Market Review dan Analisa Teknikal Chart, 4 Juni 2015

By on June 4, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 2,272 kali

Market Review Hari Ini – Pergerakan Emas kembali melemah hingga $ 1179 kemarin malam meskipun dollar juga melemah setelah rilis data tenaga kerja dan dollar US kembali tertekan setelah rilis data berikutnya yaitu data aktivitas non manufaktur US. Meskipun dollar US melemah akan tetapi emas masih belum beranjak naik dari level $ 1190 – $ 1180 pergerakan cenderung stagnan, investor masih enggan mengambil posisi sebelum situasi yunani yang jelas. Saat ini negosisasi antara Yunani dan para kreditur hampir tercapai kesepakatan, Yunani dikabarkan telah menerima rincian proposal dari para kreditur yang mencakup persyaratan untuk mencetak surplus anggaran utama sebesar 1 % dari GDP tahun ini. Jika tercapai kesepakatan maka permintaan safe haven akan emas akan berkurang sehingga sentiment emas tetap bearish. Secara teknikal, jika ada pengumunan resmi dari pihak terkait mengenai status Yunani dan membuat sentiment negative terhadap emas, kemungkinan emas akan test turun ke $ 1178 dan ke $ 1168. Jika sentiment positif, kemungkinan emas akan mencoba kembali diatas $ 1200 dan akan berusaha bertahan diatas $ 1200.

EIA mengumumkan persediaan minyak mentah di amerika turun 1.9 juta barel sesuai dengan prediksi para analis. Pergerakan Crude oil cenderung menurun, sempat bertahan diatas level $ 60-an dan saat ini sesi asia market, harga crude oil bergerak di area $ 59.55. Rapat OPEC akan di gelar besok jumat, hasil rapat mengenai output OPEC sangat ditunggu oleh pelaku pasar minyak selain itu komentar pada petinggi OPEC menjelang rapat di Wina. Secara teknikal, jika sentiment negative, kemungkinan harga Crude Oil akan kembali turun $59.00 dan ke $ 58.50.  Jika sentiment kembali positif, kemungkinan harga Crude Oil akan kembali naik ke level $ 61.00 akan tetapi harga crude oil cenderung staganan antara level $ 61.50 – $ 58.50 sambil meunggu keputusan rapat OPEC besok jumat.

Euro kembali menguat terhadap Dollar US, mencapai level 1.1284. Optimisme ECB akan tercapainya kesepakatan antara kreditur dan Yunani yang harus diselesaikan minggu ini mengingat hutang Yunani akan jatuh tempo besok jumat, 5 juni. Negosiasi yang panjang selama 4 bulan antara yunani dan para kreditur. ECB juga akan mencegah Yunani untuk keluar dari zona Eropa jika kondisi memburuk. Presiden ECB, Mario Draghi mengatakan dalam konferensi pers semalam bahwa program pembelian asset senilai 60 milyar euro tetap akan berjalan dengan baik hingga September 2016. Sedangkan suku bunga acuan ECB masih dipertahankan sebesar 0.05%.

Sementara itu pagi ini sesi asia market, data ekonomi Australia dirilis, trade balance dan retail sales dengan hasil kurang mengesankan, sehingga membuat mata uang Australia dollar terhadap dollar US mengalami penurunan hingga 0.77070 jika sentiment masih negative, aussie akan test 0.77000 selanjutnya kemungkinan akan ke 0.76800. sementara itu Yen masih terpantau kembali menguat sesi asia pagi ini, ke 124.50, sempat menguat hingga 125 dan terjadi aksi taking profit hingga dibawah 124 dan saat ini mencoba kembali naik lagi. Sedangkan sterling kemarin melemah oleh data domestic inggris, data aktivitas sector jasa yang melambat sempat membuat sterling turun dan malam harinya memanfaatkan dollar US yang melemah, sterling kembali naik dan masih terjaga diatas level 1.53000

news

Analisa Teknikal Chart

Pada Chart AUDUSD time frame M15 terlihat Formasi Rectangle, Kemungkinan harga turun ke target 0.7690

Klik gambar untuk memperbesar

AUDUSDM15

 

Pada Chart USDCAD time frame 30 menit terlihat Formasi Triangle, Kemungkinan harga naik ke target 1.2485

Klik gambar untuk memperbesar

USDCADM30

 

Pada Chart USDCHF  time frame M15 terlihat formasi Triangle, Kemungkinan harga turun ke target 0.9315

Klik gambar untuk memperbesar

USDCHFM15