Market Review dan Analisa Teknikal Chart, 30 September 2015

By on September 30, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 325 kali

Market Review Hari Ini – Emas melanjutkan pelemahannya setelah investor emas mencerna beberapa komentar para pejabat The Fed. Emas semakin tertekan setelah Vice Chairman, William C. Dudley, mendukung pernyataan hawkish Chairwoman Janet Yellen. The Fed masih berencana untuk menaikkan suku bunga di tahun ini dan selanjutnya akan meningkatkan pengetatan moneter secara bertahap. Ekspektasi bahwa Federal Reserve mungkin akan dengan segera menaikan suku bunga telah mendorong dollar lebih kuat, yang tentu saja itu akan membuat aset seperti emas yang berdenominasi dengan greenback, menjadi lebih mahal untuk investor yang memegang mata uang lainnya. Fokus investor emas untuk hari ini adalah data ekonomi Amerika berupa ADP Non Farm Employment Change yang akan dirilis nanti malam jam 19.15 wib. Selanjutnya kamis pagi jam 02.00 wib Gubernur The Fed, Janet Yellen akan memberikan komentar ke public. Secara teknikal, Jika sentiment negative, kemungkinan test support $ 1118 dan support berikutnya $ 1112. Jika sentimen positif, kemungkinan emas melanjutkan penguatannya dan test resistance $ 1139 dan $ 1143.

Data dari API ( American Petroleum Institute ) yang dilaporkan tadi pagi bahwa persediaan minyak mentah di Amerika mengalami kenaikan sebesar 4.6 juta barel. Minyak langsung bereaksi turun dari $ 45.22 ke $ 44.79. Pada sesi asia pagi ini minyak melanjutkan penurunannya ke level $ 44.68 karena masih adanya efek data dari API. Sedangkan laporan dari EIA ( Energy Information Administration) akan rilis nanti malam jam 21.30 wib. Untuk data ADP Nonfarm akan dirilis jam 19.15 wib karena data Amerika ini mempengaruhi pergerakan Dollar AS sehingga juga turun membuat harga minyak turut bergerak seiring rilis data ADP Nonfarm. Secara teknikal, jika sentiment negative, kemungkinan harga minyak bergerak diarea support $ 44.00 dan $ 43.50. Jika sentiment positif, kemungkinan minyak test resistance $ 45.60 dan $ 46.30.

Permintaan terhadap yen secara tradisional meningkat jika terjadi ketidakpastian kondisi finansial global. Meningkatnya kecemasan terhadap kesehatan ekonomi global, penurunan tajam bursa Asia, serta komentar berbeda dari pejabat Federal Reserve membuat yield Treasury AS turun, yang turut menyeret pergerakan dollar. Pelaku pasar kini menanti data aktivitas manufaktur China untuk melihat kesehatan ekonomi terbesar kedua di dunia tersebut. Sementara itu Aussie berhasil bangkit setelah kemarin sempat terpuruk ke level 0.69365 dan berhasil naik diatas level 0.70000. Aussie bergerak dekat level terendah dua pekan, sentimen pasar masih terbebani kecemasan akan pelambatan ekonomi global. Melambatnya ekonomi China menjadi alasan terus berlangsungnya aksi jual terjadap aussie. Pelambatan ekonomi China akan berdampak pada berlajutnya penurunan harga komditas, dan depresiasi nilai tukar yuan juga menjadi sentimen negatif bagi Australia. Tadi pagi dirilis data dari benua Australia berupa ijin bangunan dengan actual -6.9% sedangkan prediksinya -1.8%. Fokus hari ini adalah data ekonomi Amerika, ADP Nonfarm dan pidato Gubernur The Fed.

Indeks Saham Hangseng dibuka dengan gap up dari penutupan jumat lalu, pembukaan dilevel 20736. Sedangkan Shanghai Composite naik 0,5 %. Sementara itu Bursa Wall Street Bursa saham AS ditutup mixed pada hari Selasa, mencoba untuk bergerak stabil setelah sell-off tajam di sesi sebelumnya, seiring harga komoditas sedikit pulih namun saham bioteknologi gagal untuk mempertahankan penguatannya. Indeks Dow Jones Industrial Average dan S&P 500 berakhir lebih tinggi, sementara itu Nasdaq ditutup lebih rendah. Indeks Dow bertahan untuk berakhir di atas level kunci psikologis 16,000, sementara itu S&P 500 masih di bawah 1,900. Secara teknikal, jika sentiment negative, kemungkinan Indeks Saham Hangseng akan test support 20600. Jika sentiment positif, kemungkinan Indeks Saham Hangseng akan melanjutkan kenaikan dan test resistance 20900 serta test psikologis 21000.

NEWS

 

Analisa Teknikal Chart

Pada Chart XAUUSD time frame 240 menit, terlihat Formasi Channel Up, Kemungkinan penurunan ke 1120.50

Klik gambar untuk memperbesar

XAUUSD.mH4

 

Pada Chart CLS10 time frame 60 menit  terlihat Formasi Triangle,  Kemungkinan kenaikan ke 46.20

Klik gambar untuk memperbesar

CLS10H1