Market Review dan Analisa Teknikal Chart, 5 Juni 2015

By on June 5, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 2,492 kali

Market Review Hari Ini – Emas kembali membentuk low lagi hingga $ 1172 kemarin malam, data ekonomi US yang mengesankan lebih baik dari estimasi para analisa membuat dollar US kembali menanjak. Hal ini membuat pergerakan emas kembali menderita. Spekulasi di pasar mulai muncul mengenai kenaikan suku bunga US yang lebih cepat, hal ini akan mengurangi daya tarik terhadap emas sebagai safe haven. Fokus investor hari ini adalah data nonfarm payrolls yang akan dirilis nanti malam jam 19.30 wib yang mana data ini akan dijadikan acuan bagi The Fed mengenai kapan akan dinaikan suku bunga US. Sementara itu permintaan emas dikawasan asia masih lesu dan kemungkinan harga emas akan bergerak dalam range sempit seiring pada investor lebih memulih menunggu data nonfarm payrolls dirilis. Status Yunani yang sedang negosiasi dengan kreditur juga menjadi perhatian investor emas, kemungkinan kesepakatan akan tercapai mengingat hari ini Yunani harus membayar cicilan hutang kepada IMF sebesar 300 juga euro. Secara teknikal, jika ada pengumunan resmi dari pihak terkait mengenai status Yunani dan membuat sentiment negative terhadap emas, kemungkinan emas akan test turun ke $ 1165 dan ke $ 1160. Jika sentiment positif, kemungkinan emas akan mencoba kembali ke $ 1190 dan akan berusaha mencoba menembus $ 1200. Rilis data nonfarm US sangat mempengaruhi pergerakan emas nanti malam.

Rapat OPEC diadakan hari ini di Wina, harga Crude Oil terkoreksi kemarin malam hingga $ 57.81 bahkan sesi asia pagi ini running Crude masih dikisaran mendekati low kemarin malam, dipengaruhi oleh dollar US yang kembali bangkit dari masa koreksinya serta beberapa investor minyak memilih keluar pasar dan melihat perkembangan rapat OPEC. Kenaikan yield obligasi eropa juga turut memicu kekhawatiran tentang ketersediaan dana spekulatif yang telah diinvestasikan dalam minyak. Prediksi para analis minyak bahwa OPEC tidak akan merubah output sebesar 30 juta barel perhari. Akan tetapi beberapa anggota OPEC ada yang mendesak untuk meningkatkan output. Secara teknikal, jika sentiment negative, kemungkinan harga Crude Oil akan kembali turun $57.00 dan ke $ 56.50.  Jika sentiment kembali positif, kemungkinan harga Crude Oil akan kembali naik ke level $ 59.00. Hasil rapat OPEC dan rilis data nonfarm US akan mempengaruhi pergerakan minyak.

PM Yunani Alexis Tsipras optimis bahwa kesepakatan akan segera tercapai mengingat Yunani harus membayar cicilan hutang kepada IMF hari ini jatuh tempo. Beberapa hari lalu IMF memberikan kelonggaran kepada Yunani sampai akhir bulan ini. Penguatan yield obligasi yang dipicu oleh komentar Mario Draghi ketika konferensi pers usai menetapkan suku bunga tetap. Fokus investor akan tertuju pada perkembangan Yunani dan data Nonfarm Payrolls US yang akan dirilis nanti malam karena akan menjadikan acuan bagi The Fed untuk menentukan kapan akan menaikan suku bunga US.

Sementara itu sterling terkoreksi oleh kenaikan yield obligasi jerman ke level tertinggi sejak 8 bulan terakhir serta penguatan dollar US oleh data ekonomi amerika yang mengesankan. Sedangkan aussie juga terkoreksi oleh penguatan dollar US dan data domestic Australia berupa necara perdagangan dan angka penjualan ritel yang suram. Yen masih stabil bergerak diatas area 124.40 sesi asia pagi ini sempat terkoreksi hingga dibawah 124 tadi malam.

news

 

Analisa Teknikal Chart

Pada Chart GBPUSD time frame M15 terlihat Formasi Triangle, Kemungkinan harga turun ke target 1.5320

Klik gambar untuk memperbesar

GBPUSDM15

 

Pada Chart USDCHF time frame 30 menit terlihat Formasi Triangle, Kemungkinan harga naik ke 0.9380

Klik gambar untuk memperbesar

USDCHFM30

 

Pada Chart XAUUSD  time frame H4 terlihat formasi Head and Shoulder, Kemungkinan harga turun ke target 1168

Klik gambar untuk memperbesar

XAUUSDH4