka naik 0.9%. Tampaknya suntikan dana yang diberikan oleh bank sentral China telah membuat bursa China kembali berfluktuasi dan mengabaikan saham wall street yang mengalami penurunan karena laporan keuangan yang mengecewakan.  Secara teknikal, jika sentiment negative, kemungkinan Indeks Saham Hangseng akan test support 24000. Jika sentiment positif, kemungkinan Indeks Saham Hangseng akan bergerak diarea resistance 24750.

news

Analisa Teknikal Chart

Pada Chart USDCHF time frame 60 menit, terlihat Formasi Rising Wedge, Kemungkinan penurunan ke 0.97700

Klik gambar untuk memperbesar

USDCHFH1

 

Pada Chart XAUUSD time frame 240 menit  terlihat Formasi Triangle,  Kemungkinan kenaikan ke 1095

Klik gambar untuk memperbesar

XAUUSDH4